-->

Review Speaker Bluetooth T101BT (Speaker 4 inc)

Speaker bluetooth advance

Ryan jauhari - Dalam segi bentuk speaker bluetooth ini lumayan kecil, mungkin bisa muat dimasukan kedalam jok motor vario. Harga pasaranya mungkin 250-300ribuan, saran saya agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah anda bisa membelinya di toko online shop. Lumayan bisa menghemat budget daripada beli dipasaran sekitar, lagian ya memang speakernya kecil begini cocok harganya 200ribu.

Pengalaman saya selama menggunakan speaker ini nyaman banget dipakai untuk ruangan kamar, suaranya staandar memang tidak terlalu keras. Bassnya lumayan berasa tapi tergantung suara musik yang dimainkan. Kalau musiknya punya bass dominan dengan volume yang cukup besar maka suaranya jedag jedug seperti organ tunggal.

Oh iya ada sisi kelemahan untuk speaker ini, kelemahanya yaitu pada input menggunakan kabel RCA audio. Jika menggunakan RCA volumenya berkurang sekitar 20% tidak sekeras pada saat menggunakan bluetooth. Kalau dikasih full volumenya biasanya ada sedikit masalah yaitu suara pecah, tergantung sama jenis music yang kita mainkan.

Kemudian dalam suara bass lumayan kurang nendang, ya mau bagaimana lagi speakernya saja hanya 4 inc. Saya mengatasinya dengan menggunakan aplikasi Bass Bosster untuk menaikan nada bass hingga 95% serta memotong frekuensi nada treble hingga -10, dengan begitu saya bisa mendengarkan suara layaknya organ tunggal jedag jedug hehe. Kelemahanya kalau menggunakan bass bosster volume tidak bisa 100%, dalam posisi volume full suaranya bassnya jadi pecah.

Sekarang speakernya saya jadikan speaker untuk pc saya, sudah sedikit saya modifikasi dalamnya saya tambahin baterai tanam agar bisa dihidupkan disaat tidak ada aliran listrik. Baterai yang saya gunakan diambil dari powerbank bekas adik saya, ada 3 sel baterai dirangkai secara seri. Kemudian tak lupa juga saya tambahkan BMS (Baterai Management System). BMS bisa menjaga agar baterai tetap awet, jika posisi speaker terhubung ke listrik maka baterai akan terisi secara otomatis. Dan apabila sudah penuh BMS akan memutus pengisian daya secara otomatis, sehingga baterainya tidak akan over charger.

Selama penggunaan speakernya pernah saya bongkar-bongkar, ternyata dia punya jalur stereo. Sementara speaker satunya diletakan dibelakan cover sebagai speaker twetter, tapi belu saya oprek hehehe. Takut nanti powernya rusak, apalagi speaker jenis ini menggunakan sirkuit terpadu dalam power amplifiernya. Berbeda dengan speaker lain yang menggunakan transistor, transistor jauh lebih kuat dan tahan terhadap panas.

Dengan baterai 1800mAh 12 volt speaker saya bisa menyala selama 8 jam lebih dalam posisi memutar musik tanpa henti, percobaan kemarin saya play musik tanpa henti dari pagi sampai jam 5 sore. Ya buat hiburan dalam rumah karena adik saya nikahan, suaranya tetap joss walaupun tanpa menggunakan listrik PLN.


Berikut ini spesifikasi lengkap speaker T101BT

  • Menggunakan Speaker 4 inc dengan impedasi 3ohm.
  • Terdapat adaptor bawaan yang sudah tertanam dalam speaker.
  • Ada slot khusus SdCard sama USB untuk Flashdisk.
  • Dilengkapi dengan soket port 12 volt jika ingin menggunakan baterai 12 volt maupun adaptor eksternal.
  • Dilengkapi dengan jack MIC khusus karaoke.
  • Pada bagian belakang cover terdapat speaker twetter.
  • Menggunakan konektifitas bluetooth yang bisa dihubungkan ke HP/iPad/PC
  • Terdapat 3 tombol bawaan yaitu prev,play/pause, dan next. (jika tombol play ditekan agak lama bisa mengubah mode)
  • Dilengkapi dengan 3 pengaturan suara volume, bass, dan treble.
  • Ada remote controlnya menggunakan infrah red.
  • Terdapat juga slot jack audio mini buat input seperti kabel AUX (IRM in)

Speaker bluetooth portable

Cukup lengkap untuk harga 200ribuan, speaker ini sebenarnya dirancang agar portable bisa dibawa kemana-mana. Hanya saja, tidak dilengkapi dengan baterai bawaan. Pastinya membutuhkan pasokan listrik ataupun baterai eksternal, kalau punya saya selang 5 bulan habis dibeli saya tambahkan baterai tanam. Ada 3 sel baterai, nanti kalau ada uang rencananya mau saya tambahkan lagi jadi 9 sel biar bisa bermain musik selama 24 jam non stop. Punya saya ini kalau baterainya lemah alias berkurang voltasenya dia langsung mati, kemarin saya cek saat voltase baterai jadi tersisa 6 volt dia sudah mati.

Oh iya, saya lebih menyukai fitur bluetooth nya karena simple di customize via hp. Kalau fitur lain seperti slot memory card, usb flasdisk, jack RCA jarang saya gunakan. Sudah saya coba susah buat mengatur level bass sama treblenya, malah gedean suara treble dibandingkan bass jadi suaranya terlalu keras. Ada rencana lain, saya mau tambahkan mini mixer sama equalizer biar enak.

Saya memodifikasinya tanpa merusak alat yang sudah ada, hanya menambahkan komponen eksternal saja. Bisa dipasang dibagian luar cover bisa juga dipasang di bagian dalam cover menggunakan mur (baut) triplek. Pastinya bakalan lebih joss, bisa mengalahkan speaker jbl mini yang harganya 85ribuan.


Cara modifikasi menambahkan baterai 4 sel

Sebelum masuk ke tahap ini pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu tentang elektronika, bila tidak memahaminya saya tidak menyarankan modifikasi seperti ini. Hanya orang yang ahli dalam bidang elektro yang bisa, karena nantinya kita akan berhadapan dengan papan PCB serta solder menyolder. Untuk menambah baterai agar bisa dibawa kemana-mana, persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti dibawah:

  1. Obeng + ukuran biasa.
  2. Gunting untuk memotong.
  3. Solder beserta timahnya.
  4. Lem Double TIP (Lem bolak balik untuk melekatkan baterai)
  5. Siapkan kabel dua warna secukupnya (kabel kecil bekas usb bisa).
  6. satu unit PCB BMS 3s, bisa beli di toko online.
  7. 3 buah baterai lithium 18650 (ambil bekas powerbank/laptop).
  8. 1 unit saklar elektronik saklar biasa bisa.

Cara kerjanya:
Baterai kita gunakan untuk menyimpan listrik, ketika speaker dihubungkan dengan sumber listrik (PLN) maka secara otomatis baterai akan mengisi ulang. Kemudian BMS menjaga baterai agar tidak overcharger serta meratakan arus untuk masing-masing sel pada baterai, BMS juga membatasi arus jika baterai sudah terlalu lemah jadi baterai tidak akan kehabisan energi yang bisa merusak kimiawi dalam baterai itu sendiri.

Cara merangkai:
Silahkan rangkai baterai tersebut secara seri, perhatikan gambar rangkaian skematik yang ada pada BMS, disitu ada 0v, 4.2v, 8.4v dan 12v. Pastikan kamu menyambung baterai dengan benar, gunakan solder untuk sambung menyambung. Nanti output dari BMS disolder ke bagian output dioda regulator yang ada dalam speaker ini. Kamu akan melihat dua papan pcb terpisah saat membongkarnya, nah papan pcb paling bawah adalah adaptor/regulator penurun teganganya.

Rangkaian BMS 3s

Ada output listrik dc disana, saya sarankan sambung di bagian out dioda. Kalau sebelum dioda listriknya bukan dc tapi listrik ac dengan frekuensi cukup tinggi, bahaya buat BMS. Sampai disini saya harap anda paham, metode ini hanyalah basic teknik dasar kelistrikan. Bagi yang sudah memahami elekto pasti sudah mahir, nantikan saya buat videonya di channel saya.

Post a Comment for "Review Speaker Bluetooth T101BT (Speaker 4 inc)"