-->

Begini cara mendapatkan uang dari Blog & Website yang kamu miliki

Hasilkan uang dari Adsense

Tahukah kamu pada generasi sekarang situs web atau blog sudah menjadi mesin pencetak uang loh. Sebenarnya sudah sejak lama kalau semua website itu adalah tempat mencari uang (bisnis), jarang sekali ada orang yang membuat website / blog hanya untuk kesenangan saja.

Pada dasarnya ketika kita ingin membuat sebuah website / blog ada biaya yang harus dikeluarkan. Pertama biaya sewa domain, kemudian ada juga biaya sewa hosting. Biaya tersebut tidak hanya dibayarkan dalam satu kali saja, tapi dibayar secara terus menerus sesuai dengan paket yang yang dibeli.

Blog ada yang gratisan, tapi memilih blpg gratisan harus pilih-pilih dulu. Pengalaman saya tahun 2016 lalu kebanyakan blog gratisan tidak bertahan dalam waktu lama. Seperti yang saya jelaskan diatas, setiap website ada suatu biaya yang dikeluarkan nggak gratis.

Dan hingga saat ini blogger.com masih tetap eksis sebagai platform blogging gratis. Kamu juga bisa memperoleh penghasilan dari blogger.com, sementara nama domain bisa dicustom menggunakan layanan penyedia domain lain atau langsung membelinya di google domain. Kenapa blogger masih eksis, dari mana blogger.com mendapatkan pendanaan? Sebenarnya blogger.com merupakan produk google yang juga terintegrasi ke data Gmail setiap akun.

Sehingga kapasitas tampungan pengguna gratisnya hanya 15GB sesuai dengan kapasitas yang masih tersedia dalam email pemilik akun. Kemudian blogger.com juga menerima bagi hasil dari para blogger yang memonetisasi konten mereka dengan adsense. Sistem bagi hasil hanya terjadi jika pengguna mendaftarkan situs ke adsense menggunakan subdomain blogspot.com


Kumpulan cara menghasilan uang dari blog simak dibwah
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog, kebanyakan sudah pernah diposting oleh para blogger lama. Tapi kali ini saya akan mencoba memberikan tips terbaru besera semua tips sebelumnya tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Mulai dari cara paling instan dan cara yang tersulit sekalipun.

Sebelum melanjutkan ke tahapan mencari uang melalui blog, pastikan kamu sudah mempunyai traffik yang stabil. Blog yang bagus, bukan blog yang dibuat hanya untuk kejar penghasilan. Blog seperti itu pasti kualitas artikelnya lebih jelek, bahaya boss kamu nggak akan kuat. Silakan simak beberapa tips dibawah ini:


Memonetisasi Blog dengan iklan adsense

Ada beberapa cara membuat blog legit yang bisa menghasilkan ratusan ribu uang dalam sehari, tapi pastikan konten dalam blog tersebut bisa menyesuaikan dengan iklan yang akan kamu gunakan. Teknik mencari uang lewat periklanan merupakan cara yang sudah dikenal banyak orang sejak lama.

Jika ingin memonetisasi blog dengan adsense niche blog haruslah berjenis inspiratif, tutorial, ataupun pembahasan yang mengandung manfaat. Jika kamu hanya membahas artikel yang melanggar kebijakan adsense, maka akan sulit mendaftarkan blog ke google adsense.

Agar bisa diterima adsense buatlah konten artikel yang unik dan bermanfaat, bukan plagiat, bukan juga konten yang melanggar hak cipta. Saya tidak akan menjelasakan lebih banyak mengenai cara mendapatkan adsense blog, tapi kamu bisa membacanya di label seputar adsense.


Memonetisasi blog dengan iklan Mgid

Selain Adsense ada juga situs penyedia jasa periklanan yang legit. Yaitu Mgid, situs mgid menyediakan iklan native seputar obat-obatan, artikel produk, tranding, dan iklan dewasa. Oleh karena itu iklan mgid tidak cocok untuk blog tutorial, otomtif, atau topik yang berbeda jauh lainya.

Cocoknya iklan digunakan pada blog gosip, saya juga menggunakan mgid di blog viral yang satunya ini-keren1.blogspot.com.

Menggukan iklan dari mgid haruslah mempunyai traffik yang tinggi agar bisa memperoleh penghasilan setiap harinya. Tanpa traffik yang tinggi kamu hanya membuang-buang waktu saja, saya juga begitu. Waktu pertamakali mencoba jaringan periklanan dari situs mgid.com dengan traffik rata-rata 500/hari pendapatan saya 0$ alias nihil. Tapi sekarang sudah lebih mendingan dibandingkan beberapa bulan lalu, dari sejak dipasang kembali iklan mgid pada bulan 2 tahun 2020 saya sudah berhasil mengumpulkan saldo sebesar 7.85$


Monetisasi blog dengan affiliate / Referal

Affiliate marketing adalah strategi terbaik dalam memasarkan suatu produk, banyak yang menyukainya karena pemilik produk tidak harus mengeluarkan biaya iklan sedikitpun. Sistemnya gini, jika kamu mempromosikan suatu produk melalui link affiliate kamu maka kamu akan mendapatkan imbalan berupa komisi yang sudah ditetapkan.

Penghasilan dari affiliater bukan hanya uang saja, tapi bisa juga dalam bentuk produk, kupon, bonus, reward, ataupun pulsa. Sebagai contoh, kamu bisa membuat artikel yang membahas aplikasi MyIM3 dan pada pembahasan tersebut kamu meletakan link affiliasi kamu. Ketika ada orang yang mengunduh aplikasinya lewat link undangan yang kamu berikan maka kamu akan mendapatkan reward berupa kuota internet 750MB. Semakin banyak yang unduh semakin banyak kuota yang akan kamu dapatkan.

Masih banyak situs affiliate yang bisa kamu coba, ada juga sfile.mobi tempat berbagi file gratis dan jika ada orang yang mengunduh file lewat tautan unduhan kamu maka kamu akan mendapatkan komisi sebesar Rp 90,-/sekali unduhan.

Hal terpenting dalam membuat blog affiliasi adalah kalimat ajakan yang kita gunakan, semakin menarik kalimatnya maka semakin banyak orang yang akan melakukan pembelian. Misalnya contoh ketika saya membahas artikel seputar cara memasak tempe goreng pasti saya kasih link tempat jualan tempe goreng di shopee. Orang tersebut kemungkinan akan melakukan pembelian karena ia sedang membutuhkan bahan.


Membuat Blog khusus untuk SEO Backlink

Tidak perlu saya jelaskan lagi, karena semuanya sudah paham tentang seo. Search engine Optimization adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan banyak visitor serta membuat blog menjadi bernilai dimata semua mesin telusur. Tidak mudah untuk menjadikan blog sebagai gudang backlink, kamu harus bisa menaikan angka Alexa Rank, Domain Authority, Page Authority, serta membuat artikel yang berkualitas.

Blog yang sudah ter-optimasi seo secara khusus pasti bakalan menarik perhatian banyak orang ingin memasang backlink di situs kamu. Teknik berjualan baclink ini sudah dilakukan oleh mastimon.com, lihat saja blognya setiap kali ada artikel terbit pasti ada sebuah link yang mengarah ke situs orang lain.

Harga backlink menyesuaikan kualitas blog yang kamu punya, semakin bagus kualitas blog yang kamu punya maka harga backlink yang bisa kita sesuaikan harganya. Mastimon saja dengan alexa rank 500rb-an dan Domain Authority 22 menjual backlink dengan harga Rp 250rb. Bayangkan kalau dalam sehari ada 5 orang yang membeli, berapa hasilnya?


Menjual Produk Unggulan di Blog (Product marketing)

Cara lain adalah dengan cara menjual produk unggulan melalui blog, kamu bisa menjual apa saja. Tapi dalam dunia bisnis jangan pernah menjual produk yang tidak dibutuhkan banyak orang, produk yang akan dijual juga harus dipilih-pilih. Bila sudah banyak yang menjual produk jangan pernah ikut-ikutan berjualan, karena semuanya akan gagal.

Menjual produk buatan sendiri jauh lebih bagus, blog mas sugeng.id menjual template hasil karyanya sendiri. Blog candrabi.com menjual jasa seo yang dia punya (template mediumis) atau pemasangan tools seo untuk blog wp.

Produk yang bisa cepat laku adalah produk virtual, kamu bisa menjual artikel artikel harganya mahal kak. Artikel bahasa indonesia 300 kata dihargai Rp 5000,-, tapi yang paling penting yaitu artikel yang kita jual haruslah meyakinkan orang dan berkualitas. Bisnis ini jangka panjang, bila ada yang tidak puas dengan produk yang kamu jual maka bisnismu gagal.

Penting! Gunakan strategi konten dengan memprioritaskan kepuasan pelanggan, blog yang menggali penghasilan lewat produk bukan hanya kontenya saja yang harus bagus. Tapi juga dalam sisi kualitas produk yang akan dijual, produk virtual lebih banyak dijual dan lebih cepat laku dibandingkan produk fisik.

Kepuasan pembeli adalah prioritas utama bagi setiap pelaku bisnis, apabila pembeli puas sudah pasti dia akan kembali membeli dan kemungkinan akan menjadi langgann tetap. Pembeli yang puas juga akan merekomendasikan produk yang kamu jual ke teman mereka, bagi kamu yang pandai dalam mengenbangkan content creative wajib dicoba nih.


Menjual jasa secara virtual

Siapa bilang jasa tidak bisa dijual secara virtual, jika kamu mempunyai bakat khusus maka kamu bisa menjual jasa melalui blog. Blog bisa digunakan sebagai media untuk mempromosikan jasa apa saja yang kamu jual, dalam blog juga bisa menyertakan testimoni dan contoh jasa yang kamu buat.

Misalnya jasa redesainer website, jasa pembuatan logo (mahal banget), jasa foto editing, jasa buat artikel, dan masih banyak lagi. Menjual jasa secara virtual juga dilakukan oleh situs web belajar terbesar yaitu skillacademy, mereka merupakan perusahaan yang menyediakan jasa kursus secara online (daring).

Apabila kamu mempunyai bakat dalam bidang tertentu, maka kamu juga bisa menjual jasa tersebut kepada orang lain yang membutuhkan. Jangan remehkan jasa, blogger sekelas mastimon saja masih membutuhkan jasa penulis (mastimon mempekerjakan saudaranya). Banyak yang bilang kalau menjual jasa itu sama dengan freelance, nyatanya beda.

Kalau freelance kita harus mengunjungi situs freelancer, tapi kalau menjual jasa secara mandiri artinya kita bisa mendapatkan penghasilan secara langsung tanpa ada pihak lain yang terlibat selain pembeli.

Demikianlah panduan dan cara menghasilkan uang melalui blog yang bisa kamu coba sendiri dengan mudah. Kembangkan idemu menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan, coba sekarang jangan nanti. Sudah banyak yang bergabung dan mendapatkan uang saku tambahan hanya dengan menjadi konten kreator kreatif.