-->

Cara sambung kabel headset 3 kabel dan 4 kabel warna

Blog Kak Ryan - Tahukah kamu kabel headset atau jack audio yang sering kita gunakan untuk mendengarkan music sehari-hari? Kabel tersebut ada dua jenis yaitu kabel yang terdiri dari 3 kabel warna saja dan ada juga yang terdiri dari 4-5 kabel warna.

Warna dari masing-masing kabel pada headset melambangkan simbol fungsi kabel tersebut. Misalnya kabel dengan warnah emas atau tembaga adalah jalur grounding (negatif).

Bila kamu sudah memahami prinsip dasar cara kerja headset dan mengetahui jalur untuk masing-masing kabel maka kamu bisa menyambungkanya dengan kabel lainya yang tidak sepasang. Bahkan kabel jack audio yang terdiri dari 4 kabel warna bisa dihubungkan langsung ke speaker (headset) tanpa perlu memikirkan jalur lain.

Berikut ini adalah cara agar kamu bisa menyambungkan kabel headset dengan baik dan benar.

Mengenal fungsi dan cara kerja kabel jack audio

Kabel jack audio paling banyak hanya terdiri dari 4 kabel saja, dan itu sudah cukup bila digunakan untuk kombinasi tombol dan jalur speakernya. Secara manual sambungan kabelnya sebagai berikut :

Fungsi kabel berdasarkan Warna
Kabel putih / biru adalah kabel mikrophone dan jika tidak menggunakan mic maka kabel ini harus dihubungkan ke Grounding agar headset terdeteksi oleh ponsel. Namun beberapa ponsel tidak membutuhkanya, tapi jika menggunakan mic maka kabel ini cukup di seri saja dengan microphone baru menghubung ke Grounding.

Kabel kuning / tembaga adalah kabel Ground jalur negatif.

Kabel warna merah adalah kabel speaker kanan.

Dan kabel hijau adalah kabel speaker kiri.


cara memyambung kabel headset

  • Langkah pertama, jika kita tidak menggunakan mic sebaiknya kabel putih / biru kita sambungkan ke jalur Grounding (kabel tembaga emas) secara langsung.
  • kemudian sambungkan masing-masing speaker ke warna kabel yang benar, ada warna hijau dan merah. Sedangkan warna emas / tembaga pada speaker sambungkan semuanya ke Grounding (kabel emas tembaga)

Agar kamu bisa dengan mudah memahami arti bagaimana cara menyambungkan kabelnya, kamu bisa melihat diagram sambungan kabel dibawah ini:
Diagram sambungan kabel headset


Perhatikan sebelum kamu menyambungkan kabel harus dikupas terlebih dahulu lapisan emailnya, karena dalam kabel headset terdapat banyak lapisan. Lapisan utama yaitu serat, dan dilapisi kembali oleh email. Untuk membuangnya cukup dipanaskan saja bagian emailnya, lalu dikerok sedikit menggunakan pisau tumpul.


Cara menemukan kabel Mic & Spkeaker

Setiap headset dan jack audio memiliki perbedaan masing-masing walaupun warnanya sama, jika kamu ingin menghubungkan jack audio HP jadul kw headset hp moderen jaman sekarang. Setidaknya kamu harus tahu sifat dari masing-masing kabel.

Kabel mic bila dihubungkan ke ground dia akan mengaktifkan headset, jadi pada ponsel akan ada notif headset terhubung.

Saat terkoneksi, ketika kita memutar lagu kabel speaker jika dijilat akan terasa getaran getaran listrik kecil dilidah. Ini menandakan bahwa kabel tersebut ada arusnya.

Berikut ini adalah panduan cara menentukan sambungan kabel yang benar, jika warnanya tidak sesuai dengan yang diatas. Pastikan kamu sudah memahami sifat-sifat kabel diatas.:
  • Temukan kabel mic, cara menemukan kabel mic sangatlah mudah. Kamu tinggal hubungkan semua kabel secara bersamaan sambil dipasangkan Ke Hanphone, kemudian cabut salah satu kabel satu persatu, tapi jangan biarkan sambungan terputus. Pastikan logo headset terhubung pada ponselmu.
  • Jika kamu sudah menemukan 2 kabel yang di jumper, dan icon headset masih terpasang pada hanphone kamu maka itu adalah kabel mic. Silakan sambung ke mic atau biarkan begitu saja.
  • Setelah kamu menemukan kabel mic, pasti grounding masih akan tetap menggunakan kabel emas tembaga, nah sekarang sambungkanlah kabel emas tembaga dari kedua speaker kesitu. Lalu warna lain dari speaker seperti hijau dan merah sambung ke warna yang sama juga



Headset yang menggunakan tombol

Headset yang menggunakan tombol cukup rumit dibuat, kalau hanya sebatas tombol play dan pause. Kamu tinggal menjumper kabel mic kiri dengan saklar, kemudian seri dengan mic.

Secara default ponsel akan merespon, saat mic yang terhubung maka hambatanya besar, jadi terdeteksi mic. Bila saklar ditekan maka hambatan akan membesar, kemungkinan mengalirkan listrik atau tidak sehingga ponsel memahaminya adanya tindakan klik.

Untuk menambahkan lebih banyak tombol, kamu harus menggunakan sirkuit terintegritas. Dengan memanfaatkan hambatan kabel pada headset akan bisa dialih fungsikan sebagai tombol, setiap tombol memiliki hambatan pada rentan tegangan rendah dan fungsinya juga berbeda-beda.

Ic juga bisa menghsilkan cwm (gelombang frekuensi) yang bisa berkomunikasi langsung ke ponsel sebagai swhittcer lewat jalur mic.


Apa yang harus dilakukan jika cara diatas tidak bekerja?

Hal terbaik adalah dengan melakukan eksperimen, banyak kendala jika kamu gagal melakukan kerja diatas. Bisa saja kabel jack audio yang kamu gunakan sudah rusak, atau mungkin speakernya yang tidak berfungsi lagi.

Dengan bereksperimen kamu harus mempunyai lebih banyak cadangan kabel. Cek satu persatu mana yang paling bagus digunakan, lakukan tahapan berikut.

1. Cari kabel mic, biasanya kabel mic sifatnya sebagai penanda headset terhubung. Jika kita menghubungkan langsung kabel mic ke jalur negatf (ground) maka akan muncul notif kalau headset terhubung.

2. Saat headset terhubung cobalah putar music, sambilan mencari kecocokan kabel dengan speaker headset. Sambung salah satu kabel headset ke negatif (kabel emas tembaga). Dan pindah-pindahkan kabel headset ke kabel lainya yang belum disambung, sambil mendengarkan suara music. Bila mana terdengar bagus maka itu adalah pasanganya.

3. Lakukan langkah ini sampai kamu menemukan sambungan yang tepat, jika warna tidak bisa mengakuratkan jangan berpatokan pada warna. Maka berpatokanlah terhadap hasil eksperimen yang kamu lakukan, sudah saya sebutkan diatas sifat kabel headset yang paling utama adalah mic.


Tahap terakhir penambalan atau isolasi

Isolasi sangat penting, jika tidak diisolasi maka kualitas suara akan terganggu saat kabelnya short. Apalagi jika saat kamu mencharger hp, tegangan listrik berdaya rendah namun dengan sengatan yang kuat bisa merusak kulitmu jika terkena.

Sebaiknya gunakan lakban atau isolasi tipis, jika tidak punya kamu bisa menggantinya dengan plastik kantong kresek, balut kabel dengan kantong kresek satu persatu, kemudian panaskan sengan korek api sampai dia terlekat sempurna.

Bagian sambungan harus bersih dari air, dan tidak mengembung.

Kelemahan headset sambungan
Jika kita menyambung headset, terkadang suara audio yang dihsilkan tidak terlalu keras. ini disebabkan jika kamu menggunakan headset kanibalan Atau bukan pasanganya.

Jika sambungan kendur maka akan muncul suara kresek-kresek saat mendengarkan audio.

Tidak tahan lama, bisanya setelah beberapa hari sambungan yang kita buat akan kendur kembali dan perlu disambung ulang.

Menyambung kabel headset akan lebih bagus jika kita menggunakan rumah sambungan. Seperti biasa headset terdiri dari cap penutup sambungan yang didalamnya berisi microphone dan tombol play pause.

Saya sudah melakukan berbagai eksperimen dengan kabel headset, menyambung kabel, membuat mic semuanya sudah saya lakukan. Dan hasilnya berjalan dengan baik di ponsel saya.

Jika kamu masih kebingungan bagaimna cara menyambungmya saya sudah sediakan video tentang bagaimama sambung kabel headsey ponsel. Jika dirasa videonya terlalu lama kamu bisa langsung skip ke menit-menit penyambungan.

Panduan ini sudah diperbaruhi lihat versi lengkapnya : Menyambung kabel Headset 4 Warna