-->

Mengenal Headset yang punya 5 kabel pada jalurnya.

Headset Kusut

Ryan jauhari - Pernahkah kamu menemukan ada 4 kabel warna dalam sebuah headset? Pasti pernah kan, terkadang kita tidak sengaja kabel headset kita sudah putus apalagi sedang tidak ada uang untuk membeli headset yang baru. Jalan satu-satunya ya harus disambung ulang kabel yang putusnya, menyambung headset memang mudah hanya cukup sambung sesuai warna saja. Yang terpenting ikatan sambungan lebih rapih, headset bisa kembali diakai normal.

Dan yang paling sulit itu kerika kabel jack kita punya 5 sedangkan kita mau menyambungnya dengan jack audio yang punya headset yang hanya punya 4 kabel. Tentu saja sulit bagi orang awam, tapi ternyata cukup mudah kok cara menyambungnya. Hampir sama dengan teknik menyambung kabel jack audio biasa, kamu hanya perlu patokan warna.

Kabel jack itu ada beberapa jenis ada yang 3, ada yang 4, ada juga yang 5. Kalau yang 3 hanya khusus speaker kiri kanan saja tanpa mikrophone, sedangkan yang punya 4 jalur dia termasuk microphone. Dan terakhir kalau kamu dapet 5 kabel artinya ada grounding / kabel negatif yang dijadikan dua untuk kebutuhan sakelar, pada dasarnya sama hanya 4 kabel gak ada yang 5 jalur.

Kamu tinggal temukan saja mana jalur negatif biasanya warna kuning tembaga, nah cek apakah ada kabel lain yang saling terhubung dengan kabel Ground? Jika ada berati benar itu sudah didobelkan, jika tidak ada kabelnya sudah rusak ada yang putus. Kamu harus mengganti kabel putus dengan kabel jack lainya yang masih layak dipakai.

Jumlah kabel headset itu hanyalah 4, satu kabel digunakan sebagai jalur Negatif / netral, sedangkan 3 kabel lainya digunakan untuk mic, speaker kiri, dan speaker kanan. Warnanya juga bisa ditebak, merah & hijau milik speaker kanan dan kiri, mic menggunakan warna biru. Sedangkan kabel negatif diwarnai emas / tembaga.

Bila kamu kesulitan bagaimana caranya menghubungkan 5 kabel dengan 4 kabel silakan simak video yang sudah saya siapkan dibawah ini. Perhatikan baik-baik, saya menggunakan metode pasang sambung untuk menentukan apakah sebuah kabel merupakan kabel mic atau bukan dan kabel speaker atau bukan berdasarkan sifat-sifatnya.

  • Bakar semua kabel dan buang bagian email pada ujung jack audio yang mau disambung.
  • Sambung semuanya secara bersamaan, maka akan muncul logo earphone pluget-in (Headset terhubung) di HP.
  • Lepaskan kabel satu per-satu, pastikan headset tetap terhubung di HP. Jika terputus sambung kembali kabel yang barusan kamu sambung dan lakukan cabut kabel lainya.
  • Bila sudah tersisa 2 kabel yang saling terhubung dan headset masih tetap terhubung dengan HP (tidak terputus). Artinya salah satu dari 2 kabel terhubung itu adalah jalur mic, sedangkan satunya lagi adalah Ground.
  • Kembali lagi ke patokan warna, ground/negatif warnanya emas tembaga bisa juga warna putih.
  • Setelah menemukan jalur negatif, selamat sudah berhasil. Sekarang tinggal sambung kabel mic, lepas tiga kabel tadi sambungkan mic dari warna putih ke emas dan pastikan heaset terhubung bila diberi mic.
Headset putus

Saya sudah banyak memposting tips-tips cara menyambung kebel headset di blog ini mapun di channel youtube saya. Mulai dari 3 kabel, 4 kabel dan juga yang 5 kabel. Berdasarkan pengalaman saya memang warna kebal tidak bisa menjadi patokan untuk menentukan fungsinya, kebanyakan headset lama menggunakan warna yang berbeda. Kemungkinan kamu akan menggunakan jack audio bekas headset lama misal nokia, dll.

Jika kamu menyambung jack audio keluaran terbaru dengan speaker headset keluaran terbaru akan lebih mudah cara menyambungnya. Karena rata-rata warna sama saja dengan kabel headset tinggal sambung sesama warna jangan sampai terbalik, sementara khusus kebel mic jika tidak ada mic hubung singkat kan saja ke ground agar kabel headsetnya terhubung.


Membuat Sambungan Kuat

Menyambung dua kabel menjadi satu memang mudah, namun pada kabel headset kawatnya kecil dan halus. Pada kawat halus tersebut juga terisolasi oleh lapisan email, jika disambung dengan cara dililitkan seperti biasa sudah bisa digunakan tapi tidak tahan terhadap goyangan / tarikan. Bila mendapatkan tarikan atau goyangan kemungkinan sambungan akan terlepas, meskipun kabel sudah terlilit secara kuat. Biasanya suara akan sering hilang-nimbul ketika sambungan sudah terlalu sering terkena goyangan. Kamu bisa menggunakan alat solder untuk merekatkan dua buah sambungan kabel agar lebih kuat, solder juga bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan apakah lapisan emailnya sudah lepas secara sempurna ataukah belum.

Lapisan email yang sudah terkelupas secara sempurna bisa membuat timah mudah menempel pada kawat sambungan. Menyambung dengan menggunakan solder bisa membuat daya tahan sambungan lebih awet serta tahan terhadap goyangan.


Bisnis Headset Bekas

Di pengepul sampah / barang ronsokan banyak sekali headset bekas, kamu bisa membelinya dengan harga murah. Kalau saya biasanya ambil 10rb perkilo dapat puluhan kabel headset dalam satu kantong kresek. Beberapa diantaranya masih ada yang bagus, sisanya sudah rusak kebanyakan rusak di bagian kabel putus dibanding pada bagian speaker. Headset ini bisa kamu perbaiki ulang, kalau dapat headset merek samsung, vivo akan lebih menguntungkan karena harganya cukup mahal.

Bersihkan headset yang sudah kamu kumpulkan sebelumnya menggunakan lap basah, pilih mana yang bagus mana yang sudah rusak. Pisahkan yang rusak akan kita perbaiki, peralatan yang dibutuhkan untuk repair headset berupa gunting, korek api, solder dan lem. Headset bekas yang masih layak dipakai mempunyai kualitas bagus bisa dijual ulang dengan harga 10ribu hingga 25ribu perbuah nya.

Bisnis headset seperti itu bukan menipu memang headset bekas, kebanyakan headset yang diminati bermerek seperti samsung, iphone, xiaomi, atau lainya. Headset bermerek lebih kuat, tahan lama meskipun sudah pernah direpair ulang. Saran saya jika suatu headset speakernya sudah rusak jangan direpair ulang, buang saja sudah tidak layak lagi dipakai.

Post a Comment for "Mengenal Headset yang punya 5 kabel pada jalurnya."