-->

Ikut prakerja? Wajib mengikuti sesi webinar, ini penjelasanya.

Mengikuti webinar prakerja di kursus sekolahdesain.id

Blog kak Ryan - Saat ini hampir semua lembaga pelatihan kursus online yang juga ikut serta dalam program prakerja wajib mengadakan seminar online nerdasarkan peraturan terbaru permenko nomor 11 tahun 2020.

Kemarin sehari setelah saldo prakerja diterima, banyak lembaga pelatihan yang tengah menyiapkan kursus dengan metode terbaru tersebut. Apa itu webinar atau seminar online? Webinar adalalah kegiaatan seminar yang dilakukan melalui website atau aplikasi secara online. Dalam sekali waktu webinar bisa diikuti oleh banyak peserta, maksimal mencapai 1000 orang.

Webinar online kebanyakan menggunakan aplikasi zoom, jadi bila kamu ingin mengikuti suatu seminar online pastikan sudah mengunduh aplikasi zoom terlebih dahulu ya.


Apakah ada pelatihan kursus prakerja tanpa webinar?

Untuk saat ini hampir semua pelatihan kursus menggunakan webinar, bila suatu kursus belum terdapat sessi atau jadwal webinarnya kemungkinan akan siap beberapa hari kedepan, sesuai dengan peraturan menteri perekonomian nomor 11 tahun 2020.

Tadi saya baru saja mencoba mengikuti seminar melalui aplikasi zoom ini. Namun 10 menit sebelum sesi dimulai ternyata meeting conference sudah penuh, sehingga saya harus mengikuti sessi yang ada minggu di hari berikutnya.


Apa saja yang dilakukan dalam webinar?

Banyak yang tanya, dalam sebuah seminar online akan ada beberapa orang mentor yang akan merepresentasikan suatu materi terkait pelatihan / kursus yang kita ikuti. Setiap peserta bisa menyimaknya, bisa juga melakukan chatting tanya jawan dengan partisipan lain baik menggunakan teks maupun bicara.

Dalam satu sesi webinar, biasanya aka ada sesi tanya jawab Q&A sesi ini akan dilakukan diakhir seminar. Dalam sebuah video meeting kamu bisa juga melihat peserta yang lain, mirip seperti videocall online rame-rame. Sebelum memulai webinar saat sudah terkoneksi, kamu akan diberitahukan tentang berapa lamanya durasi sesi berlangsung. Ada yang hanya 30 menit ada juga yang memakan waktu sampai 120 menit.


Apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti webinar?

Alat yang dibutuhkan tentu saja device atau perangkat, bisa menggunakan HP android atau komputer pribadi. Dan yang paling terpenting adalah jaringan yang stabil serta kuota yang mencukupi. Seminar dilakukan melalui aplikasi zoom, oleh karena itu aplikasi zoom juga dibutuhkan. Khusus pengguna seluler kamu bisa mengunduhnya secara gratis di playstore / Appstore, dan komputer bisa memasang addons zoom via website resminya zoom.us

Seminar bisa dilakukan dengan mudah peserta hanya perlu mengklik link atau ID zoom metting yang diberikan oleh lembaga kursus pelatihan ke aplikasi zoom tepat pada waktu jadwal dimulai. Kesulitanya karena webinar dalam satu waktu terbatas maksimal 1000 peserta, sehingga terjadi rebutan dalam melakukan webinar siapa cepat dia dapat.

Baca juga : Cara mengikuti webinar prakerja dengan HP android


Apakah webinarnya bertatap muka?

Webinar dilakukan secara langsung melalui aplikasi zoom seperti layaknya video call seperti whatapps, jika kamu mengaktifkan kamera maka para mentor dan juga peserta lain bisa melihat kamu. Seminar dilakukan beramai-ramai para peserta bisa menyimak para mentor merepresentasikan / menjelaskan suatu topik materi mengenai kursus yang diambil.

Keseruan meeting di zoom, terdapat fitur chat seperti layaknya grup whatapps. kamu juga bisa open diskusi dan bisa tanya jawab dalam suatu meeting video secara live. Jika ada waktu banyak dan lebih sedikit peserta, biasanya ada sesi Q&A serta discusion dalam sebuah video conference.


Apakah webinar bisa diwakilkan?

Webinar tidak diperbolehkan diwakilkan, tapi masih tetap bisa kok. Banyak peserta prakerja yang mendaftarkan ibu mereka, ayah mereka setelah dirinya berhasil mendapat prakerja. Tapi tenang saja kamu masih bisa melewati mengikuti webinar namun dengan akun ayahmu/bapakmu itu.

Mendaftarkan 1 kartu keluarga di prakerja apakah termasuk kegiatan melanggar hukum? Setahu saya tidak, yang paling penting ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar bisa menjadi penerima manfaat kartu prakerja.

Webinar ini hanyalah sebuah inisiatif dari pemerintah agar terciptanya diskusi interaktif dalam suatu kelas kursus online. Jadi tidak selalu kejar insentif saja, tapi peserta juga mendapat manfaat dari kursus pelatihan yang diikuti. Tapi kebanyakan malah kejar insentif.


webinar prakerja

Seperti apa gambaran lebih lanjut dalam sebuah webinar? Jika kamu penyuka videocall pasti bakalan seru masuk ke dalam sebuah room meeting. Host akan melakukan penjelasan terkait dengan topik, namun kamu bisa scroll melihat member lain yang sedang ngapain aja 😁😂

Ada yang matiin kamera (layar gelap), ada yang sambil tiduran, ada yang webinar di wc. Pokonya banyak deh, kenapa bisa gitu biar tidak bosen menyaksikan para host yang selalu bicara tanpa henti selama 120 menit.

Webinar prakerja dilakukan terjadwal namun agar bisa masuk dan tidak penuh, kamu harus terkoneksi ke host 10 menit lebih awal sebelum seminar dilakukan. Tapi terkadang walaupun sudah bergabung 10 menit lebih awal masih tetap bisa penuh dan kamu harus mencobanya dilain waktu. Baca teks diatas seputar webinar yang terjadi rebutan.