-->

Cara menghemat pemakaian kuota Android

Blog Kak Ryan - Ponsel android kini kian bomming setelah posel jadul java pada tahun lalu. Android banyak peminatnya karena hp ini hampir sama dengan sistem komputer. Ponsel android salalu terhubung ke jaringan, terlebih lagi bila kamu mengaktifkan konektifitas data internet. Bisa kamu lihat sendiri hampir semua aplikasi menggunakan akses internet.

Disinilah kita merasa tidak nyaman, aplikasi tersebut terus memakan kuota meskipun tidak dijalankan. Misalnya aplikasi whatapps, gmail, playstore, facebook, dan banyak lagi. Bahkan aplikasi offline sperti text editor, edit foto juga menggunakan data untuk meload iklan.
Tips Menghemat Kuota


Pada hp xiaomi sebenarnya sudah ada fitur buat membatasi akses data untuk setiap aplikasi. Kamu bisa mengaktififkanya, dengan cara:
1. Masuk kepengaturan, pilih aplikasi ter-install.
2. Ketuk pada bagian info aplikasi, lalu pada bagian izinkan koneksi jangan jangan centang sim1,sim2 dan wifi yang artinya tidak diizinkan.


Cara diatas masih bisa kita gunakan akan tetapi masih ada aplikasi lain yang menggunakan data tapi tidak bisa dinonaktifkab pemakaian datanya. Contohnya seperti aplikasi sistem framework, cuaca, tema. Aplikasi tersebut menggunakn data dilatar belakang.

Cara terbaik untuk mengatasinya dengan menggunakan no root firewall. Aplikasi ini bukanlah vpn, tapi firewall yang akan membuat koneksi internet pribadi dan mengizinkan aplikasi tertentu untuk menggunakan data.

Biasanya saat data internet dinyalakan walaupun tidak kita gunakan ponsel xiaomi saya menghabiskan kuota 100MB lebih. Tapi setelah menerapkan tips diatas saya bisa mengontrolnya, hingga 50MB/ hari.

Notifikasi ponsel saya juga bebas dari aplikasi-aplikasi yang mengganggu fokus kita. Sehingga saya bisa melanjutkan pekerjaan menggunakam ponsel.

Sebenarnya tidak harus sih membatasi penggunaan kuota, tapi kalau kita lagi bokek alias gak ada uang ya mau gak mau harus ngirit seperti saya. Kuota 1GB dipakai dalam 7 hari hehehe irit bukan.

Jadi biaya paket data saya sama dengan 5rb/minggu, berbeda dengan biasanya yang mampu menghabiskan 75rb/bulan. Menurut saya aplikasi yang menggunakan data itu ibaratkan merugikan dan tidak ada gunanya.

Baca juga:


Tapi apa boleh buat, android adalah bisnis. Developer aplikasi membuat aplikasi mereka mencari uang baik dengan memasang iklan pada aplikasi mereka maupun menjual item yang ada, sehingga harus menggunakan data internet.

Dengan banyaknya aplikasi yang menggunakan data internet di jaman sekarang ini, membuat internet menjadi kebutuhan utama. Coba lihat saja pada ponsel kamu misalnya, ada berapa banyak aplikasi yang tidak membutuhkan akses internet? Pasti sedikit kan. Dan disaat tidak ada kuota kalian tidak bisa bermain hp seperti biasanya, karena sudah kamu tergantung dengan yang namanya sosmed (sosial media) apalagi game online.

Kalau saya mau online terus saya justru akan berfikir 2x lipat, apakah saya bisa mendapatkan uang jika online. Malahan saya mencari uang saat ada kuota, kegiatan saya mulai dari nulis blog, bikin video youtube, berbagi file, ngoding semuanya saya gunakan untuk menghasilkan uang.

Tapi nyatanya tidak mudah menghasilkan uang dari internet itu, pekerjaan di dunia nyata jauh lebih cepat menghasilkan uang daripada internet. Internet membutuhkan kemampuan berfikir yang cerdas serta waktu yang tidak bisa kita gantikan dengan apapun.

Pada game online, developer harus bisa membuat game terasebut menghasilkan uang. Bisa dengan menjual item, menjual apikasinya ataupun dimonetisasi dengan iklan Admob dari google.

Ebook di playstore juga berbayar, hampir semua ebook dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan uang. Begitupun dengan hiburan, blog, youtube, berita semuanya dirancang untuk menghasilkan uang.

Orang yang fikiranya cerdas dan kretif itu biasanya uangnya banyak, Youtuber mereka bisa menghasilkan gaji bahkan melebihi dari gajinya bekerja, Blogger hanya dengan menulis mereka menghasilkan uang.

Semua hiburan yang saya sebutkan diatas membuat kita menjadi ketergantungan dengan kuota. Dan sekarang ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang.

Operator indosat, smartfreen, dan axis juga mengambil kesempatan dalam kesempitan. Karena mereka adalah pihak utama sebagai penyedia ISP (Internet Service Provider), mereka memasang iklan pada saat kita browsing di situs yang tidak dilengkapi dengan keamanan ssl..

Sangat tidak nyaman sekali browsing, apalagi saat saya mengunjungi situs yang banyak tidak menggukanan keamanan ssl. Opertor indosat dengan gencarnya measang iklan hamparan layar, iklan mgid, iklan adsense, bahkan iklan operator itu sendiri yang saya nilai cukup mengganggu.

Tidak ada internet yang aman, semua orang menggunakan internet demi mencari keuntungan mereka sendiri. Tak peduli resikonya bagi orang lain. Saya suka membaca, kalau dulu selalu datang ke perpustakaan sekolah meinjam beberapa buku dan saya baca dikelas. Sekarang itu semua berubah, saya hobi browsing. Mencari artikel yang enak dibaca, yang paling saya sukai adalah kompasiana. Karena mampu menyajikan artikel yang enak dibaca dan loading halamanya juga cepat.

Saya belum bekerja dan belum mendapatkan pekerjaan, menghemat kuota adalah salah satu jalan agar saya bisa selalu online meskipun mengunakan lebih sedikit data. Walaupun saya tidak bisa menonton video, mengunduh, dan melihat gambar dengan kualitas jerni namun setidaknya saya mendapatian informasi yang berharga dan tidak ketinggalan berita. Sudah satu tahun lebih saya tidak menonton tv lagi, sejak tahun 2017 saat tv di rumah saya terbakar. Saya sudah tidak lagi mendapatkan tontonan, 6 bulan lamanya. Sekarang sudah ada TV tapi program televisi yang ada tidak bisa membuat saya tertarik menontonya.

Saya lebih suka Youtube, youtube bisa mencari video apa saja yang diinginkan. Makanya aktifitas online selalu ada setiap hari, apalagi komunikasi saya sudah ber-alih. Kalau dulu menggunakan sms dan telepon sekarang saya sudah menggunakan whatapps dan facebook.

Wa da FB menggunakan data yang lebih banyak berbeda dengan sms dan telepon yang hanya mnggunakan beberapa bytes saja, makanya akses data dilakukan dengan gelombang radio yang berbeda. Dan mampu mengirim dan menerima data dalam kapasitas besar sehingga kita bisa melihat foto dan video. Apalagi dengan hadirnya jaringan generasi ke 5 yaitu 5G dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat lagi.

kalau jaman symbian dulu kirim mms saja yang berisi foto 200kb, butuh 30 menit lamanya. Bayangkan lama sekali kan, makanya sms, mms, dan telepon sudah ditinggalkan karena lambat mengirim data, terbatas, dan biayanya juga mahal.

Saat nelpon mungkin pulsa 5rb rupiah tidak cukup untuk melakukan panggilan selama beberapa menit, dengan whatapps dan kuota internet 5MB kamu bisa saling berteleponan selama berjam-jam. Oleh karena itulah internet menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang termasuk saya.