-->

Cara mengatasi blog yang sulit ter-index Google

Blogger.com susah diindex google


Blog kak Ryan - Mungkin dari kalian sudah ada yang merasakan pengalaman sulitnya mendapatkan index google saat kita selesai menulis di blogger. Berbeda dengan platform lain seperti wp yang bisa diindex hanya bebeberapa menit saja. Agar kita mengatasi masalah ini, mari kita belajar apa yang menyebabkan situs menjadi susah diindex.

Momok yang paling menakutkan bagi blogger, sebenarnya artikel blog kita tetap akan diindex apabila kita sudah mengirim peta situs ke search console. Hanya saja membutuhkan waktu yang sangat lama agar google bisa mengindex setiap artikel yang terpublis. Pengalaman saya biasanya memakan waktu 1 bulan bahkan lebih, saya heran ketika artikel yang baru saja saya publikasika beserta artikel minggu lalu tidak ada pembacanya.

Tapi setelah saya submit ke webmaster google,artikel tersebut langsung terindex. Hanya beberapa menit saja sudah bisa ditemukan pada hasil penelusuran. Tapi sayangnya cara seperti ini tidak efisien, nggak mungkin kan setiap habis nulis harus submit secara manual.

Dibalik kasus yang paling banyak dialami kalangan blogger ini, ada topik masalah yang menarik buat dibahas. Anda mungkin penasaran apa saja yang menyebankanya demikian.

Blogger berbeda dengan wordpress, wp lebih cepat diindex karena sudah menggunaka program tersendiri. Pemilik bisa memasang backlink secara langsung lewat HTML / PHP, backlink yang tertanam akan lebih mudah ditemukan oleh google. Bahkan ketika kita inpeksi menggunakan browser backlinknya terlihat.

Pada blogger biasanya backlink dibuat menggunakan javascript, contohnya witget related post, recent post, witget halaman bernomor dan beberapa witget lainya dibangun menggunakan Javascript. Kalau kita inpeksi elemen secara langsung tanpa dirender oleh browser maka yang terlihat hanyalah skrip-skrip saja.

Sedangkan bot perayap google tidak banyak mendukung javadcript, jadi kemungkinan besar semua baclink otomatis yang dibangun menggunakan javascript tersebut tidak akan diketahui google. Itulah kenapa artikel pada blogger membutuhkan waktu yang lama buat diindex.


Bagaimana cara agar artikel bisa diindex dengan cepat?

Berdasarkan uraian diatas kita mengetahui kalau peran backlink sangatlah penting bagi sebuah website. Jadi solusinya kamu bisa menambahkan hyperlink secara manual ke setiap artikel, pastikan antara satu artikel dengan artikel lainya saling terhubung.

Usahakan untuk menghindari pemakaian javascript, buat backlink secara manual. Mau post di blog sendiri atau blog orang tidak jadi masalah. Yang terpenting adalah bagaimana backlink yang kita tanama bisa sampai ke google.

Kalau kamu sudah membuat artikel yang saling terkait antara satu dengan yang lain. Silakan lakukan submit ulang ke google, gunakan 1x saja karena halaman lain sudah saling terhubung. Begitu google merapi halaman google juga akan membaca lin lain yang terdapat pada halaman tersebut.

Banyak orang meletekan hyperlink baca juga, recent post atau artikel rekomendsi pada blog mereka. Tujuanya agar semua link yang berada website mereka bisa ditemukan dengan cepat oleh google.

Baca juga : 8 keuntungan punya pacar seorang blogger

Google sekarang jauh lebih menyukai backlink daripada sitemap, saya pernag menjadi penulis tamu pada blog orang lain. Tapi sayangnya artikel yang saya tulis tidak pernah muncul pada hasil penelusuran, belakangan dikertahhui ternyata belum diindex. Padahal lamanya sudah 2 bulan lebih..

Tapi setelah saya akalin dengan teknik backlink, kurang dari 5 menit langsung ke index. Padahal saya hanya memberikan backlink ke artikel tersebut, lalu mengirimkan artikel saya ke google. Bisa kamu pahami kan, betapa dashyatnya backlink itu. Salah satu alasan kenapa situs berita menyelipkan related post atau artikel terkait lebih banyak dibandingkan isi berita adalah untuk mempercepat index halaman. Sedangkan isi beritanya (artikel) dibagi-bagi menjadi beberapa halaman hanya untuk memperkecil bounce rate. Saya kadang benci emang, saat membaca berita malah artikel yang tidak penting diselipkan sebagai recent post. Link-link tersebut ditambahkan secara otomatis, apabila ada artikel yang rame traffiknya ditambah backlink ke halaman lainya maka akan lebih cepat diindex google.

Apakah blogger juga bisa? Ya bisa, tapi jangan menggunakan javascript. Untuk membuat witget recent post pasti kamu bakalan menggunakan kode javascript seperti ini kan?

<div class='recentPost'><script>
function artikelterbaru(e){document.write("<ul>");for(var t=0;t<e.feed.entry.length;t++){for(var r=0;r<e.feed.entry[t].link.length&&"alternate"!=e.feed.entry[t].link[r].rel;r++);var n="<li><a href="+("'"+e.feed.entry[t].link[r].href+"'")+'">'+e.feed.entry[t].title.$t+"</a> </li>";document.write(n)}document.write("</ul>")}</script>
<script src="/feeds/posts/summary/?max-results=4&alt=json-in-script&callback=artikelterbaru"></script>
</div>


Kode seperti itu tidak akan terdeteksi sebagai backlink walaupun hasilnya setelah dirender browser menjadi daftar link artikel terbaru, google tidak akan pernah mengentahuinya. Bukan cuma witget recent post, witget related post juga menggunakan javascript. Itulah kenapa blog yang dibuat pada blogger.com lebih lebih sulit mendapatkan index google.

Sebenarnya masih ada backlink lain biasanya tersemat pada tombol "Older Post" dan "Newer Post" yang membuat artikel kamu diketahui google.


Tips Agar artikel cepat diindex

Tips yang paling ampuh selain mengirim peta situs adalah dengan memperbanyak backlink secara manual. Kaitkan satu artikel dengan artikel lainya menggunakan hyperlink secara manual, walaupun capek memanagernya tapi artikel kamu bakalan lebih cepat ke index google.

Ketika selesai membuat artikel baru, salin linknya. Cari artikel mana yang sudah dindex google lebih dahulu, edit artikel tersebut lalu tambahkan backlink yang menuju ke artikel terbaru kamu.

Semakin banyak backlink yang kamu buat maka semakin cepat artikel terbarumu diindex oleh google. Jangan lupa aktif setiap minggu pantau terus backlink mati, biasanya pada artikel yang sudah anda buat namun tidak sengaja mengeditnya menjadi dratf kemudian mengganti tanggal artikel. Ketika kamu terbitkan ulang tanpa disadari URL sudah berubah.

Link mati atau file sudah tidak ada lagi memang tidak mempengaruhi hasil index google. Hanya saja akan menjadi pagar penghalang kita untuk naik ke halaman pertama google, lebih fatal lagi bila melenceng jauh ke posisi 50-an dampaknya traffik bisa sepi.

Kalau tidak mau ribet seperti itu sebaiknya gunakan wordpress. Wordpreess selfhost maupun non selfhost menggunakan program PHP untuk membangun backlink secara otomatis, hasilnya pun kode HTML terbaca secara langsung bahkan htmlnya di unduh masih kelihatan jika dibuka menggunkan notepad++.

Kalau kamu hanya mengandalkan peta situs bukanya google yang bakalan datang menghampiri situsmu. Tapi malahan blog Auto Generated Content, sofrware mereka bakalan scrapx mencatat semua URL yang diberikan oleh peta situsmu. Kemudian ia akan menyalin artikel langsung dari laman HTML bukan dari feed!, yang pandai pemrograman PHP pasti paham teknik grabber.

Sekarang sebelum artikel ini selesai saya akan meletakan bebetapa link recent post dibawah ini agar saat google berkunjung ke halaman ini dia juga menemukan halaman lainya. Sebenarnya harusnya lebih banyak lagi link yang diletakan, contohnya seperti kompasiana.

Menarik untuk dibaca: