-->

Mengganti nama sertifikat skillacademy yang tidak sesuai

Mengganti nama sertifikat skillacademy

Blog kak Ryan - Berdasarkan pantauan kak ryan dibeberapa grup facebook banyk teman-teman yang mengeluhkan nama sertifikat tidak sama dengan nama kartu prakerja. Hal ini dipengaruhi karena mereka saat mendaftar akun skillacademy tidak melalui proses pendaftaran manual, tapi langsung meng-klik login via google. Akibatnya nama akun skill academy akan sama dengan nama di akun google.

Banyak yang tidak menyadarinya sehingga nama yang tercantum pada akun menjadi nama sertifikat, padahal ada banyak waktu untuk melengkapi data diri akun SA. Namun sudah tidak bisa lagi mengganti nama lewat dashboard akun, perubahan data hanya bisa dilakukan lewat formulir permohonan ubah data Skill Academy.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana caranya mengubah nama yang ada pada sertifikat SA, namun prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 7x24 jam di hari kerja. Apabila antrian tidak panjang kemungkinan bisa selesai dalam waktu 3 hari saja.


Tahapan mengubah nama sertifikat SA

  1. Pertama silakan kamu sunting profile akun di aplikasi SkilAcademy. Perbaiki kesalahan pengisian nama dengan nama baru.
  2. Kedua buka halaman formulir permintaan perubahan data skillAcademi.
  3. Isi semua data yang dibutuhkan nama lengkap, email skillacademy, invoice kelas dari bukalapak/tokopedia, dan nomor whatapps yang aktif kamu.
  4. Kirim datanya dan tunggu beberapa hari kedepan, nanti kalau sudah selesai kamu akan diinformasikan via email & whatapps.

Lama atau tidaknya proses perbaikan nama pada sertifikat tergantung antrian, bila antrian panjang kemungkinan akan lebih lambat. Tapi bila antrian sepi maka bisa lebih cepat, yang penting kamu harus bersabar menunggu proses pergantian nama.

Perlu kamu ketahui kalau sertifikat di SA dibuat secara otomatis oleh program, jadi tidak ada orang lain yang menyentuh ataupun melihat sertifikat kamu di pelatihan SA. Sertifikat tersebut hanyalah cetakan gambar biasa tanpa nama, lalu kemudian sistem akan menulis ke gambar tersebut berdasarkan nama pada akun skill academy dan kelas yang kamu ikuti. Cara kerjanya sekilas mirip dengan bot menulis telegram yang bisa menuliskan teks ketikan ke dalam gambar buku tulis.

Apa yang terjadi bila nama sertifikat berbeda dengan nama di prakerja?
Nama sertifikat harus sama dengan nama di akun prakerja, jika terdapat perbedaan nama maka kemungkinan akan mempengaruhi pencairan insentif. Selagi kamu belum mendapatkan sertifikat penyelesaian kamu punya banyak waktu untuk mengubahnya, tapi bila progress kelas sudah 100% dan sudah mendapatkan 2 sertifikat maka proses nya akan lebih lama lagi.

Pihak SkillAcademy mengirimkan data hasil belajar ke mitra prakerja setiap hari, bisa jadi data kamu sudah terkirim duluan sebelum kamu sempat mengubahnya. Agar tidak terjadi lagi saya sarankan ketika ingin mendaftar akun gunakan email asli bukan email samaran apalagi email bisnis.

Saya juga punya alamat email pribadi, namanya nama saya sendiri dan email tersebut saya gunakan untuk kebutuhan penting. Blog, Youtube, E-Wallet, Hosting, Adsense, Drive, Firebase, dan beberapa akun mitra lain yang khusus penggunaan pribadi terkait dengan akun saya. Nama-nya juga sama, nama lengkap saya.

Gambar thumbnail diatas adalah salah contoh akun bisnis, namanya aneh mirip situs biru yang biasanya digunakan anak muda untuk meraup receh dari konten sensitif. Jika punya email pribadi kenapa harus menggunakan email bisnis, bedakan akun bisnis dan akun pribadi agar kamu bisa mengontrolnya dengan mudah.


Manfaat Sertifikat yang didapatkan dari Skill Academy

Sertifikat mudah didapatkan oleh siapa saja, skill academy adalah lembaga pelatihan yang bisa dijadikan penambah skill dalam bidang karir. Yang paling penting bukan masalah sertifikatnya, tapi ilmu yang kita dapatkan dari hasil belajar di lembaga tersebut.

Adapun sertifikat yang didapatkan adalah sebagai hadiah dari keberhasilan menyelesaikan kelas yang sudah dibeli di skill academy. Dalam program kartu prakerja, sertifikat dibutuhkan untuk tujuan evaluasi dan identifikasi bahwa peserta tersebut sudah menyelesaikan pelatihanya.

Sertifikat lembaga pelatihan juga termasuk salah satu syarat agar bisa mencairkan uang bantuan insentif prakerja. Ada dua sertifikat yang akan kamu dapatkan, pertama sertifikat ecxcellent yang merupakan sertifikat hadiah karena sudah menyelesaika ujian. Kemudian ada sertifikat completing atau sertifikat penyelesaian sebagai bukti bahwa kamu sudah mengikuti semua program pelatihan yang ada pada kursus tersebut. Saya juga punya sertifikat kursusnya mau lihat koleksi punyaku? Silakan lihat di album ini.

Update Kamis 21/01/2020
Karena bentuk pelatihan nya tidak tetap maka link permintaan pengubahan data sudah ditarik dan dihapus kembali oleh pihak skill academy. Kamu bisa menghubungi costumer service agar bisa meminta perubahan data.