-->

Cara mengikuti webinar skillacadmy terbaru

Mengikuti webinar skillacademy

Blog kak Ryan - Lembaga pelatihan prakerja skill academy memang sangat cepat tanggap dalam berbagai hal, salah satunya webinar. Beberapa hari yang lalu banyak lembaga pelatihan yang belum siap menjual kelasnya karena belum bisa mempersiapkan webinar yang sudah diwajibkan oleh pemerintah.

Pada skill academy siap hanya dalam 2 hari saja, webinar perdana sudah bisa dilakukan. Dalam masa awal webinar memang jadwalnya hanya terbatas, dan juga topiknya digabung. Ada sebagian pengguna yang merasa kecewa karena tidak kebagian room, memang sih webinarnya dilakukan secara rebutan siapa yang lebih cepat terhubung dialah pemenangnya.

Skillacademy sangat cepat tanggap terhadap suatu kondisi, sehingga dalam 2 hari saja sistem webinar sudah berubah. Dari yang sebelumnya rebutan sekarang sudah ada jadwal dan fitur pengatur reservasi, kemudian webinar dilakukan bukan hanya satu kali tapi berkali-kali secara paralel sehingga kamu bisa memilih sendiri jadwal yang sesuai dengan waktumu.

Keunggulan lainya yang dimiliki skill academy, dia menyediakan topik webinar yang lebih beragam yang berbeda dari sebelumnya campur-campur, sehingga kamu bisa ikutan webinar dengan topik yang tepat sesuai dengan materi kelas yang kamu ambil.

Jangan takut mengikuti webinar pada skillacademy, webinar dilakukan secara vurtual tidak bertatap muka. Hanya hostnya saja yang membagikan video wajah mereka, kamu bisa melihat presentasi mentor secara live (langsung). Dalam webinar juga ada kegiatan interaktif berupa pertanyaan-pertanyaan (Q&A) serta kuis.

Bila kamu mengikuti webinar skill academy dengan saksama, dan penuh dengan rasa penasaran insya Allah ilmunya dapet. Aku sejak pertamakali mencoba webinar, sewaktu jadwal masih belum terkontrol sudah pernah 5x ikutan. Kenapa bisa? Soalnya ketagihan, emang seru banget menyimak para host / mentor yang menjelaskan masalah tentang kelas kursus.

Saya mendapatkan pengalaman baru dari webinar tersebut, materi yang disampaikan lewat webinar memang benar bikin saya ter-inspirasi. Saya sudah ikut webinar sukses memulai berkarir (101 carrer startted kit), Cara sukses berkarir dibidang enterpreneur, 101 Cara membuat website eksis di halaman depan googel (SEO Markating), Menjadi Youtuber Profesional bersama gita savitri, dan masih banyak lagi. Ikutan webinar rasanya kita seperti ketemu artis idola, wuhhh senengnya.

Berhubungan dengan tahapan webinar skill academy sudah diubah, cara ikutan juga berubah. Buat kamu yang tidak mengikuti kelas tidak akan bisa lagi bergabung ke ruang metting, adapun cara mengikuti webinar di skill academy sebagai berikut.

Cara mengikuti webinar skillacademy:

Buat pengguna HP unduh aplikasi zoom di playstore atau pc lewat web zoom.us, Daftar menggunakan email yang sama dengan email yang kamu gunakan pada skill academy. jangan klik logi dengan google, nanti nama akun zoom akan sama sama akun Google. Jika nama akun google kamu beda dengan nama skillacademy maka bisa mempengruhi proses absensi.
  1. Pertama pastikan kamu sudah menyelesaikan kursus hingga progress minmal 65% agar daftar webinar bisa diakses.
  2. Tab navigasikan ke laman webinar, ada di kursus ada juga di menu kelas.
  3. Klik pilih jadwal yang tersedia, jika progress kelas sudah 65% keatas maka jadwal webinar akan terlihat. Klik salah satu jadwal yang sesuai dengan waktu kamu.
  4. Masukan Nama lengkap zoom kamu, beserta email ya. Kalau sudah klik daftar.
  5. Jadwalkan alarm 15 menit lebih awal sebelum webinar dimulai, karena akan ada masa pendaftaran baru. Tombol mulai webinar akan bisa diakses 15 menit sebelum waktu mulai webinar dilaksanakan.
  6. Apabila sudah waktunya (alarm berbunyi), buka kembali aplikasi skillacademy kamu. Klik lanjutkan kelas, tap pada webinar nah disini kamu klik tombol mulai webinar. Tapi saya sarankan agar bergabung di webinar lewat email tepat pada jam yang ditentukan.
  7. Kamu juga menerima pesan undangan masuk zoom metting, cek kotak masuk email yang kamu gunakan. Kalau udah ada pada email tersebut ada sebuah link yang bisa digunakan untuk masuk ke app zomm metting alternatif dari men-klik mulai pada aplikasi..

Mengatasi masalah seputar webinar

Dalam melakukan langkah pendaftaran webinar terkadang ada juga sejumlah masalah yang sering ditemui. Trouble tersebut muncul karena ketidak tahuan pengguna, tapi masih bisa diatasi dengan beberapa trik. Dalam artikel kali ini saya akan membagikan trik yang saya gunakan dalam menyelesaikan beberapa kendala terkait webinar skill academy.

1. Tidak menerima email masuk
Bila kamu tidak menerima email masuk, coba periksa kotak masuk spam biasanya email tersebut tersaring oleh filter spam gmail. Cek saja jika ada kamu bisa langsung klik linknya untuk masuk ke sesi webinar di zoom.

Namun apabila tidak ada sama sekali lanjutkan trik kedua, aplikasi skillacademy klik mulai webinar. Tombol tersebut akan berfungsi 15 menit sesaat sebelum webinar dan selama webinar berlangsung, apabila webinar telah berakhir maka tombol akan hilang atau berubah menjadi dalam review.

2. Gak bisa bergabung karena sesi penuh 5000 partisipan
Masih ada harapan bisa gabung ke sesi metting yang sudah penuh. Tapi harus ada kesabaran karena caranya nggak gampang, caranya kamu cukup mengklik ulang URL meeting yang dikirim ke email-mu berkali-kali sampai masuk ke room zoom. Kalau hoki biasanya cuma beberapa klik aja, tapi biasanya lama.

Cara ini kita memanfaatkan partisipan yang keluar, biasanya sih ada yang koneksinya kurang stabil lalu keluar dari webinar. Atau mungkin baterai lobat, sudah bosen pasti ada kamu harus mengkoneksi setiap saat.

3. Koneksi internet jelek, Terputus saat webinar
Tenang saja kamu tetap akan di absen apabila sudah mengikuti webinar setidaknya selama 5 menit, tapi bila kamu ingin bergabung kembali cukup klik tautan yang ada pada email sebelumnya. Apabila penuh gunakan langkah yang aku ajarkan diatas.

4. Layar Hitam saat webinar
Layar hitam bisa jadi karena host tidak membagikan video apapun dilayar atau koneksi host sedang bermasalah. Tetap berada dalam room konferensi jangan sampai keluar, apabila video nya lag atau macet-macet cobalah membuka diskusi lewat menu chat. Tapi kalau menu chat dimatikan kamu bisa mengkonfirmasikan ke host lewat menu Q&A secara interaktif.

Webinar dilakukan secara interaktif sehingga kamu bisa open diskusi saling tanya jawab dengan partisipan lainya via menu chat. Atau mengajukan pertanyaan ke host / mentor lewat fitur Q&A, disana kamu juga bisa melihat pertanyaan yang diberikan partisipan, dan men-likenya jika punya pertanyan yang sama.

5. Lupa memulai atau ketinggalan jadwal Webinar.
Jika kamu ketinggalan jadwal maka kamu harus menunggu 24 jam sampai proses pengecekan absensi berakhir. Apabila nama kamu tidak tercatat dalam absen kehadiran di zoom metting maka halaman webinar akan terus menunjukan jadwal yang tersedia, kamu bisa ikutan jadwal selanjutnya. Tapi jika jadwal webinar sudah tidak tersedia, berati kamu sudah masuk dalam absensi webinar dan tidak perlu mengikutinya lagi.


Untuk saat ini hanya trik itu saja yang bisa saya bagikan, belum pernah menemukan masalah lain. Dan selama webinar juga bisa berjalan dengan stabil pada kecepatan internet 65kb/s tanpa keluar. Webinar dilakukan salama 120 menit (2jam), saya habis kuota 400MB - 780 MB hanya untuk menonton video webinar 480px dalam waktu 2 jam dengan lancar.