-->

Rekomendasi usaha dengan modal insentif kartu Prakerja

Ide Bisnis dengan modal kartu prakerja

Sebelumnya aku hanya mau jelasin buat kamu yang sudah punya banyak pengalaman seputar usaha bisnis baik jualan maupun dalam bidang jasa, maaf ya jika artikelnya sangat mendasar sekali. Memang artikel saya kali ini hanya untuk bagian pemula saja, khususunya anak-anak muda yang belum pernah mencoba bisnis usaha jualan.

Artikel ditulis dengan gaya anak jaman now dengan usia 18-19 tahun, mohon maaf bila ada kata yang kurang menarik didengar. Bila kamu sudah pandai dalam berbisnis saya tidak merekomendasikan membaca artikel ini, artikel ini cocok dibaca khusus pemula yang baru terjun ke dunia usaha. Oke baiklah, mari kita mulai dari usaha bisnis yang pertama.


Bisnis jualan PPOB (Pulsa, Paket Data, Token Listrik)

Bisnis ini walaupun hasilnya sedikit tapi tidak ada salahnya jika kamu mencobanya, saya pernah mencoba bisnis jual pulsa seperti biasa. Friend as friend, jadi saya tidak membuka toko / warung hanya saja saya mempromosikanya ke teman-teman. Dan dari teman-teman tadi mereka biasanya merekomendasikan teman lainya, oleh karena itu bisnis nya bisa laris.

Bisnis PPOB bisa dimulai sendiri tanpa harus mendaftar ke dealer penjualan pulsa, cukup unduh aplikasi Kudo atau sekarang sudah berganti nama menjadi grab kios kamu sudah bisa berjualan pulsa. Adapun keuntungan yang didapat dari bisnis jualan PPOB berupa komisi per-transaksi, untuk pulsa Rp 5000,- kamu bisa mendapat Rp 450,-

Hasil yang paling besar bisa didapat ketika berjualan token listrik, satu kali penjualan untungnya Rp 1500,- bayangkan kalau ada 50 orang yang beli dalam sehari. Keuntungan yang didapat berupa harga sisa dari penjualan, harga pulsa kan Rp 7000,- sementara harga di kudo sekitar Rp 5650,-. Untung kecil tapi kalau banyak transaksi bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan yang penting kamu tetap semangat menjalankan bisnis PPOB.

Saldonya pakai apa? Saldonya akan langsung terhubung dengan rekening E-Wallet ovo. Bila kamu menggunakan rekening ovo dalam menerima insentif prakerja sangat cocok sekali memulai bisnis PPOB. Sementara untuk Top UP saldo ke ovo kamu bisa melalui transfer via rekening bank E-Banking atau melalui abang Grab.


Jasa Reparasi memperbaiki alat Elektronika

Membuka jasa sendiri memang sangat menyenangkan, tapi jasa ini hanya khusus buat kamu yang sudah mempunyai skill dalam bidang elektro. Jangan ragu memulainya walaupun mempunyai sedikit pengalaman, cobalah memperbaiki alat yang mudah-mudah terlebih dahulu misalnya dispenser, seterika listrik, mesin cuci. Barang elektronika yang mudah diperbaiki biasanya kita hanya perlu mengganti komponen yang rusak saja, misalkan memperbaiki mejikom yang mati total. Saya hanya perlu membuang skring pelindung panas yang menempel pada majikom, kemudian alat bisa digunakan kembali.

Ketika menjalankan jasa servis kamu bisa sambil belajar juga, insya Allah kemampuan skill akan datang setiap hari. Jika kamu punya barang yang rusak cobalah untuk memperbaikinya, misalnya salon aktif, kipas angin. Golongkan alat-alat yang rumit diperbaiki rencanakan untuk dipelajari kedepanya, beberapa contoh alat yang rumit diperbaiki :

  • Menggulung ulang dinamo pompa air.
  • Gulung ulang trafo yang putus.
  • Memperbaiki DVD,VCD, Amplifier mati total.
  • Kipas angin yang gulungan kumparanya terbakar.
  • Speaker yang spullnya putus.


Dalam jasa servis elekto ada juga jasa isi ulang baterai mobil / motor. Saya yakin dengan modal Rp 600.000 x 4 sudah bisa membeli peralatan yang dibutuhkan, kamu bisa membeli adaptor charger aki. Harganya murah kok, cari charger yang menggunakan adaptor yang menggunakan PWM sirkuit bukan trafo. Jsa ini sangat menjanjikan sekali, apalagi ilmu servis elektro itu mahal tidak semua orang memahaminya.


Menjadi konten kreator di Rumah (cocok untuk WFH)

Pembuat konten digital adalah orang yang bisa membuat dan memproduksi konten dalam bentuk digital. Konten kreator sekarang merupakan pekerjaan yang paling dikejar oleh anak muda. Buat kamu yang pernah belajar kursus Youtuber Profesional bersama kak Gita safitri sekarang waktunya buat buktiin skill yang kamu dapat. Kamu bisa menulis artikel, membuat video, menggambar, desain dan sebagainya.

Konten kreator banyak jenisnya, bahkan setiap perusahaan mempunyai konten kreator tersendiri. Misalnya perusahaan AQUA, aqua adalah perusahaan yang menyediakan air minum kepada konsumen. Namun mereka masih tetap membutuhkan konten kreator untuk membuat logo, desain video, bahkan spanduk sponsor untuk AQUA. Konten tersebut dipublikasikan di sosial media mereka.

Nah kamu juga bisa menjadi konten kreator secara mandiri, konten kreator itu luas. Tergantung dalam bidang apa bakat kamu, punya bakat dalam photografi? Kamu bisa coba mencari foto unik dan kemudian menjualnya secara langsung di shutterstock.

Punya kemampuan menulis dan merangkai artikel? Bisa coba membangun blog sendiri. Punya kemampuan dalam membuat video kamu juga bisa membangun channel di youtube. Bagi sahabat konten kreator, usahakan maksimal dalam segi kualitas bukan kuantitas.

Bila kamu hanya mengejar kuantitas pasti nggak bakalan sanggup, butuh lebih banyak waktu dan pekerja. Tapi bila kamu mengutamakan kualitas hanya dengan satu konten saja bisa menghasilkan ratusan dollar. Tapi harus serius dalam memulainya, jangan setengah-setengah. Sukses itu diawali dari kegigihan yang tinggi serta pantang menyerah.


Bisnis Rumah buka warung kopi sendiri (kedai kopi / warkop)

Bisnis selanjutnya adalah warkop / warung kopi, cocok nih buat kamu yang pengen bikin tempat tongkrongan yang selalu ramai. Bisnis rumahan warung kopi masih jauh lebih laris dibanding cafe, apalagi kalau kita berada di daerah pedesaan atau kota kecil.

Membuka usaha warung kopi tidak membutuhkan banyak modal, kemudian untuk resiko kerugianya juga lebih kecil. Di dalam warung kopi kamu bisa menyediakan bisnis-bisnis lain seperti PPOB, Aneka jajanan gorengan, jualan mie yang dimasak. Atau membuat menu tambahan seperti makan siang, dan lainya.

Dibutuhkan lokasi dan tempat agar bisa membuka usaha warung kopi. Kalau bisa jangan sewa tempat dulu, manfaatkan rumah sendiri kalau ada ruangan yang kosong bisa dimanfaatkan sebagai eltase tempat jualan.


Bisnis jual beli HP Bekas keuntungan Rp 50-70rb

Kalau kamu pernah belajar kursus teknik penawaran dalam bidang sales bersama kak gifar kamu bisa tahu bagaimana caranya. Konsep ini berdasarkan teknik kemampuan kita, pertama kita harus mampu mencari HP yang berkualitas dengan harga dibawah pasaran. Lebih murah juga lebih bagus, tidak mudah mencari HP dengan kualitas yang bagus namun dengan harga murah.

Setelah mendapatkan barangnya, kemudian dijual kembali dengan menaikan harga lebih mahal dari pembelian. Misalnya kamu membeli HP seharga Rp 500.000 maka bisa dijual dengan harga Rp 799.000. Kok mahal banget? Dalam dunia bisnis pasti ada yang namanya penawaran, nah untuk menghindari penawaran tersebut kita pasti bakalan menaikan harga sedikit lebih setara dengan pasaran.

Seandainya ditawar kita masih tetap bisa bernegosiasi sampai terjadi kesepakatan. Harga masih tetap bisa kamu kontrol sampai angka minimal lebih 50rb lah dari pembelian. Bisnis jual beli HP ini pernah dilakukan oleh low gadget, lihat channel youtubenya untuk mendapatkan info terbaru seputar HP murah namun dengan kualitas yang mempuni.


Jualan kuliner Rumahan seperti Mie Ayam, Aneka Gorengan, Es teh, Bakso dll.

Selain bisnis yang memanfaatkan skill ada juga bisnis atau usaha yang hanya memanfaatkan keahlian memasak. Buat kamu yang mau cobain membuka usaha kuliner, banyak kok jenis-jenis kuliner khas nusantara yang bisa dibuat dengan modal dibawah Rp 600.000.

Peluang bisnis makanan atau kuliner memang sangat menjanjikan sekali, kamu bisa mendapatkan keuntungan per-porsi penjualan. Contohnya dala satu porsi mie ayam bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 4500,-, sisanya bisa digunakan lagi untuk permodalan bahan.

Tapi disini saya tidak akan membahas bisnis kuliner karena saya tidak menyukai masak-memasak. Tapi bila kamu butuh rekomendasi apa saja seputar usaha kuliner bisa baca artikel gea yang membahas tentang ide bisnis kuliner dengan modal dari insentif prakerja. Omzet dari bisnis kuliner kalau laris bisa mendapat keuntungan hingga ratusan ribu perharinya.


Membuka usaha jahit baju (Tata Busana)

Tidak ada salahnya jika mencoba, kalau minat kamu dalam bidang tata busana cobalah buka usaha jahit baju. Modal dengan harga 1.5juta sudah dapat mesin jahit bekas, atau kamu juga bisa membeli mesin jahit elektronik yang harganya jauh lebih murah dan ringan.

Tata busana atau menjahit bukan hanya seputar membuat pakaian saja, tapi juga memotong, memperbesar pakaian, memperpendek celana, menambal dan sebagainya. Teknik menjahit juga bisa kamu pelajari dengan mudah diinternet, dimasa pandemi sekarang ini. Kalau bisa membuat dan menjahit masker sendiri pasti bisa laku dijual.

Ide menjahit baju adalah bisnis jangka panjang, kamu bisa mengumpulkan uang dari hasil menjahit hingga bisa membuka usaha butik sendiri loh. Seorang tukang jahit biasanya banyak dicari orang setiap harinya, ada yang mau menperpendek celana, memotong baju, memasang risleting dan lainya. Biaya jasanya juga beragam mulai dari Rp 10.000 hingga puluhan ribu rupiah.


Usaha ternak Ayam dan Bebek (Peternakan)

Usaha ternak ayam atau bebek bisa dimulai dari yang kecil dulu, pokonya semua bisa deh buka usaha ternak ayam. Kamu hanya perlu bibit anak ayam unggulan serta pakanya saja, ayam merupakan hewan yang lebih cepat berkembang biak.

Anak ayam dalam waktu 6 bulan akan terlihat seperti ayam dewasa, dan dalam waktu 8-9 bulan sudah bisa menghasilkan telur. Telur ayam selain dijadikan sebagai bibit lagi bisa juga dijual, tapi pertimbangkan untuk menjualnya. Semakin banyak bibit ayam yang kamu punya maka semakin besar produksi yang bisa didapat setiap tahunya.

Untuk biaya perawatanya kecil, biaya perawatan meliputi cairan anti hama untuk hewan, vitamin khusus ayam, kemudian makanan buat ayam. Ayam itu lebih cepat banyak, saya dulunya cuma punya 2 ayam cewek semua. Terus selang waktu 1.5 tahun ayam saya jadi banyak, tapi sayangnya dijual oleh bapak saya karena krisis ekonomi. 😢

Selain ternak kamu juga bisa jualan ayam potong dipasaran, caranya dengan mengambil ayam hidup ditempat penangkaran ayam sesuai dengan kesepakatan harga beli. Kemudian ayam hidup tersebut dipotong dan dibuang bulunya, baru deh dijual kepasar. Kalau jualan ayam potong dipasaran memang cukup rumit, tapi sebagai pengusaha kamu tidak perlu ragu mencobanya.