-->

Cara mengatasi tidak bisa menjalankan palapa web server di android


Hai, jumpa kembali kita hee. Setelah sekian lama tidak ngoding akhirnya saya kembali lagi ngoding yang pastinya gak jauh -jauh dari html, css, java script dan php.
Dulu saya ngoding menggunakan android, hingga sampai sekarang masih saja pakai android heee, maklum belum kebeli laptop.
Tekad saya dulu kepengen punya situs sendiri, hingga akhirnya saya menempuh jalan pintas yaitu ngoding. Berkat ngoding ini saya berhasil memahami HTML, java script, css,  php, mysql walaupun hanya sedikit sih.

Project yang pernah aku buat situs auto like facbook, dulu pernah rame dan trending. Aku baru berhasil menyelesaikan projeck ku pada tahun 2018 lalu. Tapi setelah berfikir - fikir akupun berhenti ngoding, alasanya ngoding perlu server dan domain sedangkan aku anak sekolahan yang jarang punya uang hee, akupun gak dapat 1%pun uang dari hasil ngoding.

Dan kali ini aku mencoba kembali, semoga saja ingat dengan koding-koding yang aku pahami dulu. Akupun mencobanya dengan menginstallasi situs ujian online di hp, dan ternyata koding ku banyak yang lupa heee. 😅

Pada saat mencobanya akupun menemui masalah serius selain error sysntax error unepextek on line bla bla bla. Masalah kali ini datang dari server nya, dimana aku gak bisa menjalankan aplikasi palapa web server pada hp xiaomi redmi 5a. Mungkin karena bugs kali ya😅  tapi pada hp jadul masih bisa, aku rasa palapa web server sudah tidak di update lagi oleh developernya. Saat aku mencarinya di playstore pun tidak ada lagi, sangat disayangkan aplikasi favorite aku ini harus terlupakan juga.😢


Sebenarnya aplikasi ini sudah running alias jalan saat kalian mengetuk start server untuk pertama kalinya. Hanya saja bagian tombol dan status ngebug alias tidak ada perubahan apapun. Dan jika jamu tekan start sekali lagi maka akan timbul error, ya karena server sudah running atau berjalan.

Sebebarnya aplikasi ini masih work it lah, tapi masih ada bug nya. Bug yaitu ketika tombol start server di klik status server dan tombol tersebut tidak mengalami perubahan, tetapi servernya sudah jalan normal.

Salah satu cara terbaik buat kalian yang ingin belajar programing menggunakan hp, yaitu dengan membeli hp jadul. Seperti Samsung ace, samsung j pro, asus x014d atau hp yang keluarnya tahun 2017 lalu. Saya rasa hp ini akan bisa menjalankan palapa web server, mengingat sedikitnya kemampuan hp.
Akupun begitu, menggunakan hp asus sebagai server nya dan untuk mengakses nya aku menggunakan jaringan HotSpot & wifi. Yaitu hp server menyalakan hotspot sedangkan hp yang saya pake sebagai pengakses menghubung ke hotspot tersebut. Dengan menggunakan alamat ip universal 192.168.43.1 aku bisa mengakses dan menjalankanya.

Bagaimana dengan teman teman? Apakah sudah punya cara buat mengatasi hal ini, komen pada kolom dibawah.