-->

Cara mengontrol iklan pada setiap Artikel pada Blogger

Adsense Customizable blogger

Blog kak Ryan - Terkadang kita kefikiran ingin membatasi iklan pada masing-masing halaman atau artikel yang kita buat. Namun sayangnya khusus untuk blogger tidak ada fitur tersebut, berbeda dengan pengguna wordpress self host mereka bisa dengan mudah memanipulasi kode program karena menggunakan PHP yang bisa diprogram sendiri.

Selagi masih ada javascript semuanya masih tetap bisa diakalin, saya sudah mencoba metode ini sejak lama. Untuk apa fitur ini diciptakan? Tentunya untuk admin sendiri, ketika saya mengakses blog ini saya sudah menyembunyikan iklan sehingga aman dan tidak takut jika terjadi klik yang tidak disengaja maupun traffik tidak valid.

Ketika saya menyembunyikan iklan pada blog ini namun ketika orang lain mengaksesnya di device yang berbeda iklan tetap tayang. Selain itu saya masih bisa membatasi iklan pada suatu halaman artikel, misalnya saya membuat artikel yang sedikit vulgar dan berbahaya bagi Adsense. Saya bisa tidak memonetisasi iklan tersebut, dengan cara menghilangkan iklan secara keseluruhan pasa halaman.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Caranya gampang banget, saya hanya menggunakan fitur penyimpanan pada browser dalam javascript dikenal dengan fungsi localStorage. Fungsi tersebut kemudian saya kombinasikan dengan sebuah kondisi if. Ketika saya menyimpan sustu string dalam localStorage maka identifikasi tersebut bisa digunakan untuk mematikan iklan, kemudian sebaliknya pada tahap awal localStorage nya Null yang kita jadikan sebagai identifikasi iklan on.

Sebelum lanjut ke tahap pembuatan silakan tour melihat demo-nya tetlebih dahulu. Buka halaman Privasi Blog ini, navigasikan pada judul iklan dan matikan semuanya dengan cara menggeser selector. Setelah itu kembali ke halaman ini dan lihat perubahanya.

Bagaimana penasaran cara membuatnya? Sebelum kita praktek sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana sistem kerjanya. Dalam metode ini kita menempatkan kode Lazyload iklan pada bagian bawah halaman. Sementara itu, link adsense kita tempatkan pada bagian witget atas header dalam sebuah varable.

Tempatkan kode ini pada witget paling atas blogmu. Bisa diletakan pada header, atau lainya yang penting witget paling atas.

<script type="text/javascript">

var adsense_link = "https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";


</script>


Kemdudian untuk menjalankan agar skripnya bekerja kamu harus menempatkan kode LazyLoad Adsense berikut pada bagian bawah template. Letakan saja tepat setelah tag </body>
Klik themes => Edit HTML atau
Klik Themes => Backup => Edit

 <script type='text/javascript'>
//<![CDATA[

// Lazyload Adsense By kompiajaib.com
var lazyadsense2 = false;
if (localStorage.getItem('todoData') == null){
window.addEventListener("scroll", function(){
if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && lazyadsense2 === false) || (document.body.scrollTop != 0 && lazyadsense2 === false)) {
(function() { 

var ad = document.createElement('script'); ad.setAttribute('data-ad-client','ca-pub-kode-id-kamu'); 
ad.async = true; 
ad.src = adsense_link; 
var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc);
 })();
lazyadsense2 = true;
  }
}, true);
}

//]]> </script>


Kemudian cara memasang iklanya sama saja seperti biasa, kamu bisa menyalin secara langsung kode iklan. Namun agar tidak ada blank kosong saat iklan disembunyikan gunakan kode dibawah ini. Pastikan kamu sudah memasang library jQuery versi berapapun.

 <script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
if (localStorage.getItem('todoData') == 'on'){
$('.adsbygoogle').each(function(){
$(this).replaceWith('<blockquote>Iklan Adsense disembunyikan, selamat membaca.</blockquote>'); 
         });

}
//]]> </script>


Sedangkan kode berikut ini adalah kode tombolnya yang bisa kamu letakan di halaman mana saja. Bisa diletakan dibagian witget sidebar, header, navbar, tapi saya lebih merekomendasikan dipasang pada halaman privasi.

<b>Adsense By Google:</b><br/>
<span id="iklanku"></span> : <label class="switch">
<input id='gelap' type='checkbox' onclick='ktbtx()' value='on'/>
<span class="slider round"></span>
</label>


<script>
if (localStorage.getItem('todoData') == null){
document.getElementById("gelap").checked = true; 
document.getElementById("iklanku").innerHTML = "Iklan Aktif";
} else {
document.getElementById("iklanku").innerHTML = "Iklan Mati";
}

function ktbtx(){
if (localStorage.getItem('todoData') == 'on'){
localStorage.removeItem('todoData');
document.getElementById("iklanku").innerHTML = "Iklan Aktif";
}  else { 
localStorage.setItem('todoData', 'on'); 
document.getElementById("iklanku").innerHTML = "Iklan Mati";
}
}
</script>
<style> .switch { position: relative; display: inline-block; width: 35px; height: 15px; border:1px solid #547991; border-radius:34px; } /* Sembunyikan checkbox */ .switch input { opacity: 0; width: 0; height: 0; } /* Bola tombol */ .slider { position: absolute; cursor: pointer; top: 0; left: 0; right: 0; bottom: 0; background:transparent; -webkit-transition: .3s; transition: .3s; } .slider:before { position: absolute; content: ""; height: 13px; width: 13px; left: 1px; bottom: .9px; background-color: #D41B1C; -webkit-transition: .3s; transition: .3s; } input:checked + .slider { background-color: #008CB7; } input:focus + .slider { box-shadow: 0 0 1px #008CB7; } input:checked + .slider:before { -webkit-transform: translateX(20px); -ms-transform: translateX(20px); transform: translateX(20px); } /* Bulatan */ .slider.round { border-radius: 34px; } .slider.round:before { border-radius: 50%; } </style>


Dengan begitu blog kamu akan aman, sangat cocok buat kamu yang sering mengunjungi blog sendiri. Agar terhindar dari traffik tidak valid, pembatasan iklan, serta akun kena banned bisa dengan menggunakan cara diatas. Kode yang saya rangkai hanya berfungsi untuk iklan Adsense, kalau buat iklan Mgid silakan kreasikan sendiri.

Apabila ingin mematikan iklan pada suatu halaman kamu harus menambahkan nilai lain pada variable var adsense_link="" setiap kali membuat artikel. Cara yang cukup efektif untuk mencegah skrip meload js Adsense, sehingga iklan tidak akan tayang pada sebuah halaman.


Apa manfaat menyembunyikan iklan adsense?

Ada manfaatnya untuk tujuan pencegahan, buat admin atau penulis yang suka membuka / mengunjungi blog sendiri yang sudah terpasang iklanya bisa menggunakan metode ini. Sehingga kita bisa browsing dengan nyaman di blog sendiri tanpa takut meng-klik iklan tanpa disengaja.

Kemudian penggunaan Adsense custom iklan bisa menghindarkan kita dari pemblokiran. Contohnya ketika kamu ingin membuat artikel yang mungkin melanggar kebijakan google, kemarin saya pernah membuat artikel berita tentang Nurul Hidayah. Artikel tersebut hanya bertahan 4 hari setelah itu iklan sudah tidak tayang lagi pada artikel karena dibatasi oleh Google. Tapi lumayan juga, artikel tersebut membuat saya mendapatkan income hingga 7$ dalam hanya sebulan. Daftar manfaatnya bisa kamu lihat selengkapnya dibawah :

  • Membuat fitur baru bagi visitor yang tidak suka iklan.
  • Bisa menyembunyikan iklan disaat kita sedang menyunting artikel.
  • Mencegah terjadinya traffik tidak valid.
  • Menghindarkan kita dari pelanggaran kebijakan bila ada konten yang masih ingin kita posting.


Saya menggunakan metode ini hampir disemua blog yang saya miliki. Kalau tidak menggunakan ini rasanya was-was saat ingin melihat artikel sendiri, apalagi akun adsense milik saya itu hanya ada satu.