-->

Mengenal webinar Prakerja dan cara mengikuti webinar prakerja!

Cara mengikuti webinar kartu prakerja

Blog kak Ryan - Bagi kamu yang belum paham apa itu webinar akan saya jelaskan sedikit mengenai webinar, apa itu webinar? webinar adalah meeting atau pertemuan secara daring melalui video call. Biasanya dalam satu kali sessi ada banyak orang yang melakukan videocall secara bersama-sama, dalam sebuah webinar akan ada mentor / host yang akan melakukan representasi.

Webinar sifarnya interaktif, setiap anggota yang tergabung bisa saling berdiskusi dan melihat. Tapi pada webinar yang pesertanya banyak, tidak mungkin ada sessi Q&A tanya jawab. Nah adalam sistem pelatihan kursus prakerja model terbaru sekarang menggunakan webinar interaktif.

Kebanyakan webinar dilakukan menggunakan aplikasi zoom, kamu bisa melakukan video conference ini menggunakan HP maupun Laptop. Silakan persiapkan aplikasi zoom dan daftar menggunakan akun google agar nama kamu dapat diindentifikasi pada absen kelas nanti.

Webinar kursus prakerja sifatnya terjadwal, dan bisa diikuti maksimum hingga 1000 peserta. Pastikan kamu bisa mengklik gabung pada link meeting pada jam dan waktu yang telah ditentukan.


Bagaimana cara mengikuti Webinar?

Gampang sekali, agar bisa mengikuti webinar pastikan kamu mempunyai kuota minimal 3GB cukup. Kemudian pastikan juga konektifitas jaringan yang ada pada daerahmu stabil ya. Berikut ini adalah tahapan mengikuti webinar, berdasarkan kelas kursus yang kamu ambil.

  • Unduh dan install aplikasi zoom di playstore jika kamu menggunakan android.
  • Buka aplikasi zoomnya, daftar akun baru agar bisa masuk ke setelan khusus. Biar gampang klik Login dengan akun Google.
  • Lihat kelas / pelatihan kursus yang kamu ikuti nanti akan dikirim Link meeting atau ID meeting. Pastikan kamu tidak membagikan id atau link tersebut kepada siapapun. Catat tanggal dan waktu yang sudah ditetapkan, dan jangan lupa klik Gabung pada saat jadwal sudah dimulai. Perhatikan gambar berikut ini panduan mendapatkan link atau di metting zoom!

Mendapatkan Pascode, ID metting, dan link Meeting kursus sekolahdesain.id
Berikut ini salah satu contoh bagaimana cara mendapatkan kode id meeting zoom untuk setiap kursus. Biasanya mereka akan memberikan link lewat email, telegram, ataupun situs mereka sendiri. Pastikan kamu melihat pengumuman tersebut sebelum jumlah peserta yang ikut penuh maksimum 1000 peserta.

Webinar di sekolahdesain.id


Beda kursus caranya beda lagi, pastikan kamu mempelajari cara-cara melakukan pelatihan dan tetap berkomunikasi dengan cs (costumer service) baik melalui whatapps, facebook, telegram, maupun email. Dan bonus dari aku kali ini aku berikan tips mengikuti webinar skillacademy hanya dengan beberapa langkah.

Cara mengikuti webinar skillacademy mudah banget!
1). Pertama pada aplikasi pelatihan akan ada satu tahapan yang merupakan webinar, klik pada segmen tahapan tersebut. Maka kamu akan melihat link pendaftaran pada bagian preview kelas.

Cara mengikuti webinar Prakerja


2). Setelah eksternal link kamu klik akan diarahkan ke browser, apabila muncul halaman blank / putih hapus aplikasi X-Plore pada HP kamu. Jika tidak bermasalah, silakan klik jadwal mana yang kamu inginkan.

Panduan mengikuti webinar prakerja


3). Registrasi kepesertaan dengan memasukan nama depan, nama belakang, serta alamat email yang sama dengan identitas yang terdaftar di skillacademy. Penting jangan sampai salah, karena ini sebagai absensi kehadiran di webinar video conderence.

Mengikuti webinar skillacademy


4). Nanti akan muncul halaman pendaftaran berhasil, kamu juga akan menerima email sebuah id dan link menuju ke aplikasi zoom. Tapi lebih mudah dengan mencatat ID unik rahasia meeting, silakan catat id ini nanti kamu bisa bergabung pada waktu yang telah ditentukan.

Cara mendapatkan ID Meeting zoom webinar


5). Cara bergabungnya gampang, jangan gabung sekarang karena tidak ada yang melakukan siaran live. Pastikan kamu gabungnya pada jam dan tanggal yang telah ditentukan, minimal tepat waktulah. Lihat gambar berikut cara bergabung dengan webinar video conference.

Memasukan id meeting ke aplikasi zoom


Apa saja yang dilakukan dalam webinar prakerja?

Kamu akan menyaksikan para mentor / host merepresentasikan atau memberikan pembahasan terkait kursus yang kamu ikuti secara langsung. Sebenarnya kamu juga bisa ikut berdiskusi karena siaran dilakukan secara live / langsung, tapi karena jumlah peserta yang mengikutinya banyak ada 10000 orang maka tidak akan ada diskusi.

Waktu webinar berlangsung sekitar 30 menit hingga 3 jam, tergantung seberapa banyak materi yang diberikan oleh para mentor. Semakin banyak pembahasan maka video mettingnya juga akan lama, pastikan kamu menggunakan wifi agar tidak boros kuota. Aplikasi zoom sangat boros dengan kuota karena videonya bersifat HD yang belum dikompresi.

Apakah orang lain atau host bisa melihat saya?
Tentu saja bisa melihat kalau kamu mengaktifkan kamera, tapi saya yakin mereka tidak akan fokus dengan wajah peserta yang ada 1000 orang dalam satu kali webinar. Ingat 1000 orang itu bukan sedikit, kalau cuma 1-50 orang mungkin masih ada sessi tanya jawab Q&A ataupun menyelesaikan kuis.


Berapa banyak kuota yang dibutuhkan?
Karena kegiatan ini cukup menghabiskan banyak kuota maka saya merekomendasikan agar menggunakan wifi, bisa ke KFC beli minuman atau ke warkop cuma numpang wifi sambil beli kopi saja juga bisa. Dan kalau menggunakan kuota kemungkinan habis hingga 3GB dalam satu kali meeting dengan video, lama waktunya sekitar 30 menit hingga ada yang 2 jam.

Pastikan juga konektifitas jaringan internet kamu lancar, webinar ini sebenarnya hanyalah inisiatif dari kementrian perekonomian agar adanya interaksi dari peserta kursus prakerja. Tapi pada kenyataanya tidak tepat sasaran, karena lebih banyak orang yang hanya mengejar insentif dibandingkan skill.

Apalagi para mitra pelatihan yang super sibuk harus kerja setiap hari menangani ribuan lebih peserta kursus yang mendaftar kartu prakerja dari seluruh indonesia. Biasanya webinar itu lebih menyenangkan, tapi bila pesertanya mencapai 1000 orang maka semuanya akan bingung.

Pesertanya bingung, mentornya juga bingung. Kalau kamu belum tahu seperti apa webinar di prakerja, saya bisa bilang jauh sekali dari webinar yang pernah ada sebelumnya. Peserta hanya perlu menonton video live dari para mentor selayaknya menonton live di instagram, bayangkan saja ada 1000 peserta kalau mereka mau lihat wajah 1000 peserta tersebut tidak akan muat dilayar komputer.

Buat kamu yang takut sama webinar? Jangan takut karena kita hanya menonton nggak harus interaktif, diskusi maupun tanya jawab. Jumlah peserta video conference banyak, banyak banget nggak bakalan tertampung oleh para mentor dalam waktu 30 menit/3 Jam


Kenapa Partisipan penuh padahal sudah gabung sebelum waktunya?
Salah satu kendala webinar saat ini adalah jumlah peserta dan keterbatasan meeting. Pada aplikasi zoom untuk memulai meeting conference harus menbayar sejumlah uang, dan ada batasnya berdasarkan harga paket. Kebanyakan mitra pelatihan bisa melakukan webinar 1x dalam sehari dan jumlah pesertanya dibatasi maks 1000.

Meskipun kamu sudah terhubung ke aplikasi zoom 30 menit sebelum jadwal webinar dimulai masih bisa gagal karena kuota penuh. Bila kamu belum berhasil bergabung dengan satu acara webinar bisa coba dilain waktu, yang penting persiapkan kuota yang banyak.

Saya juga habis selesai kursus pelatihan yang satu ini akan nggak akan beli lagi pelatihan lainya, karena terlalu ribet. Tidak semua orang punya banyak kuota, dan tidak semua orang juga punya banyak waktu. Webinarnya saja terjadwal, gimana kalau ikut 7x pelatihan dan 7x webinar pasti gak bakalan selesai dalam waktu 1 bulan. Walaupun syarat pencairan insentif hanya membutuhkan 2 sertifikat kursus pertamakali.