-->

Menentukan sambungan kabel Headset dengan warna

Kabel Headset Yang Putus

Banyak orang belum memahami bagaimana prinsip dasar kerjanya kabel Headset (Jack Audio) yang mempunyai 4 dan 3 warna. Umumnya kabel yang terdiri dari 3 warna, bagian kabel yang tiga warna ini tidak menyediakan kabel khusus mic, sehingga pemasanganya jauh lebih mudah daripada kabel headset yang jumlahnya ada 4. Tapi tenang saja kali ini blog kak ryan akan membagikan tipsnya sedetail mungkin agar sobat semua lebih mudah dalam memahaminya.


Kabel jack Audio 3 warna kabel

Mari kita kenal terlebih dahulu kabel jack yang hanya ada 3 warna.
Jenis kabel 3 warna ini sangat mudah dipahami, pada kabel 3 warna ada warna hijau, merah /biru dan satu warna kuning tembaga. Sobat tinggal gunakan saja kabel warna kuning tembaga tersebut sebagai jalur negatif (Ground) untuk masing-masing speaker.

Dijamin pasti bersuara, jika tidak ada suara berati kabel yang sobat gunakan sudah rusak. Bukan hanya kabel, speakernya juga bisa jadi penyebab headset tidak mengeluarkan suara. Bagaimana melihat apakah kabel headset itu berfungsi atau tidak?

Caranya cukup mudah sekali, tapi sebelum melakukanya sobat harus mengelupas lapisan plastik email yang menempel pada kawat kabel. Bakar sedikit dengan korek api, jangan terlalu lama kabelnya tipis mudah melele. Lalu gosok sedikit menggunakan ujung pisau yang tajam, tujuanya agar lapisan email yang sudah terbakar tidak menutupi jalur tembaga aliran listrik.

Untuk menentukan apakah kabel jack audionya masih bagus atau tidak sobat bisa menggunakan speaker kecil. Jika tidak ada bisa menggunakan lidah, namun saya tidak merekomendasikanya. Kenapa? Alasanya masih ada sedikit zat berbahaya pada tembaga yang sudah dibakar tadi, hanya sedikit. Tapi bila sobat ingin mencobanya berikut ini panduanya.

- Pasang jack audionya ke Ponsel.
- Putarlah Musik dengan volume maksimal.
- Jilat semua ujung kabel yang sudah dikupas tadi.

Bila sobat merasakan ada denyutan listrik kecil pada lidah, ber-arti kabel itu masih menyalurkan listrik. Ingat! Jilat Hanya dua kabel, jadi jalur negatifnya tetap satu, yaitu kabel dengan warna kuning emas (tembaga).

Cara sambung dengan speaker juga cukup mudah, jika speakernya ada dua jalur negatif pada speaker tersebut digabung kemudian baru disambung ke kabel tembaga emas. Sedangkan kabel lainya sambung saja dengan kabel yang tersisa, dalam proses penyambungan bebas mau warnanya dismain atau tidak boleh, kecuali kabel emas tembaga.


Kabel Jack Audio 4 Kabel

Empat kabel, artinya dalam sebuah lapisan kabel terdapat 4 kabel tembaga dengan masing-masing warna yang berbeda. Ada warna kuning emas, merah, hijau, dan biru. Kenapa ada 4, karena satu kabel lagi digunakan sebagai kabel mic dan juga sebagai saklar untuk mengaktifkan headset.

Kabel emas tembaga sama seperti yang saya tulis diatas, kegunaanya tak lain sebagai jalur negatif. Semua komponen jalur negatifnya terhubung ke kabel emas tembaga ini. Namun terkadang pada ponsel-ponsel canggih ada beberapa jalur yang diubah untuk kebutuhan tombol saklar. Misalnya untuk mengganti lagu, pause, jepret kamera dan masih banyak lagi.

Cara menyambungkan kabel headset 4 kabel sedikit lebih rumit daripada headset 3 kabel warna, tapi kalau mengikuti stndarisasi headset pada umumnya. Sambungan kabel bisa dilakukan sesuai dengan masing-masing warnnya.

Pada setiap speaker headset kiri dan kanan pasti ada kabel yang warnanya tembaga emas. Nah itu adalah jalur negatif speakee, sambung saja ke jack audio dengan kabel yang sama. Sementara yang lainya juga ikutan sesuai dengan warna.

Mic tidak boleh dihilangkan, pada kabel putih / biru. Kalau mau menghilangkan mic, kabel mic yang biasanya ada pada kabel warna biru atau putih harus duhubungkan ke jalur negatif agar headset bisa terdeteksi oleh smartphone.

Kemudian untuk kebel lainya silakan mengikuti urutan warna kabel. Hampir semua kabel memiliki urutan dan fungsi warna yang sama, tapi bila tidak juga terhubung sobat bisa menggunkan cara kedua. Nanti saya kan jelaskan dibawah, sementara untuk diagram sambungan headset secara umumnya sama seperti pada gambar dibawah ini:
diagram sambungan kabel Headset



Panduan menentukan Fungsi Masing sambungan

Terkadang tidak semua headset mempunyai kabel yang sesuai dengan kriteria diatas, ciri-cirinya: ketika kita sudah menyambungkan kabel sesuai dengan cara diatas tapi suara tidak juga ada, bahkan headset tak terdeteksi sama sekali.

Untuk mengatasinya, pastikan jack audio yang sobat gunakan dalam keadaan baik. Kemudian speakernya juga, sobat bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan multitester. Gunakan sambungan seri, seperti mengukur warna resistor; Gambar ini hanyalah sebuah contoh cara pengukuran saja.
Cara mengukur gelang resistor



Setelah melalui tahapan pemeriksaan, apabila ada yang putus ganti saja dengan kabel lain. Lebih murah menggunakan kabel bekas, tapi masih berkualitas. Sekarang saya ajarkan bagaimana cara menemukan kabel headset yang benar.

Pertama kita harus mencari kabel mic. Kabel mic ini sifatnya akan mengaktifkan notif headset terhubung saat disambungkan ke jalur Negatif. Jangan lupa kelupas semua email pada masing-masing ujung kawat ya, setelah itu pasang jack audionya pada HP. Sambungin semua 4 kabel itu, maka akan muncul notif headset terhubung.

Cabut satu-persatu kabel, perhatikan; saat mencabutnya sobat harus mempertahankan headset tetap terhubung. Apabila salah satu kabel dicabut dan headset terputus dari HP, berati itu adalah kabel Negatif atau kabel mic, biarkan kabelnya tersambung. Sobat lanjutkan cabut kabel lainya, hingga diperoleh dua kabel yang saling terhubung namun Headset pada HP tetap tersambung.

Okey, sekarang kita sudah menemukan kabel Negatif dan kabel mic. Tapi kita belum mengenali dimana negatifnya dari kabel diatas, untuk mengetahuinya lakukan langkah selanjutnya. Ganti kabel yang terhubung singkat tadi dengan mic Headset, pada sisa kabel yang kita cabut tadi pasangkan speaker kabel (+) boleh sembarang, dan kabel negatifnya letakan pada salah satu sambungan mic. Jangan lupa dengarkan suaranya sambil memutar lagu, bila ada suara berati sobat sudah menemukan kabel mic yang benar. Tapi bila tidak bersuara, pindahkan negatif speaker ke sambungan mic yang kedua.

Sekarang sambung sisa kabel satu lagi yang belum kita hubungkan dari tadi ke speaker kedua. Negatif speaker kedua mengikuti sambungan kabel spk satu tadi, yaitu ditempat sambungab mic yang sama. Kalau sobat nggak bisa ngebayanginya seperti apa sambunganya maka bisa melihat graffik sambungan yang sudah saya persiapkan dibawah ini.
Diagram kabel Headset

Demikianlah tips seputar sambung kabel headset kali ini, jika sobat masih kesulitan saya masih punya video cara sambung kabelnya. Silakan tonton bila sobat berminat;




Saya rasa cukup sampai disini ya saya jelasinya hehehe, tak terasa halaman ini sudah terlalu banyak memuat dokumen. Semoga dari beberapa tips diatas sobat menemukan cara yang joss untuk sambung kabel headsetnya. Jangan lupa siapin susu manis enak sebelum bekerja yups.