-->

10 Peluang usaha tanpa modal yang wajib kamu coba

Ryan jauhari - Pengusaha digital konten memang sudah banyak digandrungi oleh masyarakat modern, bukan cuma masyarakat beberapa perusahaan media sudah menggarap peluang ini. Apa kamu pernah melihat perusahaan digital konten seperti Sisi Terang, Kerajinan 5 Menit, NousID, TeknikIT, dan masih banyak lagi. Mereka bergerak dalam bidang konten dan marketing, perusahaan besar mempekerjakan banyak orang mulai dari desain grafis, editor, programing, seoman, dan masih banyak lagi.

Pada masa pandemi sekarang ini semua orang cukup sulit mencari pekerjaan, sulitnya mencari kerja bukan hanya terjadi pada masa pandemi. Tapi sudah ada sejak lama, sulitnya mencari pekerjaan dipengaruhi karena minimnya lapangan pekerjaan yang ada diindonesia, kurangnya ilmu pendidikan/literasi terhadap masayarakat. Rata-rata pendapatan paling minimal sehari harus mendapatkan 50ribu atau lebih, dibawah ini ada beberapa ide bisnis sampingan yang bisa anda coba sebagai bisnis untuk mengisi waktu kosong.

Pekerjaan ini tidak akan membuat anda capek, cukup sisakan sedikit waktu untuk melakukanya. Contohnya kamu bisa menyisihkan waktu minimal 1 jam sehari untuk melakukan pekerjaan dibawah, bisa dikerjakan kapan saja.


Menulis Blog

Menulis blog bukanlah hal yang penting, tapi jangan salah. Ada seorang blogger yang bisa meraih pendapatan jutaan tiap bulanya hanya dengan menjadi penulis blog. Anda hanya cukup membuat sebuah karangan cerita dan berbagi pengalaman sesuai apa yang anda ketahui, misalkan kamu mempunyai hobi tentang gitar. Publikasikan saja di blog melalui tulisan-tulisan pribadi. Mas Hisyam teman saya di facebook bisa membangun rumah dengan uang hasil google adsense. Dia tidak seperti blogger lainya yang menganggap blog adalah asset, tapi dia menganggap blog adalah peluang usaha. Mas hisyam tiap hari menggembalakan blog mereka membuat ribuan artikel, membuka jasa backlink mereka tanpa kenal lelah. Bagi orang awam akan terasa membosankan, tapi bagi dia itu adalah sumber penghasilan uang.

Saya sangat salut dengan kegigihanya dalam bekerja, gaji adsense itu memang tidak seberapa. Hanyalah recehan, tapi kalau kita bisa menghasilkan ratusan konten perharinya hasilnya bisa dibilang lumayan. Bulan mei lalu saya membuat satu artikel yang trending, pendapatan dari sebuah artikel tersebut mencapai Rp 100.000 hanya dalam waktu 5 hari saja. Penghasilan terhitung 20ribu sehari, cukup lumayan. Uang segitu sudah lumayan besar apalagi saat ini cukup sulit mencari pekerjaan.


Reseller & Dropshiper

Reseller disebut juga sebagai pemasar atau penjual ulang, sedangkan dropshiper hanya memasarkan produk saja dia tidak memegang barang yang akan dijual. Sudah banyak anak sekolahan yang membuka jasa reseller dan dropship, hanya saja mereka tidak memahami bagaimana caranya. Menjadi reseller bukan berarti nyepam di wall facebook pribadi untuk mempromosikan barang yang kita jual, kalau kamu masih melakukan itu hentikan saja. Sekarang jaman nya konten, konten sangat berperan dalam menentukan laris atau tidak nya suatu produk.

Jika kamu menjadi reseller hp, buatlah konten yang menunjukan kamu menggunakan hp tersebut. Unggulkan apa yang ada dalam hp tersebut, unggah konten videomu ke sosial media. Orang yang melihat video tersebut akan tertarik dengan produk yang kamu tawarkan, perlihatkan sisi keunggulan barang yang ingin kamu jual.


Affiliate Marketing

Affiliate adalah bisnis undang mengundang, dalam perannya bisnis aplikasi marketing kita diharuskan mengundang seseorang untuk menggunakan atau mencoba suatu layanan melalui link undangan kita sendiri. Hasil yang kita dapatkan dari bisnis affiliate marketing berupa komisi ataupun potongan bonus ketika ada orang yang bergabung atau membeli sesuatu produk lewat link yang kita promosikan. Salah satunya situs niaga hoster, apabila kamu bergabung dengan situs niaga hoster. Di sana ada layanan yang bernama afiliasi dan kamu akan mendapatkan uang apabila mengundang orang melalui link afiliasi yang kamu dapatkan.

Untuk mempromosikan link afiliasi kamu bisa menggunakan blog atau di social media pribadi bisa juga di situ situs lainnya seperti line twitter atau website pribadi. Untuk pendapatan bisnis affiliate marketing keuntungannya tergantung dengan banyaknya pengguna yang kamu undang melalui link afiliasi kamu, semakin banyak orang yang kamu undang maka semakin besar juga untungnya akan kamu dapatkan.


Menjadi Youtuber

Youtube adalah platform berbagai video yang bisa digunakan oleh semua orang secara gratis, youtube juga menjadi tempat hiburan kedua setelah televisi. Banyak orang menghabiskan waktu luang mereka dengan menonton youtube sehari-hari. Kamu juga bisa memulai channel youtube baru tidak perlu repot memikirkan video apa yang akan dibuat cukup perekam saja kegiatan sehari-hari maka sudah bisa membuat channel youtube. Soalnya kamu punya hobi jalan-jalan akal kamu bisa membuat sebuah blog untuk video jalan-jalannya, penonton juga bisa menikmati tempat anda jalan-jalan walaupun hanya sekedar rekaman video.

Jangankan video jalan-jalan video memancing saja bisa ditonton oleh ribuan orang asalkan kita bisa mengambil moment yang tepat dalam sebuah video, apalagi sekarang ini cukup mudah sekali untuk membuat sebuah video hanya bermodalkan smartphone kita sudah bisa membuat video vlog sederhana. Banyak orang yang gagal karena mereka fokus mengajar hasil, sebenarnya hasil tidak perlu dikejar hasil akan menyesuaikan sendiri tergantung dengan kegigihan kita membuat video yang unik setiap harinya.

Contohnya hasan jr 11 dulu sebelum dia mempunyai supri baru yang banyak dia terkenal akan kegigihan nya untuk selalu berusaha mencari video-video viral meskipun pekerjaannya belum tentu.


Itulah beberapa rekomendasi peluang usaha yang bisa kamu coba dimasa covid-19, masih banyak usaha lainnya bisa kamu lakukan hanya dengan bermodalkan sebuah smartphone, yang terpenting adalah bagaimana caranya kita memanfaatkan smartphone agar lebih kreatif dan produktif. Contohnya saya bisa berjalan pulsa dengan memanfaatkan aplikasi GravKios dan aplikasi Ovo.

Post a Comment for "10 Peluang usaha tanpa modal yang wajib kamu coba"