-->

Cara verifikasi atau upgrade akun netzme premium dengan KTP


Blog Kak Ryan - Perkembangan fintech (Finansial Technology) diindonesia semakin hari semakin banyak dan kreatif, salah satunya fintech Netzme. Netzme adalah layanan keuangan yang menyediakan jasa berkirim uang ke sesama pengguna aplikasi dan juga transfer ke berbagai bank termasuk E-Money lainya seperti gopay, ovo, dan linkaja. Netzme berbeda dengan aplikasi lainya, netzme dibuat dengan mengkolaborasikan fitur sosial media, chatting, dan game seru didalamnya untuk menarik banyak orang agar menggunakan aplikasi tersebut.

Karena netzme adalah layanan keuangan yang beraffiliasi / bekerjasama dengan bank indonesia maka setiap akun diwajibkan mengupgrade akun mereka dengan identitas seperti KTP, Paspor, maupun SIM. Di netzme sekarang ini ada 3 jenis type akun yaitu akun basic, premium, dan verified.

Akun basic artinya belum pernah memverifikasi akunya dengan identitas pribadi sebagai pemilik rekening wallet yang sah, fitur yang ditawarkan pada akun basic juga terbatas dan tidak bisa digunakan untuk mentransfer uang ke bank manapun maupun ke sesama pengguna netzme. Akun versi premium yakni akun yang telah ter-upgrade sebagai pemilik rekening netzme, sedangkan akun verified adalah user yang telah mengklaim keaslian identitas serta profile mereka sebagai milik pribadi sama seperti facebook, twitter dan instagram. Tetapi di netzme fitur verified tersedia untuk semua orang.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kasus penipuan yang belakangan ini marak terjadi di didunia online, serta digunakan untuk keperluan identifikasi kalau si pemilik akun adalah asli WNI yang mempunyai identitas. Adapun persyaratan lainya yang bisa digunakan untuk meminimalisir biaya transaksi yaitu NPWP walupun sifatnya opsional, menambahkan NPWP ke netzme bisa membuat potongan biaya pajak sedikit lebih kecil dari biasanya.


Bagi anak-anak yang dibawah 18 tahun bisa menggunakan identitas orang tua mereka namun akun tersebut akan mempunyai akses terbatas dan sebagai penanggung jawab atas semua akun yang digunakan oleh anak itu adalah orang tua mereka. Berikut ini saya bagikan tahapan bagaimana cara memverifikasi akun netzme agar bisa menikmati layanan transfer uang gratis, menyimpan saldo lebih dari 2jt dan berbagai benefit lainya. Namun sebelumnya coba deh cek artikel dibawah ini kali aja ada yang menarik buat kamu baca.
Artikel Menarik kamu baca :
  1. Tips Mengikuti Event Berhadiah di Netzme
  2. Cara Bermain Top Spin
  3. Cara memperbanyak partnert netzme


Oke kita mulai, pastikan koneksi internet kamu dalam keadaan stabil. Karena server netzme agak sedikit lemot dan membutuhkan akses internet yang kencang sebagai antisipasi kegagalan dalam mengirim data indentitas, sehingga kamu tidak perlu mengulanginya lagi.

  1. Untuk mengupgrade akun netzme langkah pertama adalah klik menu garis tiga diatas, kemudian pilih basic atau type akun anda. Pada menu tersebut ada dua pilihan upgrade.
  2. Langkah selanjutnya pilih upgrade ke versi premium terlebih dahulu. Dan masukan semua identitas yang dibutuhkan seperti nama lengkap, alamat, domisili, id KTP sesuai prosedur.



  3. Selanjutnya anda pilih jenis kelamin kamu, tanggal lahir, jenis pekerjaan, dan nama ibu kandung sesuai dengan identitas anda yang sebenarnya. Seperti yang saya contohkan pada screnncapture dibawah ini:

    Tahapan Berikutnya


  4. Kwmudian klik selanjutnya, anda akan dimintai mengisi alamat, isi dengan alamat yang sesuai dengan identitas anda yang sebenarnya. Bagian bawahnya adalah alamat domisilli alamat tempat tinggal anda yang sekarang, jika alamatnya sama dengan identitas diatasnya klik centang saja gunakan sebagai alamat domisil seperti yang saya terapkan pada gambar dibawah ini..

    tambahkan balamat


  5. Selanjutnya kita masuk ke tahap akhir yaitu meninjau kembali data yang telah kamu masukan bila ada yang salah sebaiknya perbaiki terlebih dahulu. Periksa semua data yang tertera mulai dari keterlihatan identitas (Foto scan KTP), tanggal lahir, Nik dan alamat pastikan semuanya benar sesuai dengan identitas yang kamu gunakan, selanjutnya scroll ke bagian paling bawah centang perjanjian bahwa anda setuju dengan syrat ketentuan layanan netzme kemudian klik kirim. Proses pengiriman mamakan waktu 1-10 menit tergantung koneksi internet kamu

    Perhatian harap berhati-hati dalam melakukan upgrade, karena perjanjian ini antara kamu dengan netzme yang berlaku secara hukum, data kamu juga digunakan kepada pihak penyedia layanan jika dibutuhkan seperti pada bank indonesia yang selaku pemberi izin atas penyediaan layanan trasnfer dan kirim uang oleh netzme.



Proses upgrade biasanya membutuhkan waktu selama 24 jam, terhitung mulai dari pengiriman data yang kamu lakukan pada jam kerja. Jam kerja netzme mulai hari Senin sampai dengan Sabtu setiap pukul 08:00 pagi hingga pukul 10 malam kecuali hari libur nasional. Pengiriman identitas diluar jam kerja kemungkinan akan diproses dihari kerja berikutnya.

Ditolak upgrade akun oleh Netzme

Terkadang ada kalahnya pengajuan upgrade kamu ditolak, hal ini tentunya punya penyebabnya bukan tanpa alasan. Beberapa penyebab yang baru saya ketahui mungkin:
  • Gambar Identitas dan foto selfi kamu blur atau tidak terlihat dengan jelas.
  • Gambar identitas kamu terpotong dan terkena refleksi cahaya
  • Gambar teks pada identitas kamu tidak terlihat dengan jelas atau ada kotoran yang menutupinya.
  • Identitas yang kamu gunakan sudah tidak berlaku lagi.


Demikianlah cara mengupgrade akun netzme menurut kak Ryan, jika kamu ingin mengupgrade ke versi verified caranya sama seperti diatas. Tetapi ada sejumlah pemeriksaan kemananan berupa captcha dengan video selfi sambil mengucapkan kata tertentu.

Kesimpulan

Dengan mengupgrade akun netzme kamu menyetujui semua persyaratan dan kebijakan layanan-nya, serta kamu bisa mendapatkan berbagai benefit yang ada di netzme. Apabila sudah mengirim data identitas akan sangat sulit sekali menonaktifkan akun, karena data tersebut merupakan perjanjian hukum antara kamu dengan pihak penyedia layanan serta penerbit izin pembuatan rekening virtual dari Bank Indonesia atas nama PT. Netzme Kreasi Indonesia.