-->

Kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi netzme

Blog Kak Ryan - Aplikasi seperti dompet digital saat ini sedang bomming dan banyak digunakan masyarakat di era teknologi sekarang ini. Kita pastinya tidak asing lagi dengan dompet digital seperti ovo, gopay, dana, link aja. Aplikasi dompet digital memang sangat memudahkan bertransaksi dalam sistem digital karena tidak semua orang mempunyai rekening bank. Kalau dahulu saya bertransaksi menggunakan pulsa saat saya ingin membeli web hosting dan produk virtual lainya. Tapi saat ini semua itu sudah digantikan oleh dompet digital yang sangat berkontribusi besar menggantikan penggunaan uang tunai.

Dalam artikel kali ini saya akan mereview aplikasi dompet digital yang saat ini tengah berkembang, yaitu aplikasi netzme. Berdasarkan data yang saya ketahui netzme sudah ada sejak tahun 2016 lalu namun belum dikenal oleh banyak orang. Dan inilah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan netzme menurut saya.


Kelebihan menggunakan aplikasi netzme sebagai dompet digital

Fiturnya cukup lumayan ada fitur sosial media dimana kamu bisa mengunggah video berdurasi 30 detik dan juga foto seperti layaknya facebook. Tidak hanya itu foto & video kamu tersebut bisa menghasilkan keuntungan bila mendapat trulike dari orang lain.

Ada fitur games yang bikin kamu gak bete, dengan bermain game kamu bisa melepas waktu luang. Pada game ini juga adah hadiahnya berupa saldo netzme dan tiket yang bisa kamu gunakan untuk bermain game lagi.

Selain kedua fitur diatas ada lagi yaitu fitur chat seperti layaknya whatapps dimana kamu bisa saling berkirim pesan bahkan berkirim uang lewat chat ke sesama kontak kamu..

Grups Netzme
Dengan fitur ini kamu bisa membuat grup dan mengajak banyak orang bergabung dalam grup, pada grup chat netzme admin bisa kirim uang ke setiap anggota. Kemudian bila ada anggota yang mengirim uang ke grup chat, maka uang tersebut akan masuk ke admin (pendiri grup). Grup di netzme tidak seperti whatapps, admin hanya satu tidak bisa menambah admin lain seperti grup whatapps. Khusus transaksi dalam grup dikenai biaya transaksi dan potongan user komision.

Ada Trulike
Sama seperti media sosial lainya, netzme memlunyai fitur like juga. Hanya saja trulike di netzme manggunakan sistem pembelian setelah kena semprul bank indonesia, sebelumnya netzme menggunakan sistem saldo. Makanya harga trulike jauh lebih mahal, ada sistem pembelianya. Berbeda dengan netzme dulu yang hanya menggunakan saldo langsung sebagai trulike. Keuntungan dari trulik, ketika kamu memposting foto/video atau hanya caption dan bila ada orang yang memberikan trulike pada story mu maka trulike tersebut 67% akan masuk menjadi saldo netzme, sementara sisanya potongan biaya admin + kontribusi yang akan masuk ke akun partnert.

Fitur Hastag
Hastag adalah penggolongan konten, sama seperti medsos lainya. Di netzme ada juga hastag trending, sayangnya hastag tren ini bukan hastag yang populer akan tetapi bagi hastag yang memiliki akumulasi trulike terbanyak dan digunakan oleh banyak orang. Keuntungana yang bisa kamu dapatkan yaitu ketika kamu menggunkan hastag yang sedang tren, foto atau video yang kamu unggah bisa muncul secara langsung dalam halaman depan trending. Foto tersebut akan terus muncul selagi gak ada yang nimpa.

Bonus Netzme lainya:
Diberikan gratis transfer uang ke E-Money sebanyak 10x dalam seminggu dan minimal transfer dibatasi Rp 20.000, jika sudah melebihi limit yang diberikan maka akan dikenai biaya Rp 3000,- per transaksi.

Kamu mendapatkan rekening virtual atas nama kamu sendiri yang bisa kamu gunakan seperti layaknya rekning bank sungguhan.

Kamu bisa menyimpan saldo hingga 10 juta dan mendapatkan limit transaksi maksimal 20 juta dalam sebulan.

Kirim uang ke sesama pengguna netzme tidak tidak dikenai biaya saat ini. Kamu bahkan bisa membuat mc akun toko yang bisa menerima pembayaran dari aplikasi netzme dengan menginstall Toko Netzme.

Baca juga :



Kekurangan menggunakan wallet netzme

Uang kita tidak terkontrol didalam sana, adanya fitur games, dan sosial media membuat kita lebih mudah menghabiskan uang hanya dengan dibagi-bagikan ke orang ataupun hanya untuk membeli tike bermain games.

Sistem transaksinya tidak transparant, kamu bisa lihat dari riwayat transaksi seperti penerimaan trulike, tagihan yang menggunakan potongan admin, reward. ada beberapa potongan yang tidak dicatat disana, padahal sudah dipotong pajak+kontri+biaya admin.

Jika kita melihat catatan transaksi bulan lalu maka sering error alias data tidak bisa dibuka. Wajar kalau data tahun 2016-18 tidak tersedia karena fitur riwayat transaksi bulanan itu terbilang baru, akan tetapi ini malah gak bisa dibuka semuanya dari tahun 2019 - 3 maret 2020.

Menghabiskan banyak kuota, aplikasi netzme sosial medianya hampir sama dengan instagram. Ada video autoplay yang tidak bisa dinonaktifkan begitupun dengan gambar walupun sudah dikompressi tetap saja ukuranya menghabiskan banyak kuota. Pada ponsel saya penggunaan data pada aplikasi netzme mengalahkan youtube dan lite yang paling sering saya buka.

Batas transfer uang ke bank masih dibatasi yaitu minimal transfer Rp50.000,- selain itu rekening yang kita dapatkan masih tergolong rek manual dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi antar rekening virtual.


Menggunakan aplikasi netzme dalam waktu lama akan memicu kecanduan yang bisa membuat kamu menghabiskan banyak waktu dan uang hanya untuk melihat hiburan semata seperti saling memberi trulike, bermain games. Kebiasaan itu bisa membuat netzme semakin kaya karena netzme mengambil keuntungan dari hasil potongan transaksi yang kamu lakukan.

Menurut saya menggunakan aplikasi netzme untuk layanan bertransaksi secara umum sangat tidak mungkin, karena ada batasan yang tidak bisa dilakukan dari aplikasi ini. Kalau di ovo saya bisa mentransfer uang ke mana saja bahkan ada salah satu rekeningnya yang bisa saya gunakan untuk menerima uang dari google adsense. Tapi balik lagi kepada kita, mau pake netzme karena apa? 😂

Kalau saya saya dulu, bergabung ke netzme karena tergiur bisa mendapatkan uang gratis. Ya itu memang benar, dan masih bisa dilakukan sampai sekarang tetapi hanya saja akan lebih mmenghabiskan banyak waktu hanya untuk mendapatkan Rp 1000,-