-->

Hati-hati Domain prakerja.vip modus pencuri Traffik!!



Belakangan ini beredar pesan berantai melalui whatapps, pesan tersebut berbunyi :
Daftar Prakerja Sekarang
Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja
Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya
yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.
Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan
Langkah untuk mendaftar Prakerja
⚫ Kunjungi situs https://prakerja.vip
⚫ Isi formulir data diri 
⚫ Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp
⚫ Bantuan akan dikirim melalui rekening bank
harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

https://prakerja.vip




Setelah saya telusuri lebih dalam ternyata hanya modus pencari receh. Situs tersebut dibuat menggunakan platform blogger.com dengan bantuan javascript...

Bagaimana cara kerjanya?

Saya coba sedikit menerangkan bagaimana cara kerja penipuan prakerja vip ini, agar kalian paham.

Situs web didesain menyerupai situs prakerja asli, dan didalamnya dipasang iklan receh berjenis overlay (iklan hamparan layar) dan iklan pop up.

Pengunjung diminta mendaftar dengan memasukan nomor HP, memang situs ini tidak menyimpan data pengguna mengingat situsnya hanya dibuat diplatform blogger.com

Kemudian pendaftar diminta membagikan link situs ke 7 grup atau kontak whatapps untuk mengaktifkan akun prakerjanya.

Begitu ada orang yang mengklik tautan tersebut maka pemilik situs bisa mendapatkan receh karena ada orang yang melihat iklan mereka.

Modus pesan berantai whatapps ini digunakan untuk mendapatkan traffik / visitor.


Saya perkirakan situs ini akan tetap menyebar luas di whatapps dalam beberapa hari kedepan sebelum akhirnya diturunkan paksa oleh pihak penyedia jasa domain.


Saya mengetahui situs ini dari Grup Listrik salah satu teman saya DeasyPurnamasari membagikan pesan berantai.


Saya sempat mendaftar untuk melihat modus mereka, namun saya menggunakan data palsu. Nama palsu dan nomor HP palsu...

Setelah beberapa analisis yang saya lakukan akhirnya saya paham dengan modus mereka.

Kali ini modusnya bukan pencurian data, tetapi mencari receh dengan pesan berantai iming-iming insentif 600ribu.


Saya melihat situs web dibangun menggunakan platform blogger. com, hal ini diketahui dengan adanya ?m=1 pada akhiran alamat situs. Biasanya url ?m=1 digunakan oleh blogger jika halaman dibuka melalui ponsel / tablet.

 

Post a Comment for "Hati-hati Domain prakerja.vip modus pencuri Traffik!!"