-->

Cara mengukur nilai resistor dengan multytester dan gelang warna


Hi, setelah kemarin saya posting bagaimana cara mengukur tegangan listrik menggunakan multytester analog, kali ini saya mau sharing pengalaman saya mengukur hambatan resistor beserta rumus perihitunganya.

Dalam penghintungan hambatan ini memang nyatanya tidak mudah, selain harus memahami fungsi bagian dari alat ukur kalian juha harus bisa matematika dan hafal warna gelang resistor. Berikut ini beberapa langkah yang haru kalian lakukan sebelum mengukur suatu hambatan resistor, agar pengukuran bisa lebih akurat.

Langkah yang wajib kalian lakukan ketika akan mengukur!
  1. Kalibrasi jarum penunjuk (tidak perlu dilakukan kalau jarum nya sudah benar berada pada posisi 0 atau 2k1k).
  2. Kalibrasi hambatan setiap kali mengganti selektor pemilih, caranya dengan menghubungkan kedua probe tester dan sambil memutar ohm adjustable pastikan jarum berada pada posisi 0 ohm disebelah kiri.
  3.  Lakukan pengukuran dengan menghubungkan masing masing probe ke kaki resistor, kemudian hasil yanh kita baca pada skala 2k1 sampai angka 0 sebelah kiri dikalikan dengan skala yang kita pilih.




Sebagai contoh saya akan mengukur sebuah resistor yang biasanya dipakai pada lampu led charger HP. Disini saya memilih skala x100 setelah diukur, hasilnya menunjukan ke angka 10 ohm, maka nilai hasil dari pengukuran saya tadi dikalikan skala ukur yang dipilih yaitu 10x100 maka didapatlah hasilnya 1000 ohm atau 1k ohm.

Jika kalian tidak menemukan nilai yang cocok atau sulit membaca hasil yang ditunjuk oleh jarum pada papan skala, coba turunkan skala ukur yang dipilih buatlah agar lebih mudah dibaca. Terkadang resistor yang kalian ukur memiliki hambatan yang besar dan tidak terbaca, hal ini berati resistor telah rusak.

Dalam melakukan pengukuran, ada hal nya hasil pengukuran kita kurang akurat faktor ini dipengaruhi oleh toleransi yang dimiliki resistor tersebut. Sebagai tambahan disini akan saya kasih gambar tabel warna gelang resistor beserta nilainya agar lebih mempermudah pengukuran, jadikan sebagai patokan apakah hasil yang anda ukur sudah benar dan akurat atau belum sama sekali.



Pada warna diatas sebenarnya warna gelang satu dua itu sama saja nilainya, untuk menghitung gelang 4 warna abaikan tabel gelang warna 3 kita anggap saja tidak ada.
Urutan nya untuk resistor dengan 4 warna gelang warna emas dan putih adalah warna terakhir yang digunakan sebagai toleransi. Warna pertama dan kedua adalah nilai, sedangkan warna ke gelang ke 4 adalah faktor kali. Untuk mengukurnya kita hanya masukan masing masing nilai gunakan tabel diatas sebagai patokan, misal kita mendapat transistot dengan warna gelang merah merah coklat emas, maka nilainya 2 2 (faktor kali coklat = 10¹ ) perhitunganya adalah 22 x 10¹ = 220 ohm, dengan toleransi 5%

Untuk resistor yang mempunyai 5 gelang warna maka tiga wara yang berada di depanya adalah nilai, sedangkan warna pengali (faktor kali) ada pada gelang nomor 4.
Sebagai contoh warna resistornya :
orange - orange - orange - merah - emas :
   3              3            3           (x10²)        5%

Maka hasilnya 333 x 10² = 33.300 ohm


Sekiranya begitulah cara menghitung nilai resistor menurut pengalaman saya, apabila ada kesalahan silakan dikoreksi dikolom komentar yah.

Post a Comment for "Cara mengukur nilai resistor dengan multytester dan gelang warna"