-->

Kumpulan istilah jual beli di facebook

Sekarang kita tinggal pada era zaman milenial atau disebut transformasi kedua, dimana perkembangan dunia digital sangat cepat sekali saat ini. Kebiasaan masyarakat yang dahulunya berbelanja dipasarpun menjadi berubah sejak adanya teknologi digital. Tapi kali ini kita hanya akan membahas seputar dunia jual beli online yang sedang trend dikalangan remaja milenial.


Apa saja yang diperjual belikan

Kalau dulu kita memperjual belikan barang atau benda, tapi sekarang ada banyak benda non fisik yang dijual contohnya seperti akun facebook, adsense, admob, channel youtube, akun instagram, situs web blog, koin digital, voucher promo, saldo paypal, mungkin lebih banyak lagi. Untuk lebih detailnya akan saya bahas dilain waktu.

Mereka yang berjualam cenderung mempromosikan barang yang mereka jual di forum atau grup facebook, facebook dinilan merupakan media promosi yang paling menarik dan menguntungkan, jadi tidak heran jika penipuan berkeliaran disana. Saat ingin terjun atau berbelanja secara disosmed anda terlebih dahulu harus mengenal istilah dibawah ini, saya akan jelaskan beserta manfaatnya.


1. WTB/WTS
WTB merupakan singkatan dari kalimat Wan To Buy, istilah ini digunakan apabila kita ingin mencari sesuatu yang ingin kita beli. Sedangkankan lawanya, WTS adalah singkatan dari kalimat Wan To Sell yang artinya ingin menjual sesuatu, kata WTS digunakan ketika kita ingin menjual sesuatu di grup maupun forum tertentu.

2. Pulber/Rekber/Ovober
Istilah rekber ini merujuk pada rekening bersama, artinya kita menggunakan satu rekening untuk penyimpanan bersama. Sama seperti istilah diatas akhiran kata "ber" pada sebuah kata artinya "bersama", anda pasti sering mendengar kata rekber/pulber/ovober dll.

Sistem ini digunakan sebagai perlindungan transaksi pada dunia jb (jual beli online), ada orang yang menjual jasa ini dan kita bisa menggunakanya bila kita ragu dengan penjual.

Cara kerjanya orang yang menjual jasa rekber akan menjadi perantara sekaligus pemegang dana anda sebelum diserahkan kepada penjual, dan anda akan menerima barang yang anda beli kemudian mengeceknya. Dana tersebut kemungkinan akan diserahkan kepada penjual apabila ada persetujuan dari kedua pihak, dan bila terjadi kasus penipuan pihak penyedia jasa bisa mengambil tindakan. Biaya yang dikeluarkan untuk mebayar penyedia jasa rekber akan ditanggung sepenuhnya oleh pembeli.

3. Fee/TT/BT/BM/Buyer/Seller/Ripper
  • Fee adalah sejumlah biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar jasa seseorang. Misalkan jasa transfer, jasa rekber dan jasa lainya.
  • TT (Tukar tambah) ini digunakan sebagai kalimat tukar barang dengan nilai yang berbeda namun ada tambahan uang
  • BT (Barter) adalah tukar barang dengan nilai yang sama.
  • BM (Black Marker) bisa diartikan sebagai pasar gelap yang menjual produk ilegal
  • Buyyer (Pembeli) orang yang ingin membeli produk
  • Seller (Penjual) Orang yang menjual produk
  • Ripper (Penipu) penipuan online dengan modus jualan atau jasa


Nah itulah sekilas hal penting yang wajib kamu ketahui dalam berjualan dan bisnis online, khusus nya di facebook. Ngomong - ngomong soal facebook, sudah bangak orang sukses dengan bisnis mereka, mau tau lebih banyak lagi tentang bisnis non fisik? Sangat menguntungkan dan kamu tidak perlu modal banyak kalau mau yuk berkunjung ke blog nya Kak Ryan membahas seputar tips dan bisnis online.


Keunggulan dari bisnis non fisik
Kamu tidak perlu keluar rumah, tidak perlu stok barang, bisa jualan dimana saja, laris manis pastinya, cukup duduk didepan pc atau hanya bermodalkan HP + Paket data + Listrik + keahlian jualan + sedikit modal saja anda sudah bisa menghasilkan uang.