-->

Pendaftaran kartu prakerja Tips Mendaftar Prakerja!

Pendaftaran Prakerja

Blog kak Ryan - Pada hari ini sabtu 11 April 2020 pukul pendaftaran kartu prakerja secara online sudah bisa dilakukan. Anda sudah bisa mendaftar akun melakui website resminya prakerja.go.id, nah buat kalian yang belum mengetahui fungsi dari kartu prakerja itu apa dan bagaimana cara penggunaanya bisa dibaca secara langsung melalui website resminya. Namun tetap akan saya jelaskan sedikit tentang prakerja card dan apa saja manfaatnya, kartu prakerja adalah program dari pak presiden jokowi yang bisa digunakan untuk memberikan kemudahan dalam kompetensi mencari kerja, memulai usaha, ataupun, membantu banyak pekerja yang terkena PHK.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi para pendaftar sebagai berikut.

  • Status harus Warga Negara Indonesia Asli
  • Tidak sedang sekolah / tidak sedang bekerja
  • Umur minimal 18 tahun dan maks 49 tahun
  • Tidak Mendapat bantuan lain, seperti bansos, BLT atau lainya.
  • Mempunyai KTP dan Kartu Keluarga
  • Bukan Pejabat / PNS / Pegawai / Tentara
  • Mempunyai Rekening BNI terverifikasi dengan identitas diri, atau E-Wallet yang sudah ter-upgrade dengan KTP (untuk menerima insentif)

Pendaftaran dimulai dengan membuat akun di situs prakerja.go.id, silakan persiapkan email pribadi kamu, nomor HP yang wajib aktif selama minimal 6 bulan. Karena nomor HP tidak bisa diganti setelah ditambahkan ke akun prakerja, nantinya nomor HP sangat berguna untuk menerima kode OTP saat bertransaksi dengan kartu prakerja.

Isilah data-data diri dengan baik dan benar, nama lengkap, alamat, domisili, provinsi, kode pos. Kemudian unggah informasi data diri kamu berupa foto KTP ukuran file maksimal 1MB, lanjutkan foto selfi sambil memegang KTP pastikan foto KTP dan wajah tidak blur.

Kirim datanya, maka dibutuhkan waktu sekitar 5-20 menit agar data kamu tervalidasi. Setelah data tervalidasi lanjutkan dengan menyelesaikan tes uji kemampuan dasar dengan menjawan 19 butir soal. Pastikan jaringan internet kamu dalam kondisi stabil, jika tidak maka soal tidak muncul.

Setelah selesai tunggu masa evaluasi sampai akun kamu disetujui oleh pihak penyelenggara prakerja. Bila sudah disetujui kamu akan bisa masuk ke akun, tapi akn melihat notifikasi Gelombang tidak ditemukan.


Mendaftar Gelombang

Pendaftaran seleksi gelombang bertahap tidak bisa sekaligus pantau terus info pembukaan gelombang baru di akun sosial media prakerja. Kamu bisa memantau melalui instagram, tapi jika tidak ada bisa juga menggunakan facebook. Saya sarankan agar memfollow semua akun sosial media prakerja yang ada tanda centang birunya.

Selain akun yang ada centang birunya semuanya penipuan atau hanya sekedar akun berbagi biasa, jangan pernah mempercayai orang lain yang menawarkan bantuan. Berdasarkan pengalaman saya sudah banyak yang termakan bujuk rayu penipu dengan modus menawarkan bantuan.

Apabila kamu sudah mengetahui kapan pendaftaran seleksi gelombang dibuka catat dan ingat waktu dan tanggalnya. Kamu harus lebih cepat karena kuota pendaftaran untuk setiap gelombangnya terbatas, tepat pada waktu yang telah ditentukan buka website prakerja.go.id, login dengan akun yang sudah kamu buat. Perhatikan jika ada tulisan gabung dengan Gelombang klik gabung.

Pastikan kamu meninjau dengan baik untuk menyetujui semua perjanjian hukum dan memastkan bahwa semua data yang kamu masukan adalah benar. Jika kamu berbohong/Melanggar ketentuan bisa kena tuntut pidana, dan akun prakerja kamu dinonaktifkan. Sudah yakin klik centang dan setijui.


Menunggu pengumuman kelulusan

Seleksi dilakukan oleh pihak prakerja dengan memeriksa semua data yang kamu berikan, kemudian sedikit evaluasi terhadap pertanyaan pengembangan diri yang kamu jawab saat pertamakali membuat akun. Hasil kelulusan akan dikirimkan melalui sms ke nomor ponsel yang terdaftar di akun kamu, bila tidak menerima sms kamu juga bisa melihat pada dashboard di prakerja.go.id

Pada saat gabung gelombang akan ada masa evaluasinya hingga pendaftaran terakhir. Masa evaluasi berlangsung selama 3 hari, dan setelah pendaftaran terakhir. Keesokan harinya barulah kamu akan melihat apakah lulus atau tidaknya, pada masa ini ada yang terima sms kelulusan ada yang tidak.

Selama 1-4 hari kamu akan melihat dashboard yang berubah ubah, antara lulus dengan tidak. Bila dapat notif kamu belum berhsil berarti kamu belum lolos, tapi bila ada notif selamat maka kamu sudah lolos. Jangan kaget apabila terjadi perubahan pada dashboard misal kamu dinyatakan tidak lulus lalu besoknya berubah jadi lulus, kemudian sebaliknya. Itu adalah error pada sistem.


Menerima Saldo 1 juta untuk biaya Pelatihan Kursus

Jika kamu sudah dinyatakan lulus maka dalam 1-5 hari kedepan kamu akan menerima saldo dalam akun prakerja kamu. Saldo dan nomor kartu prakerja akan muncul secar bertahap, waktunya 1-5 hari ya karena antrian yang sangat panjang dari berbagai wilayah di indonesia.

Saldo ini nantinya harus kamu belikan pelatihan / kursus online sesuai dengan skill atau keterampilan yang kamu miliki. Jangan cuma kejar insentif saja, pastikan kamu memilih kursus yang benar-benar sesuai dengan passionmu. Ingat kita sudah buang uang sendiri 1 juta loh buat belajar online.

Lihat kelas pelatihan yang cocok, ada cara mengembangkan bisnis, ada cara cepat berjualan laris, ada kursus jadi youtuber profesional bersama kak gita savitri. Yang jelas kamu harus pintar memilih platform pelatihan yang memang menyediakan materi berkualitas dan harga murah. Beli pelatihan gunakan metode pembayaran menggunakan nomor kartu prakerja kamu.

Jangan jadi orang bodoh yang cuma kejar insentif prakerja tapi malah menyia-nyiakan kursus online gratis yang didanai pemerintah ini. Kalau kamu beli sendiri dengan uang pribadi harganya mahal banget say kayak sayang kehilangan uang gitu. Begini gambar dashboard setelah melalui 4 tahapan, yaitu registrasi akun, mengisi identitas, mengikuti gelombang, dan menerima saldo pelatihan.

Dashboard prakerja setelah diterima


Mengikuti Pelatihan Kursus online

Sebelum membeli kelas pelatihan pastikan kamu membuat akun terlebih dahulu di platform pelatihan. Misalnya skillacademy.com silakan daftar akun, biar nggak ribet klik saja secara langsung login dengan akun Google. Klim kupon / voucher yang sudah kamu beli di situs mitra pelatihan.

Pelatihan kursus dilakukan secara online, tonton semua video panduan dan referensi dari mitra pelatihan, bisa dijedah yang penting kamu dapat ilmu dari menonton video tersebut. Ilmu ini sangat berguna apalagi jika kamu ingin membuka usaha sendiri, setelah menonton beberapa video akan ada soal ujian yang harus kamu jawab.

Jawablah dengan benar sesuai dengan materi yang telah disampaikan dalam video, sesi pelatihan bisa dijedah - jedah kok.Yang penting kamu tidak lebih dari bulan, selesaikan pelatihanya ada dokumen dan kuis dalam pelatihan. Setelah menyelesaikan soal kamu akan mendapatkan nilai, kalau di skillacademy kamu harus lulus ujian agar bisa mendapatkan sertifikat.

Sertifikat pertama sangat berguna agar insentif bisa dicairkan ke rekening bank atau akun e-wallet kamu. Tenang saja, bila kamu tidak lulus ujian kamu bisa mengulanginya lagi dengan memperbaiki jawaban yang salah. Tapi tidak ada kunci jawaban ya, kamu hanya perlu mengganti / mengedit jawaba yang kamu anggap salah.

Webinar / Seminar online
Mengikuti webinar online setelah kamu menyelesaikan semua tugas pelatihan termasuk ujianya, nanti kamu akan diminta bergabung ke Room chat whatapps atau telegram tempat dimana menerima link meeting menggunakan aplikasi zoom. Tidak semua pelatihan menggunakam webinar online ya, ada juga yang tidak.

Sesi webinar sangat menyenangkan karena para pakar / ahli akan berbicara merepresentasikan apa yang penting dari pelajaran kursus yang kita ikuti. Selama diskusi online berlangsung selain menyimak pembicaraan kamu juga bisa bertanya seperti layaknya meeting sungguhan.

Persiapkan kuota yang cukup agar webinar bisa berjalan lancar, sessi webinar sudah dijadwalkan dan rata-rata akan berlangsung dalam waktu 2-3 jam. Pastikan kamu memberikan semua informasi tentang kesiapan kamu pada jadwal yang telah ditentukan. Bila belum siap, kamu bisa mengikuti jadwal berikutnya.

Baca informasi selengkapnya mengenai webinar prakerja diatas, dan sekarang hampir semua kursus prakerja mempunyai webinar online.
Baca Alasan kenapa wajib mengikuti webinar prakerja!
Baca buat kamu yang selalu gagal gabung webinar karena full!


Proses menunggu terbitnya sertifikat di prakerja

Sertifikat ada dua, dan akan keluar setelah kamu menyelesaikan semua pelatihan dan memberi rating / ulasan ditempat pelatihan yang kamu beli. Akan ada dua sertifikat, yang pertama sertifikat tanda penyelesaian semua exam. Dan yang terakhir merupakan sertifikat tanda kamu sudah mengikuti semua kursus (lulis).

Setelah sertifikat diterima, pihak mitra pelatihan akan menyerahkanya ke pihak prakerja untuk diproses. Agar setifikat muncul pada prakerja butuh waktu 1-7 hari sejak kamu berhasil menyelesaikan pelatihan. Namun ada juga yang mencapai satu bulan, jadi pastikan kamu memilih lembaga kursus pelatihan yang sertifikatnya lebih cepat keluar.

Ketika sertifikat diterima oleh pihak prakerja, maka akan muncul di dashboard prakerja kamu. Dan jadwal insentif akan muncul di dashboard prakerja kamu, insentif pertama akan dikirim terjadwal 7x24 jam (seminggu) setelah kamu menyelesaikan pelatihan pertama. Insentif tidak diterima dalam bentuk uang fisik namun dalam bentuk uang digital berupa saldo Bank BNI atau saldo E-Wallet seperti ovo, gopay, link aja, dan baru juga bergabung Dana.


Pertanyaan Pertanyaan Umum seputar Prakerja

Sebagai pengguna baru kemungkinan kamu malas membaca faq yang isinya begitu panjang. Namun menurut sata Faq di prakerja.go.id adalah salah satu sumber informasi yang sangat berharga daripada bertanya ataupun mendengar informasi dari orang lain. Informasi tentang prakerja nantinya akan simpang siur karena adanya peserta yang kebingungan.

Sisa saldo pelatihan prakerja buat apa?
Sisa saldo prakerja jika masih ada akan hangus dalam 30 hari setelah diterima. Jika kamu mempinyai sisa kamu bisa membeli kursus pelatihan lainya sesuai keinginan kamu. Gunakan saldo ini untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang ekonomi ya, kursus gratis yang bisa diikuti tanpa bayar hanya ini. Kalau pakai uang pribadi kamu pasti nggak bakalan mau membelinya, gunakan dengan bijak.

Kenapa jadwal sering diundur?
Jadwal prakerja memang sering diundur karena tingginya permintaan dari seluruh indonesia, ada ratusan ribu peserta yang mendaftar. Sementara validasi data, pengiriman saldo, serta proses administrasi lainya masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu kamu akan selalu menunggu dan menunggu walaupun sudah jatuh tempo pada waktunya.

Saya sarankan agar kamu selalu menjaga nomor HP tetap aktif selama 6 bulan kedepan dan tidak melakukan kegiatan ceroboh pada rekening kamu. Gopay jangan di-log out atau login akun lain bisa nanti rekening kamu digembok banyak kasus rekening baru digembok / blokir gopay rawan kena blokir. Kemudian jangan pernah coba mengganti rekening sendiri, ganti rekening bisa menyebabkan insentif gagal terkirim.

Kenapa saya selalu tidak lolos seleksi gelombang?
Siapa cepat dia yang dapat, bil mendaftar diakhir kemungkinan kuota sudah penuh dan bisa tidak lulus jika kuota sudah penuh. Kemudian ada hal lain yang menyebabkan kamu tidak lolos seleksi gelombang, pertama kamu pernah menerima bantuan (bansos), atau BLT, kemudian kamu terdeteksi masih berekolah berdasarkan data kemdikbud, terakhir kamu mempunyai kartu BPJS ketenaga kerjaan.

Dalam prakerja setiap orang yang sudah mendapatkan bantuan tidak bisa mengikuti program. Jangan maruk mentang-mentang bisa daftar malah mendaftarkan satu KK cuma mengharapkan insentif pemerintah. Banyak orang yang maruk kaya gitu, mulai dari anak, suami, istri, adik diikutkan semua hanya buat kejar uang insentif 2.4jt.