-->

Kenapa blog anda selalu terkena AGC padahal feed sudah singkat?

Penyebab Blog terkena AGC

Blog kak ryan - kali ini saya akan bercerita bagaimana sebuah blog bisa diserang oleh AGC padahal kita sudah menyingkat umpan balik Atau RRS blog pada blogger. Nah sejauh pengamatan saya, blogger.com mempunyai fitur kelemahan dalam segi keamanan.

Sistem kerja dari blogger.com kebanyakan memanfaatkan API, kalau temen-temen belum tahu apa itu API akan saya saya jelaskan sedikit. API adalah sistem yang digunakan untuk saling bertukar data antar server diinternet. Biasanya data yang dikirim dalam bentuk dokumen xml mupun json.

Hampir semua fitur witget blogger menggunakan API. Misalnya kolom komentar, salah satu alasan yang menyebabkan loading blog menjadi lambat adalah form komen yang paling banyak sekali menggunakan API dan javascript sebagai pemroses datanya.

Selain itu ada juga navbar bawaan, witget follower, dan juga witget artikel terbaru semua data yang dimuat dalam wiget tersebut diambil menggunakan API dan diproses oleh javascript.

Fitur ini mempunyai keamanan yang rendah, jika ada orang lain yang bisa mengakses data kita maka semuanya bisa dicuri. Misalkan mengakses feed blog, hampir semua orang bisa mengakses feed blog kita ketika kita menggunakan platform blogger.com kecuali jika pengguna menonaktifkan feed blog tersebut.

Jika temen-temen belum paham saya akan membuat aplikasi kecil-kecilan yang bisa menampilkam berapa banyak total artikel blog seseorang. Jika berhasil artinya feed blog tersebut sangat rentan diserang AGC, itu karena feed umpan balik Blogger bersifat terbuka dan bisa diakses oleh siapapun. Silakan lihat aplikasinya dibawah:

Sederhana sih hanya halaman daftar artikel saja, tapi mari kita belajar dari daftar artikel diatas. Dengan program PHP sudah bisa mengesplor atau mengambil artikel dari setiap URL diatas walaupun tidak melalui umpan balik, melainkan langsung dari URLnya.

Begitulah cara kerja blog agc yang semakin hari semakin mengalami perubahan, semakin canggih. Lalu bagaimana cara mengamankan blog kita dari serangan agc? Jawab tidak ada cara lain, kecuali agan mau menonaktifkan umpan balik. Resikonya tidak akan ada artikel terkait, tidak ada sitemap, artikel jarang ter-index google.

Blog agc biasanya hanya mengambil 10% dari total keseluruhan artikel sobat. Jika sobat punya 1000 artikel, artinya hanya 100 dari artikel terbaru saja yang akan kena AGC. Semakin banyak artikel akan semakin panjang feed umpan baliknya jika diakeses secara penuh.

Seperti contoh diatas saya mengambil feed dari blog duarupa.blogspot.com yang ternyata artikelnya hanya berjumlah 83 artikel saja. Kalau di AGC bisa habis semua itu artikel. Disinilah saya mengajak temen-temen belajar bagaiamana cara kerjanya blog AGC walaupun feed umpan balik blog kita sudah singkat.

Saya termasuk salah satu korban AGC, sudah dua kali blog ini terkena AGC. Jika itu tidak merugikan saya, tidak menurunkan popularitas di search engine saya tidak akan melakukan apapun. Tapi karena justru merusak reputasi dan merugikan maka saya membencinya.

Dimanapun ada blog yang meng-AGC artikel saya, akan saya jatuhkan sampai dia benar-benar hilang dari pencarian. Pembahasan tentang mengatasi artikel terkena AGC sudah saya bagikan beberapa minggu lalu.


Sekarang bagaimana? Dibalik mudah dan murahnya membuat blog di blogger.com ternyata dalam segi keamanan masih kurang. Memang sih feed blog itu harus terbuka, karena feed sanga dibutuhkan untuk sitemap dan beberapa fitur newsletter blog.

Tapi karena adanya persaingan tidak sehat diantara blogger, semua itu jadi berbahaya. Kalau di Youtube sangat mudah sekali melindungi konten sendiri, tapi untuk di blog dibutuhkan waktu berbulan bulan agar masalah sengketa hak cipta bisa diselesaikan.

Baca juga Tips mengamankan Blog kita dari serangan AGC (Auto Generated Content)

TakeDowns Cara melaporkan Blog AGC ke googke DMCA (100% berhasil)

Knowledge Mengenal Dua jenis blog AGC dan cara mengatasi blog terkena AGC