-->

Syarat Apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan uang dari Adsense

Pesyaratan mendaftar google adsense

Adsense adalah situs layanan penyedia jasa iklan, dimana kita bisa menayangkan iklan google adsense di blog maupun video kita sehingga bisa memperoleh penghasilan secara nyata. Bermain google adsense ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan, proses yang begitu rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kalau masalah gagal, ditolak, diban itu sudah biasa saya juga pernah gagal saat memulai ikutan mengincar google adsense ini. Semua orang pasti punya pengalaman yang sama, mengingat google sangat serius dalam menerima pengguna baru.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mendapatkan uang dari adsense?
Sebelum terjun ke dunia konten kamu harus mempunyai kemampuan terlebih dahulu. Kalau mau lewat blog setidaknya kamu bisa menulis, membuat artikel, lebih baik lagi kalau menguasai pemrograman HTML, JavaScript, Css. Karena pada blogging kita akan sering sekali menjumpai kode-kode tersebut. Jika teman-teman tidak memahami kode itu masih bisa saja ngeblog, tetapi suatu saat kamu akan kesulitan ketika menemui masalah dengan desain, membuat tabel HTML, dan memberi warna teks dll walaupun blogging sudah cukup mudah sekarang ini (tinggal ngetik).

Kamu bisa memilih platform Wordpress maupun blogger sebagai media blogging kamu. Worpress memang sedikit mahal, karena kamu harus menggunakan hosting dan domain sendiri agar bisa didaftarkan ke google adsense. Berbeda dengan blogger yang sudah langsung bisa dikaitkan ke akun google adsense ketika blog sudah cukup umur.

Bukan hanya sekdar menulis saja, tapi ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Apa saja persyaratanya sudah pernah saya tulis di blog ini silakan scroll ke bawah dan lihat artikel terkait, kamu akan menemukan jawabanya.

Satu hal lagi yang sangat penting dalam dunia blogging, yaitu Traffik atau pengunjung. Tanpa pengunjung kamu tidak akan mendapatkan uang, pengunjung tidak bisa dicari tapi akan datang sendiri dari promosi/share dan penambahan blog kamu ke mesin pencarian. Disinilah kesulitan para blogger pemula, pengunjung tidak bisa dicari bahkan sangat sulit.

Selain Blog kamu juga bisa mendapatkan nya melalui video. Tapi kamu juga harus mempunyai kemampuan dalam membuat dan mengedit video, bukan hanya sekedar merekamnya saja. Nanti video kamu itu di upload ke youtube, nah akan ada persyaratan lagi yang wajib kamu penuhi sebelum bisa menautkan youtube dengan akun google adsense. Kamu harus bisa menghindari pelanggaran konten, hak cipta, re-upload, serta mendapatkan 4000 jam waktu tonton dan minimal 1000 subcriber dalam satu tahun terakhir. Banyak orang yang gagal dalam hal ini karena mereka secara tidak sadar membuat video yang berisi pelanggaran. Tidak hanya itu kualitas dan seberapa menarik videomu juga bisa berpengaruh terhadap channelmu.

Ada orang yang hanya upload satu video saja bisa mendapatkan 1000 subcriber, bahkan 4 juta kali ditonton. Gimana menurutmu keren gak? Jumlah penayangan juga mempengaruhi pendapatan kamu dari youtube, makanya gak heran kalau youtuber jaman sekarang ini rela melakukan apapun demi uang. Prank Gojek, yang ditonton jutahan orang itu mungkin bisa menghasilkan 25 juta lebih bagi pemilik vidoenya.

Pendapatan dari google adsense dihitung berdasarkan per-klik (cos per click), pertayang (impression), dan sesuai dengan harga iklan tersebut. Ada iklan yang harganya mahal ada juga iklan yang harganya murah.

Google menggunakan teknologi canggih dan cookie untuk mempersonalisasi iklan. Iklan yang ditayangkan pada artikel maupun video youtube mu itu sesuai dengan apa yang diinginkan pengunjung atau bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan isi kontenmu. Misalnya dalam video prank gojek, mungkin yang muncul iklan gojek si cerdikiawan 😂😂😂. Pokonya google sudah canggih deh, bisa memasang iklan dengan sempurna.

Kamu juga bisa mengatur pendapatan dengan memfilter iklan serta membuat konten yang sekiranya bisa mendatangkan iklan dengan bayaran termahal. Iklan termahal bisa muncul pada konten investasi, startup, keuangan, dll bahkan yang lebih mahal lagi konten dalam bahasa inggris.

Sekarang kamu tidak perlu mempunyai pengalaman buruk lagi, atau kita kenal dengan istilahnya salah (kesalahan). Karena sudah banyak yang membagikan pengalaman mereka seputar google adsense. Termasuk blog ini, silakan bookmark jika kamu ingin membaca-baca lebih dalam seputar google adsense. Dan Seperti biasa, diakhir postingan ini saya izin pamit dulu yah. Sampai jumpa di artikel berikutnya.