-->

Cara melaporkan Ripper secara Online


Akhir-akhir ini banyak sekali penipuan yang terjadi di media sosial, berdasarkan pengalaman yang saya temui penipuan online ini biasanya terjadi di facebook dengan modus jual beli akun, saldo paypal, investasi uang kripto, dan blog.

Mirisnya lagi sudah banyak orang yang tertipu, ini terjadi karena tidak adanya tindakan pencegahan. Setiap hari penipu tetap saja berkoar-koar dibeberapa grup menawarkan daganganya, namun dibalik itu semua ada aksi jahat yang diincar oleh pelaku.

Kami menamakanya sebagai ripper, Apa itu Ripper? ripper adalah kegiatan penipuan yang dilakukan di dunia maya.
Saya juga punya pengalaman kena ripper, 2018 lalu saat saya ingin membeli uang cryptocurrency dengan metode pembayaran pulsa saya tidak pernah mendapatkan crypto coin nya, padahal uang sudah saya bayarkan.

Kronologisnya:
Waktu itu saya sedang membutuhkan doge coin untuk modal investasi, saya mencarinya di grup/forum facebook untuk mendapatkan doge coin itu. Saya cukup tegiur dengan seseorang menawarkan dogecoin nya dengan harga miring, akhirnya saya tertarik untuk membelinya.

Setelah bernegoisasi dengan penjual yang menawarkan daganganya saya bergegas menuju Alfamart untuk mengirim pembayaran ke penjual. Setelah saya bayar saya menunggu balasan dari sang penjual, setelah satu hari menunggu uang kripto saya tidak dikirim, akhirnya saya tanyakan langsung ke penjual. tiba-tiba saya tidak bisa membalas pesan.

Dalam hati saya sakit, sedih, dan kehilangan. Bagaimana tidak, saya bersusah payah mendapatkan uang, belum lagi menempuh Alfamart yang jaraknya sekitar 2KM dari rumah bahkan kehujanan saat malam hari. Mungkin saya ceroboh, akhirnya dari situ saya jadikan pembelajaran, dan uang yang telah dia curi saya iklashkan.

Dan yang menjadi permasalahan sekarang marak nya kasus penipuan jenis ini, khsusnya dibeberapa grup jual beli. Sang penipu masih berani berkeliaran meskipun sudah menipu banyak orang dan sudah banyak juga korban nya. Tapi kali ini saya ingin mengajak anda melakukan tindakan pencegahan agar tidak banyak korban lainya yang tertipu. Kalau bukan kita siapa lagi?

Tidak ada satupun orang yang tertipu mau melaporkanya, mereka hanya memposting capture hasil transaksi dan negoisasi saja. Padahal dengan cara ini kita sudah menolong banyak orang. Baiklah mari ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melaporkan penipuan:

  1. Silakan buka situs yang telah disediakan oleh pemerintah cekrekening.id


  2. Masukan nama rekning dan bank penipu anda juga bisa melihat rekening tersebut sudah dilaporkan atau belum, semakin banyak yang lapor maka semakin cepat investigasi dilakukan, kemudian tambah laporan


  3. Selanjutnya anda harus menceritakan kronologisn penipuan dan menunjukan beberapa bukti-bukti penupuan.
    Saya sarankan agar anda berikan sudah berapa banyak korbanya dalam satu dokumen saja.



Selain metode diatas anda juga bisa melaporkanya di situs lapor.go.id, kredibel.co.id, beberapa situs memang disediakan oleh pemerintah sebagai pusat aduan masayarakat dan untuk mencegah terjadinya penipuan atau bisa juga melalui fanspage facebook.com/CCOonline

Tips Menghindari penipuan atau rippeid

Sebelum bertransaksi sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu reputasi penjual, penjual yang baik akan banyak direkomendasikan dan dikenal banyak orang. Sebaliknya penjual yang menjual daganganya dengan harga miring, atau menjanjikan keuntungan yang menggiurkan adalah penipuan.

Jika anda ingin bertransaksi secara personal dengan penjual namun reputasi penjual tidak dikenal sebaiknya gunakan jasa rekber / pulber dengan orang yang sudah anda percayai. Jasa rekber/pulber/ovober atau ber ber lainya adalah sistem yang ditawarkan oleh orang lain sebagai pengamana dana, jadi anda tidak mentransfer dana secara langsung ke penjual melainkan ke penyedia rekber/pulber.
Setelah semuanya sepakat barang sudah anda dapatkan, dan dikonfirmasi oleh anda dan penjual barulah pemilik jasa rekber menyerahkan uang kepada penjual.

Sampai disini semoga tidak ada lagi penipuan penipuan atau ripper lainya, percayalah uang yang didapat dari hasil menipu akan membuat hidupmu semakin sulit.

Post a Comment for "Cara melaporkan Ripper secara Online"