-->

Mana yang lebih baik Mouse Bluetooth atau Radio 2.4Ghz

Mouse bluetooth vs mouse usb donggle

Ryan jauhari - Ada 3 jenis mouse yang sering digunakan saat ini. Mouse kabel (wired), Mouse wirelles Radio 2.4Ghz, dan mouse bluetooth. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekuranganya sendiri, anda bingung mau cari mouse type apa yang cocok untuk kebutuhan. Artikel kali ini akan membantu anda dengan membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing mouse, dengan begitu anda bisa memahami apa yang seharusnya anda beli dan bisa memanfaatkanya secara penuh.

Saya juga awalnya kebingungan ketika memutuskan ingin membeli mouse, pilihan saya jatuh kepada mouse wirelles bluetooth. Tapi sekarang saya sudah membeli jenis mouse radio 2.4Ghz dengan satu baterai. Mau tahu kenapa ssya pilih mouse radio yang menggunakan usb donggle? simak perbedaanya dibawah ini:


Mouse wirelles Radio 2.4Ghz

Mouse radio adalah mouse yang menggunakan usb donggle dan frekuensi radio 2.4Ghz, mouse jenis ini hampir sama dengan mouse kabel hanya saja dia menggunakan jaringan radio untuk saling terkoneksinya. Karena dia menggunakan gelombang radio tersendiri sehingga pemakaianya lebih simple, tinggal colok donggle usb ke pc dan aktifkan mouse sudah bisa digunakan tanpa konfigurasi apapun. Kelebihan lain yang dimiliki oleh mouse ini adalah pada kecepatan responya jauh lebih cepat dibandingkan mouse bluetooth.

Frekuensi radio yang digunakanya berada pada gelombang 2.4Ghz jadi tidak perlu khawatir mouse tidak akan mengganggu jaringan lain yang berada pada sekitaran anda. Beberapa mouse dilengkapi dengan baterai dan port micro usb isi ulang, agar tidak ribet ganti baterai saya sarankan pilih yang baterainya bisa di isi ulang (Rechargeable). Harga baterai sekarang ini Rp 4500,- sangat disayangkan kalau kamu menghabiskan uang segitu hanya untuk mengganti baterai mouse setiap minggu.

Jika kalian sedang mencari mouse wirelless dengan harga murah serta baterai yang bisa diisi ulang saya merekomendasikan mouse T-WOLF Q8, harganya kisaran Rp 78.000 di toko online. Mouse ini mengunakan usb donggle dan satu buah baterai yang bisa diisi ulang, baterainya 1.5volt. Saya sudah mencobanya, proses isi ulang hanya membutuhkan waktu 20 menitan bisa digunakan selama seminggu lebih. Bisa juga digunakan saat sedang mengisi daya, isinya simple tinggal colok kabel usb ke PC tomatis mengisi.


Mouse Bluetooth

Mouse ini menggunakan teknologi bluetooth agar bisa terhubung ke device komputer maupun hp, sangat cocok digunakan pada perangkat yang tidak mempunyai port usb. Karena menggunakan teknologi bluetooth saat pertama kali pemakaian harus dipairing terlebih dahulu agar bisa terhubung, mouse ini juga tidak bisa digunakan saat sistem tidak mengaktifkan bluetooth. Contohnya pada saat install ulang komputer, atau menjalankan akses menu lain yang tidak menjalankan os komputer.

Beberapa mouse bluetooth dilengkapi dengan usb donggle, nah yang dilengkapi dengan usb donggle jauh lebih cepat saat ingin pairingnya. Tapi bagi orang yang tidak ingin ribet cara ini dinilai masih cukup merepotkan, dulu saya pernah punya mouse dengan fitur bluetooth bisa disambungkan ke HP. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi, baterainya tidak bisa diisi ulang cukup sulit bila baterainya sudah habis.

Mouse bluetooth mempunyai performa respon yang agak lambat walaupun sudah menggunakan koneksi bluetooth 4.0 yang terpakai hanyalah koneksi 2.0 karena kebanyakan perangkat sekarang masih menggunakan modul bluetooth jadul. Ya tergantung pilihan anda, mouse bluetooth juga tidak cocok untuk gamming.


Sekarang ada di tangan anda mau pilih mouse yang mana, kalau punya uang sih sudah pasti anda tidak akan sampai membaca artikel saya ini. Harga mouse sudah jauh lebih murah, rentang harga mouse yang paling banyak digunakan kisaran 29 hingga 100ribuan. Sementara itu mouse yang dihargai diatasnya termasuk mahal, saya saja menggunakan mouse yang harganya 78ribuan. Awalnya saya mau gunakan yang kabel, tapi ketika melihat kabel headset sering kusut jadi saya pilih yang tanpa kabel.

Salah satu alasan yang paling mendukung saya kenapa membeli mouse radio dengan donggle usb tak lain karena pc saya tidak memopunyai fitur bluetooth. Kemudian saya juga tidak ingin ribet buang-buang uang hanya untuk membeli baterai mouse akhirnya pilihan saya jatuh ke T-WOLF Q8, dalam paket pembelianya sudah termasuk USB pendek dan baterai. 78ribu menurut saya lumayan mahal, tapi untuk investasi jangka panjang tak apalah.

Post a Comment for "Mana yang lebih baik Mouse Bluetooth atau Radio 2.4Ghz"