-->

Sertifikat gelombang 4 tidak muncul di dashboard

Sertifikat kartu prakerja gelombang 4 tidak muncul di dashboard prakerja

Hai, namaku Ryan jauhari dan aku mengikuti program kartu prakerja sejak pertamakali pendaftaran akun dibuka beberapa bulan lalu. Sebelumnya saya punya kendala dalam melengkapi akun sekaigus memperhitungkan matang-matang buat mendaftar prakerja.

Pertimbangan tersebut membuat saya tertunda mendaftar gelombang 1, bahkan akun saja belum lengkap. Setelah saya yakin dan mendapatkan banyak informasi akhirnya saya melengkapi akun dan bergabung dengan pendaftaran gelombamg ke 4, sebelumnya saya sudah menunggu 2 bulan buat mendaftar namun pendaftaran tak kunjung dibuka.

Pada bulan agustus 2020 saya masuk gelombang ke 4, saya mendaftar gelombang ke 4 pada tanggal 5 agustus sesuai dengan pembukaan pada saat itu. Diterima setelah masa evaluasi 3 hari, dan masa libur 3 hari kemudian ditambah dengan persiapan pelatihan kursus baru dengan metode webinar interakktif. Persiapan tersebut memakan waktu 3 hari, sehingga walaupun saldo sudah masuk saya mastih belum tetap bisa membeli pelatihan.

Saya beli pelatihan pertama di Skill Academy, untuk pelatihan pertama lumayan lancar. Tapi terhambat karena webinar yang masih saja menggunakan sistem rebutan, tentu saja saya telat selama 2 hari menyelesaikan kelas.

Oke fine semua, kedua saya membeli kelas lagi pada tanggal 31 agustus 2020. Penyelesaian pelatihan aku selesain pada hari itu juga, namun ada yang dijedah karena batas kuota sudah mencapai FUP.

Besok harinya saya lanjutin lagi, Alhamdulillah 100% selesai jam 1 siang saya ikut webinar. 24 jam setelah masa absen sertifikat sudah keluar serentak dua duanya, sertifikat ini keluar tanggal 1 september.

Saya sudah memberikan ratting pertamakali setelah 1-2 kursus dikerjakan, tapi dari sejak sertifikat didapat hingga saat ini sertifikat belum juga muncul di dashboard prakerja. Pasahal pihak skill academy sudah mengatakan pengiriman sertifikat dilakukan setiap hari.

Yang saya sayangkan dan permasalahkan adalah pelayananya, baik dari pihap prakerja, tokopedia, sama skillacademy membisu ketika dimintai keterangan. Untuk kursusnya sih bagus, namun payananya tidak bagus banyakan robot yang membalas pesan bahkan terkadang tidak pernah dibalas.

Saya sangat marah, buat apa menyediakan email / no whataaps costumer service kalau tidak bisa membantu? Langsung saya turunkan rating di playstore untuk ke-3 aplikasi tersebut. Saya menilai pelayananya tidak baik, sehingga saya berikan rating 1.

Skill Academy memang kelas paling bagus, kualitas kursusnya memang tidak diragukan lagi. Tapi sayangnya setelah bergabung dengan tokopedia layananya anjlok down banget, si costumer juga tidak membalas ketika ada keluhan / komplen

Saya sangat merekomendasikan skill academy karena mereka lebih cepat tanggap, adanya kemudahan dalam menggunakan layanan dibandingkan kursus lain yang masih menggunakan google form.

Kemudian skill academy tidak mempunyai batas waktu kelas yang sudah dibeli. Setiap kelas yang sudah dibeli akan bisa diakses kapan saja, berbeda dengan kelas lain yang diberi batas waktu 326 hari untuk mengakses kelas.

Aneh sekarang sudah 7 hari sejak sertifikat dikeluarkan namun belum juga masuk ke dashboard prakerja, dan kali ini mungkin saya harus menunggu lebih lama lagi. Padahal niat saya ingin membeli kursus kelas lagi mengingat saya masih punya kuota unlimited untuk 8 hari kedepan, karena sertifikat belum keluar sehingga saya belum bisa membeli kelas lagi.

Saat ini saldo prakerja tersedia Rp 660.000 lagi, sayang kalau dibuang saya inginya ilmu. Walaupun cuma basis dasar sih setidaknya itu hak saya, lumayan dikasih satu juta rupiah buat belajar gratis.

Kalau pakai uang pribadi sih, nggak banget. Saya mah lebih baik belajar di youtube gratis, apalagi ilmu yang diajarkan sudah merupakan basic atau ilmu dasar. Hanya saja penyususnan materinya jauh lebih lengkap dibandingkan konten youtube yang kita harus mencari sendiri topik yang diinginkan.

Saya mengikuti kelas " Cara jadi youtuber profesional bersama kak gita safitri", lalu kelas 101 membuat website eksis di halaman depan google, dan selanjutnya saya mau membeli kelas kak gifar. Kak gifar mengajarkan cara negosiasi dibidang sales sampai closing, aku tertarik dengan kelasnya karena waktu pertamakali webinar.

Yang dibahas bukanya topik Youtuber, melainkan tentang sales. Saya menyimaknya dengan penuh penasaran. Dan ternyata memang ilmu yang dia sampaikan benar-benar bermanfaat. Saya sempat merasakan pertambahan ilmu pengetahuan setelah menonton webinar interaktifnya melalui zoom.

Saat ini saya tertarik ingin membeli kelasnya, soalnya rencana saya ingin jadi konten kreator. Lalu digital marketing dan kemudian bisnis penjualan, tidak ada hal lain yang saya ketahui. Soalnya saya hanya menamatkan SMK tanpa pengalaman apapun, tidak ada pengalaman sosialisasi, tidak ada pengalaman bekerja, dan sempat nganggur sejak bulan september 2019.

Saya nganggur karena fikiran masih labil belum ada niatan ingin kerja di umur 19 tahun tersebut. Saya habiskan waktu sehari-hari hanya dengan bermain HP, buka google fb sosmed dan lainya.

Jarang keluar rumah, karena sudah 7 tahun saya tinggal ditempat yang sepi dan jauh dari keramaian teman saya, keluar hanya untuk belanja kepasar. Saya bertemu teman hanya pada masa sekolah saja, itulah yang membuat saya terbiasa sendiri. Jiwa sosialiasi saya mungkin sudah hilang, rasanya malu jika keluar rumah.

Teman saya berada jauh-jauh, mungkin +5-80km dari rumah saya. Ngaak mungkin saya bisa keluar main bareng, jangankan main ongkos sekolah saja saya jarang dikasih. Sekarang saya sudah 21 tahun dan bingung mencari kerja, hal itulah yang membuat saya mendaftarkan diri ke kartu prakerja.