-->

Rahasia dibalik aplikasi FlyExam Browser Rp 3000,-

Aplikasi flyexam browser adalah aplikasi web browser ujian online, tetapi aplikasi ini dilengkapi dengan keamana khusus tujuanya untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam melakukan ujian di HP.

Pada saat kita jalankan aplikasi ini akan meminta izin akses administrator perangkat untuk mengendalikan sistem hape seperti mematikan screen capture, mencegah fungsi tombol kembali, mencegah layar tidur, dan fitur lainya yang bisa menyebabkan terjadinya kecurangan dalam ujian. Kamu juga bisa mengganti aplikasi ini dengan aplikasi alternafif lainya, akan tetapi kamu harus mengetahui alsanya kenapa web ujian offiline flyexam tidak bisa diakses selain dari FltExam Browser dan Browser PC?

Setelah saya telusuri, sebagai pengaman developer menggunakan sistem UA (User Agent) dalam menentukan jenis perangkat yang bisa mengakses situs ujian. Browser yang didukung itu adalah browser dekstop atau pc, dan jika kita mengakses alamat server ujian menggunakan browser mobile maka hanya akan tampil halaman kesalahan, walaupun anda sudah menggunakan mode desktop view.

Lalu, kenapa aplikasi flyexam bisa mengaksesnya? Pertanyaan yang bagus, aplikasi flyexam pada umumnya akan mengganti UA (User Agent) Mobile menjadi UA asing atau UA PC agar bisa diakses melalui perangkat mobile. Sebagai contohnya, kemarin saya sudah mencoba menjalankan server flyexam melalui android, dan sekarang saya akan mencoba mengakses servernya dengan bantuan browser chrome, dan lihat apa hasilnya wow:



Hehehe, bagaimana kalau kita coba lagi, namu kali ini kita akalin dengan mengganti UA yang ada pada browser saya. Karena aplikasi google chrome tidak mendukung custom User Agent maka saya harus menggunakan browser lain, yaitu Lightning Browser. Mari kita bereksperiment dengan hal ini:

Bagi anda yang belum tahu cara mengganti UA di aplikasi lightning browser
  1. Buka aplikasi lightning browser, jika tidak punya silakan download pada link diatas
  2. Klik menu titik tiga di pojok kiri atas
  3. Kemudian pilih General setting
  4. Dan klik user agent, lalu pilih dekstop ataupu kamu bisa menggunakan User Agent custom buatan mu sendiri




Tuh gimana masih bisa dibuka bukan, hehehee selagi developer tidak mengetahui bugs ini anda masih bisa ujian dengan menggunakan browser. Syaratnya anda harus mengatur User Agent browser anda menjadi dekstop atau bebebas, hal ini bertujuan untuk menghindari pemblokiran karena server menggunakan pola dari User Agent hehehe.

Baca juga:


Selamat mencoba teman-teman semoga ini menjadi jawaban dari alternatif aplikasi flyexam atau aplikasi yang mirip flyexam, hanya dengan menggunakan lightning browser saja anda bisa membuka alamat situs ujian. Kalau teman-teman pintar, bisa nyontek donk buka google aktifin data buat cari jawaban, dan kalau mau jawab soal datanya dimatiin lagi hehehe.