-->

Cara beli kelas skillacademy di Tokopedia

Cara membeli kelas Langkah menjadi Youtuber Profesional bersama Gita Savitri

Selamat datang kembali di blog kak ryan, masih seputar prakerja nih. Apa temen-temen mencari kursus yang mudah dan cepat? Jika iya, skillacademy adalah solusinya. Kenapa skillacademy? Karena materi yang dibawakan disini adalah basis / mendasar sekali sehingga cocok bagi pemula yang ingin cepat-cepat mendapatkan insentif. Selain itu pelatihanya cukup mudah, pertama peserta akan diajak menjawab soal pre-exam yang bisa menilai sebatas mana kemampuan peserta dalam bidang tersebut. (Salah semua nggak apa-apa karena itu pre-exam).

Kemudian dilanjutkan dengan menonton video step by step, setiap kelas berbeda-beda. Ada yang hanya 6 video ada juga yang up hingga 25 video saran saya pilihlah kelas yang lebih sedikit video agar proses belajarnya jauh lebih mudah.

Skill dan Ilmu yang bisa kita ambil dari platform skillacademy yaitu pada webinarnya. Dalam sesi webinar sayang sekali kalau kita tinggalkan, para host / guest mentor benar-benar membagikan pengalaman serta edukasi yang mendalam seputar skill apa saja. Saya sangat ter-inspirasi ketika mengikuti webinar seputar "Negisiasi hingga closing" dan seputar "Memulai karir baru / carerr started kit". Dalam webinar yang sangat interaktif tersebut saya banyak mendapatkan motivasi serta ilmu based pengalaman yang baru. Karena nyaman dengan webinar sampai saya ikutan berkali-kali hehehe.

Okelah kita kembali ke Topik, berikut ini adalah panduan membeli kelas skillacademy dengan menggunakan saldo prakerja. Pastikan kamu sudah login dengan akun tokopedia yang sama dengan email akun di skillacademy.com. Bila belum punya akun skillacademy silakan daftar terlebih dahulu buka laman pendaftaran akun skillacademy. Daftar menggunakan email yang sama dengan akun prakerja, jangan klik login dengan google nanti nama sertifikatnya akan berbeda.


Tahapan membeli kelas di Tokopedia

  1. Pertama biar tidak ribet saya berikan link pembelian secara langsung. Silakan masuk ke link pembelian kursus kelas skillacademy.
  2. Cari kursus yang kamu inginkan, sebelum meng-klik tombol beli pastikan kamu membaca detailnya terlebih dahulu. Lihat deskripsi ada berapa banyak materi, video, dan exam disana. Bila pembelian ini merupakan kelas pertama kamu, saya sarankan memilih kursus yang lebih sedikit materi biar mudah menyelesaikanya. Setelah menemukan kelas yang cocok, klik beli kamu akan dibawa ke halaman pembayaran.
  3. Pilih metode pembayaran menggunakan kartu prakerja, masukan nomor kartu prakerja yang kamu punya. Klik bayar, nanti akan ada kode OTP yang dikirim ke nomor HP terdaftar dari prakerja. Bila belum menerima kode OTP sebaiknya tunggu setidaknya 3 menit, kalau belum terima juga klik kirim ulang kode.
  4. Masukan kode verifikasi OTPnya pada laman verifikasi pembayaran, klik bayar. Sekarang kamu sudah berhasil membeli voucher kelas skillacademy, untuk melihat voucher tersebut cek kontak masuk email yang terdaftar di tokopedia.
  5. Salin kode voucher yang diberikan oleh tokopedia, kemudian buka situs skillacademy.com bisa melalui aplikasi juga. Sebelum meredeem voucher, sebaiknya kamu login menggunakan akun kamu. Setwlah login masukan kode voucher di kotak yang sudah disediakan (pada halaman home). Daftar kelas akan muncul setelah reddeem voucher dilakukan.


Kenapa membeli kelas kursus SkillAcademy?

Skillacademy semuanya serba otomatis dan cepat sehingga cocok buat kamu yang menginginkan insentif cepat cair. Setelah kamu menyelesaikan semua kursus serta exam dan tugas yang diberikan hanya butuh 1-5 detik saja sertifikat sudah bisa keluar, sertifikat dibuat secara otomatis menggunakan program bukan manual.

Selain itu jadwal webinar yang lengkap, tahu nggak webinar merupakan kegiatan wajib diikuti oleh semua peserta kartu prakerja dan merupakan syarat agar bisa mendapatkan sertifikat penyelesaian. Skillacademy otomatis berbeda dengan kelas lain yang menyediakan webinar terbatas dan hanya diadakan dalam waktu beberapa minggu/hari di skillacademy kamu bisa mengikuti webinar kapan saja tergantung waktumu. Setiap hari ada lebih dari satu kali sesi webinar, sehingga proses mendapatkan sertifikat of completion bisa berjalan dengan cepat.

Peserta juga tidak perlu absen manual, cukup masuk saja ke webinar via link tautan zoom yang diberikan via email absen otomatis sudah tercatat (Pastikan kamu login di zoom menggunakan email yang terdaftar di skillacademy sebelum join meeting). Berbeda dengan kursus di platform lain yang harus mengisi absensi secara manual menggunakan google document form.


Rekomendasi kelas dengan skill & Ilmu terbaik

Ikut program prakerja kamu akan mendapatkan dana bantuan yang tidak bisa dicairkan, dana ini bisa digunakan untuk membeli kursus pelatihan. Gunakanlah uang ini sebaik-baiknya untuk menimbah ilmu, sayang kalau nggak dipake. Kebanyakan sih pada takut sama examnya, takut habis kuota nonton video. Saya tekankan lagi kalau mau pinter ya wajib usaha, sekarang udah ada paket telkomsel promo Rp 10,-/30GB 1 bulan bisa akses situs belajar & Zoom sepuasnya. Berikut ini rekomendasi kelas skillacademy paling bagus dan paling enak menurut saya.

1). Kelas memulai pertama.
Bila kamu pertamakali kursus agar insentif cepat cair pilihlah kelas awal yang mudah yaitu "Cara menjadi Youtuber Profesional bersama gita savitri" atau kelas "Bisnis Membuat dan menjual masker lawan co**a", kursus ini sangat basis sekali bisa mudah dijawab dan tidak akan menghambat pencairan insentif.

2). Kelas pengembangan diri skill
Kelas pengembangan diri ini cocok dijadikan kursus pembelian kedua, karena proses belajarnya cukup lama. Ketika dijadikan pembelian kedua maka tidak akan mempengaruhi pencairan insentif, tapi kelas hanya bisa dibeli setelah status aktif berubah menjadi selesai di dashboard prakerja. Kelas pertama buat kamu yang suka bisnis / jual beli bisa mencoba kursus "Rahasia sukses presentasi penjualan sampai closing oleh kak Giffar", kemudian buat para blogger ada kelas "Tring merangkai kata untuk meningkatkan penjualan", Bisnis Rumahan / UMKM buat yang ingin memulai usaha.

Saran saya belilah kursus yang sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki, membeli kelas yang tidak sesuai dengan minat kamu sendiri buang-buang waktu dan uang. Manfaatkan uang pelatihan dengan sebaik-baiknya, mumpung gratis. Kalau dengan uang pribadi kemungkinan kamu nggak bakalan sanggup membeli kelas ini, kenapa? Karena kebutuhan lain jauh lebih penting dari kelas ini. Sekarang ada kesempatan buat belajar, kenapa tidak dimanfaatkan baik-baik. Dan saya sangat merekomendasikan kursus ini, platform pelatihan lain ribet harus join grup telegramlah, harus isi absensi google form, pelatihanya juga dijadwalkan, kalau di skillacademy 80% otomatis sisanya kejar waktu (dipercepat).

Lihat saja absensi webinar dilakukan secara otomatis, nggak manual mau pake google form segala. Kemdian jadwal webinar yang lebih lengkap, kalau nggak kebagian jadwal bisa ambil link kelas lain walaupun materi webinarnya beda dengan kelas kita kamu tetap diabsen. Dan pada 1x webinar kalau kamu menyimak dengan serius bakalan dapet ilmu baru yang lebih mendalam.


Beberapa kesalahan atau error dan cara memperbaikinya

Sebagai suatu kursus yang cepat tanggap, serba otomatis dan paling edukatif kursusnya sudah pasti banyak orang yang mengikuti dan merekomendasikan skillacademy sebagai kursus terbaik. Jadi tidak heran jika terkadang terjadi error yang disebabkan oleh banyaknya pendaftar dari seluruh indonesia. Maklum namanya juga sistem, kalau diserang banyak orang pasti bakalan error juga hehehe. Berikut ini permaslahan dan cara mengatasinya.

1). Kode OTP tidak diterima
Silakan tunggu maks 3 menit saat proses sedang mengirim kode OTP, jangan meminta kode baru sebelum lewat dari waktu tersebut.

2). Kode OTP selalu salah
Sudah saya jelaskan sebelumnya, jangan meminta kode baru sebelum lewat 3 menit sejak kode pertama dikirim. Saat kamu meminta kode OTP baru, jika ada dua sms maka kode yang berlaku adalah kode yang terakhir diterima bukanya kode yang baru karena kode baru tersebut merupakan kode otp kita yang pertama.

3). Saya sudah membeli kursus tapi tidak ada di daftar kelas.
Kalau kelas belum muncul artinya kamu belum melakukan reddeem voucher, silakan buka kontak masuk email cari email dari tokopedia. Disana ada kode voucher skillacademy salin dan klaim vouchernya di aplikasi SA.

4). Saat ingin membeli muncul notif kursus tidak tersedia
Kemungkinan kursus yang ingin kamu beli masih dalam tahap perbaikan, silakan beli kelas lainya atau tunggu beberapa saat dan dicoba secara berkala untuk mengetahui apakah sudah bisa dibeli atau belum.

5). Error saat membeli user tidak ditemukan
Pastikan kamu memasukan nomor kartu prakerja dengan benar, coba ditinjau kembali nomor yang kamu masukan apakah ada yang kurang atau tidak. Jangan memasukan nomor kartu prakerja orang lain di akun tokopedia kamu tidak akan bisa karena setiap pembelian memerlukan kode otp sebagai verifikasinya.

6). Nama sertifikat saya tidak sesuai dengan yang di Prakerja
Pastikan kamu menggunakan nama akun di skillacademy sesuai nama yang ada pada KTP pendaftar prakerja. Hal ini terjadi karena kamu masuk/login via email bukan mendaftar. Cara merubahnya mudah sekali, jangan mengganti nama secara langsung di akun skillacademy tapi kirimkan email perubahan terhadap sertifikat via email kontak skillacademy via tautan permohonan perubahan data akun skill academy.

7). Belum mengikuti webinar tapi progress 100% dan dapat sertifikat of completion
Hal tersebut merupakan bugs yang terjadi pada sistem lama yang tidak mewajibkan peserta mengikuti webinar interaktif, karena bugs kemungkinan data tidak bisa disingkronisasi walaupun bisa dilakukan, tapi kamu tetap wajib mengikuti webinar. Kalau tidak? Setelah pengecekan pihak skillacademy bisa saja menurunkan progress kelas dan tidak mengirim data sertifikat kamu ke mitra penjualan sampai kamu mengikuti absensi webinar.

8). Kode Voucher tidak bisa diklaim
Kode voucher ditulis dengan huruf kapital kemungkinan ada yang huruf kecil, biasanya ada kesalahan huruf bila kamu ketik. Bedakan antara L kecil dan i besar. Kalau menyalin salin saja jangan panjang-panjang kemungkinan termasuk space yang kamu salin. Ingat yang disalin kode voucher bukan kode ID transaksi, biasnaya banyak yang lalai (lupa).

9). Kode voucher tertukar / dipakai teman
Kodenya hangus dan tidak bisa digunakan lagi, kamu bisa membeli kurusus ulang bila saldo masih tersedia. Pastikan kamu mempunyai pembelian pertama yang terdaftar di skillacademy agar bisa mencairkan insentif, bila butuh bantuan hubungi cs skillcademy lewat whatapps, facebook, telegram, maupun email.

10). Transaksi dibatalkan padahal kelas aktif
Transaksi tersebut mungkin merupakan transaksi kemarin dimana pada saat skillacademy belum bisa memenuhi permintaan pembelian (notif: Kursus tidak tersedia) dan anda mungkin mencoba membelinya berkali-kali. Kegiatan tersebut tentu saja akan menambah jumlah transaksi yang dibatalkan pada halaman transaksi tokopedia.

Tenang saja tidak perlu khawatir karena hal itu tidak akan mempengaruhi pencairan insentif ataupun pelatihan teman-teman yang penting kamu sudah berhasil klaim kode voucher dan ikut pelatihan.

11). Saya tidak sengaja menggunakan akun tokopedia orang lain beda email.
Jika sudah terlanjur tidak masalah karena verifikasi dilakukan menggunakan nomor kartu prakerja. Jangan lupa reddem vouchernya di akun skillacademy kamu ya, selesaikan pelatihan hingga progress 100%. Jangan lupa berikan ratting di Aplikasi SA & Tokped 🤗
Identifikasi kepesertaan dilakukan menggunakan nomor kartu prakerja yang kamu gunakan, tapi walaupun begitu jangan coba-boba menggunakan 1 akun tokopedia untuk dipakai bersama akun prakerja lainya. Karena bisa dicurigai sebagai transaksi tidak valid.

12). Voucher saya digunakan orang lain.
Kode voucher yang tertukar biasanya mempunyai lebih dari satu akun di satu perangkat. Jika sudah terlanjur silakan hubungi whatapps skill academy untuk memverifikasikan data ulang agar akun kamu bisa tersingkron dengan kartu prakerja lagi. Tapi bila status kelas belum aktif pada dashboard prakerja kamu bisa membeli kursus lainya sebagai kelas yang pertama.

13). Video tidak bisa diputar atau lag di memuat dokumen skillacademy.
Hal ini terjadi karena browser chrome tidak diizinkan memutar konten yang dilindungi pada website skillacademy.com, pastikan kamu mengizinkan website memutar konten yang dilindungi. Jika tidak bisa gunakan aplikasinya di Playstore bisa berjalan dengan lancar.

14). Sudah ikut pelatihan, progress kelas 100% tapi sertifikat belum keluar.
Pastikan kamu sudah memberikan ratting di skillacademy dan tokopedia, coba refresh aplikasi agar dimuat ulang. Caranya klik lanjutkan kelas, kemudian klik beri ratting tambahkan sedikit kata / huruf lalu kirim. Kurang dari 5 detik sertifikat langsung bisa di download, tapi bila masalah tidak bisa diselesaikan gunakan formulir pengecekan sertifikat skillacademy.

Berbagai pertanyaan lain terkait dengan Prakerja

Sebagai bonus dari aku karena kamu sudah hadir dan membaca artikel ini aku akan jawab beberapa pertanyaan yang sering banget diajukan oleh teman-teman semua terkait dengan prakerja. Pertanyaan ini akan selalu ditanyakan oleh pendatang-pendatang baru kedepanya, daripada pusing jawabnya mending aku tulis di artikel ini aja.

Kenapa SkillAcademy tidak ada lagi di Prakerja?
SkillAcademy memutuskan untuk tidak melanjutkan kemitraanya dengan alasan untuk meningkatkan kualitas layanan hanya pada lembaga pelatihan saja. Namun tenang saja kursus pada skill academy masih bisa dibeli dengan menggunakan saldo prakerja lewat mitra tokopedia.

Apa itu Pre-Exam?
Pre-Exam adalah suatu pelatihan atau ujian yang dimulai sebelum belajar dengan tujuan untuk mengentahui nilai sejauh mana kamu mengetahui suatu materi. Apabila kamu mendapatkan jawaban minus atau salah semua tidak apa-apa dan tidak perlu diulang lagi, pre-exam tidak mempengaruhi status kelulusan.

Bagaimana cara mengikuti pelatihan kartu Prakerja?

  1. Setelah mendapatkan saldo prakerja kamu bisa membeli kursus di mitra prakerja seperti Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, SekolahMu, MauBelajarApa, PijarMahir, dll. Nanti kamu akan mendapatkan kode voucher yang bisa dikalim di aplikasi / situs web tempat latihan dilaksanakan.
  2. Beli kelas dan bayar dengan saldo prakerja, pastika kamu sudab mendaftar akun di mitra pelatihan.
  3. Latihan bisa dengan HP/PC, latihan dilakukan secara online lewat situs mitra pelatihan prakerja.

Kelas Apa saja yang ada di SkillAcademy?
Ada banyak kelas yang ada di skillacademy, kelas bahasa inggris, belajar youtuber pemula, kelas bisinis sales, kelas teknik audio mixing, kelas memulai usaha atau UMKM, kelas Ilmu SEO, kelas conten writter, kelas marketing pokoknya ada beragam kelas yang bisa kamu beli sesuai dengan minat dan bakat kamu. Selain itu harganya juga lebih murah, sehingga kamu bisa membeli banyak kelas dengan saldo praketja!

Kartu Prakerja Pelatihan Apa saja?
Kartu prakerja tidak memberikan pelatihan, tapi hanya memberikan dana bantuan sebesar 3,4 juta kepada penerima kartu prakerja. Sementara 1 jutanya tidak bisa dicairkan dan hanya bisa digunakann untuk mengikuti kursus online, sisanya akan dikirim ke rekening masing-masing sebagai insentif setelah menyelesaikan pelatihan.

Berapa pelatihan yang harus diikuti kartu prakerja?
Kamu harus mengikuti minimal satu kursus saja, satu kursus merupakan syarat agar bisa mencairka uang insentif. Lalu apabila masih ada saldo prakerja yang tersisa kamu bisa membeli kursus lainya, namun jika saldo tidak digunakan dalam jangka 30 hari maka saldo akan hangsu masuk ke khas negara. Agar saldo kamu tidak hangus minimal satu bulan harus ada transaksi pembelian kelas.


Demikianlah panduan membeli kelas skillacademy via tokopedia kali ini, Saya sangat senang bisa belajar dan berbagi pengalaman ke teman-teman semua. Bila ada pemasalahan lain atau error lainya terhadap kegiatan diatas silakan cantumkan dalam kolom komentar, saya akan jawab dan coba memberikan solusinya sebatas yang saya ketahui.