-->

Cara memperbaiki aki kering (soak) dengan mudah

Aki merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan baik motor maupun mobil, tanpa aki mobil tidak bisa hidup, aku juga merupakan sumber kelistrikan utama dalam kendaraan.

Lalu bagaimana jika aku kendaraan anda soak, pasti semua kelistrikannya akan terganggu. Mulai dari sulit start mesin, dan bahkan semua kelistrikan dalam kendaran menjadi tidak stabil.

Dalam dunia otomotif aki mempunyai dua jenis yaitu aki kering dan aki basah, tapi kebanyakan pada kendaraan menggunakan aki basah. Dibawah ini saya berikan tips bagaimana cara memperbaiki aki yang soak.

Kerusakan yang terjadi pada aki kering biasanya ada pada umur aki itu sendiri. Pada dasarnya aki memiliki cairan larutan elektrolit yang umumnya menggunakan larutan H2SO4 atau larutan antara air dan ion sulfat seperti Accu Zuur, berbeda lagi dengan aki kering kalau aki kering larutan cairanya mengunakan gel bukan cairan. Berikut ini tahap perbaikan aki yang soak:

  • Lepaskan semua termnal aki pada kendaraan menggunakan obeng minus atau kunci, dan angkat keluar aki dari kendaraan.
  • Bersihkan terminal aki dengan amplas hingga bersih, bersihkan juga bagian body aki agar lebih mudah perbaikan.
  • Buka seal karet penutup pada aki dengan obeng min, usahakan dengan hati-hati jaga agar karet tersebut tidak rusak sehingga bisa digunakan kembali.
  • Bersihkan semua kotoran yang ada dalam aki kering, anda bisa menggunakan air hangat untuk menbilas nya. Hati-hati jangan sampai terkena kulit.
  • Pastikan anda sudah membersihkanya dengan baik, kuras lagi sampai bersih. Setelah proses pengurasan isi aki kering anda dengan Accu Zuur sesuai takaran pastikan semua sel pada aki terendam.
  • Tutup kembali steal (penutup karet) yang anda lepaskan tadi, pastikan tidak ada kebocoran saat menutup gunakan lem karet sebagai isolasi pengaman.
  • Langkah terakhir lakuka pengecekan tegangan pada aki tersebut, pastikan tegangan normalnya antara 13-14.5 volt jika kurang anda bisa mengisi ulang aki dengan adaptor aki.
  • Pasang kembali aki pada kendaraan, sebelum memasang dengan baik sebaiknya test terlebih dahulu performa aki dengan menghidupkan mesin. Jika dinilai sudah normal presisikan kembali ke semula.


Sebelum melakukan kegiatan perbaikan kamu wajib memahami ciri-ciri aki yang masih bisa diperbaiki atau tidak. Tujuanya agar pekerjaan kita tidak sia-sia, untuk menentukan jenis aki yang masih bisa diperbaiki dan aki yang memang sudah soak simak beberapa kriteria dibawah.

1. Aki yang sudah rusak voltasenya menurun, hal ini disebabkan karena ada salah satu sel yang menglami kerusakan.
2. Kemudian ketika dicharger aki lebih cepat penuh dan memanas.
3. Ketika digunakan aki hanya bertahan beberapa saat saja, daya aki lebih lemah. Walaupun voltase tinggi tapi sudah tidak sanggup lagi memgangkat beban daya.
4. Tidak bisa diisi ulang, aki sudah tidak mampu lagi menyimpan energi listrik.
5. Cairan elektrolit dalam aki sudah berubah menjadi air.

Demikianlah cara mudah memperbaiki aki kendaraan sendiri, jika dirasa akinya sudah tidak bisa diperbaiki lagi lebih baik anda membeli yang baru. Karena sell yang ada pada aki soak sudah berkurang kinerjanya.