-->

Skrip Lazy Load mgid versi kedua, versi lengkap onscroll

Hai teman-teman sahabat pembaca setia blog kak ryan, setelah kemarin saya memposting tentang lazyload mgid yang baru saja saya coba, kali ini saya posting pembaruhanya. Saya rasa lazyload versi lama cukup ribet jika dipakai karena kita harus mengganti setiap skrip, satu iklan membutuhkan satu kode lazyload sehingga tidak menyenangkan digunakan apalagi kalau kita mempunyai banyak iklan mgid. Seandainya ada 4 iklan dalam satu halaman, pasti kita harus menuliskan kodenya sebanyak 4 kali donk.

Sekarang ada kabar baik, lazy mgid ini sudah saya perbaiki ke versi yang lebih mudah digunakan. Cara kerja skrip ini sama seperti sebelumnya yaitu akan meload js eksternal dari mgid.com saat halaman di scroll, jadi iklan hanya akan muncul pada halaman yang di scroll, hal ini tentunya akan mempercepat loading halamam kita. Kode JS mgid tidak akan dimuat saat halaman kita sedang memuat, bagaimana bagus bukan.

Baca juga:


Sebenarnya kecepatan pemuatan halaman hampir tidak bisa kita rasakan, sebab internet saat ini cukup kencang jika hanya dogunakan untuk memuat suatu halaman. Tapi akan sangat terasa bila koneksi internet sedang lelet, pada google developer ada alatnya buat menguji kecepatan pemuatan halaman. Pemuatan halaman yang cepat menjadi salah satu faktor penentu Seo, saya sudah membuktikanya.
LazyLoad MGID


Saat itu blog saya memiliki skor kecepatan muat halaman 50%, dan saat saya pasang lebih banyak gambar skor page speednya turun menjadi 29% secara drastis. Itu disebabkan karena saya memasang 3 js mgid dan 1 js Adsense.

Browser juga membutuhkan waktu untuk memuat javascript eksternal tersebut, js itu berasal dari server eksternal. Dengan menggunakan lazy mgid ini kamu bisa memangkas waktu yang dibutuhkan oleh browser saat memuat halaman. Sehingga proses pemuatan menjadi lebih cepat.

Alasan menggunaka kode Lazy OnScroll
1. Halaman bisa dimuat lebin cepat dibandingkan biasanya, sehingga bisa menambah tingkat / faktor seo. Blog yang cepat dimuat biasanya akan membuat 70% pengunjung mampir lagi saat menemukan blog kita di mesin pencari.

2. Menghindari spam atau yang biasanya kita sebut sebagai traffik tidak valid. Web screen capture online dan web jinggling masih bisa menjalankam skrip kita saat halaman tersebut memasang dan mengeksekusi skrip secaara bersamaan saat halaman dimuat, dan walaupun iklan tidak muncul / tayang kunjungan tersebut membuat catatan traffik yang aneh atau mencurigakan. Pada web capture online juga sama, iklan akan muncul apalagi pada halaman gambar cuplikaan template preview blogger.
LazyLoad mgid percepat pemuatan halaman versi 1

3. Mudah digunakan, bisa meningkatkan page ctr dan pendapatan, iklan akan sepenuhnya dimuat tanpa menghalangi akses lain. Skrip 100% bersih iklan bisa tayang sepenuhnya tanpa gangguan.


Saya bilang skrip ini masih sederhana, tidak banyak kode yang dibutuhkan. Ukuranya sekitar 0.001Bites kalau nggak salah, jadi memasang skrip ini tidak akan menambah ukuran pada size templatemu secara signiifikan. Saya sudah menerapkan dan mencobanya pada blog ini dan Alhamdulilah berjalan dengan baik kak, tapi saya belum menggantinya ke versi terbaru.

Yang saya pasang masih versi lama, yaitu 1 iklan membutuhkan satu skrip lazyload. Berbeda dengan yang saya posting kali ini, satu kode skrip bisa digunakan oleh banyak iklan. Yang harus kamu lakukan adalah memanggil fungsi dari skrip ini setiap kali memasang satu iklan dalam halaman.
Cara mendaftar Mgid agar cepat diterima!

Perlu diketahui ketika kalian memanggil atau menjalankan fungsi lebih dari satu kali maka dibutuhkan tindakn scrolling ber-jedah maksudnya satu kali scroll dan berhenti akan di eksekusi skrip pada baris pertama. Dan scroll kedua akan mengekseskusi skrip pada baris kedua begitu seterusnya sampai skrip yang kamu tuliskan selesai.

Skrip dimuat di latar belakang tidak menggunakan sistem loading, saat kamu menscroll halaman kita menggunakan EventListener yang artinya akan menjalankan sebuah statemen / fungsi dan pada fungsi itu kita mencoba menuliskan element <script> dengan bantuan javascript yang memanggil skrips eksternal.

Cara seperti itu sangat cocok digunakan, kamu juga bisa membuat payload selain on scroll untuk kodenya akan saya update di laim waktu. Sekarang silakan ambil skrip yang saya posting ini dulu: [Tempatkan kode ini pada diantara tag <head> ]
<script>//<![CDATA[
function muatSkrip(skripnya){
//alert(skripnya);
var lazymgid=!1;window.addEventListener('scroll',function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazymgid||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazymgid)&&(!function(){var e=document.createElement('script');e.type='text/javascript',e.async=!0,e.src=''+ skripnya +'';var a=document.getElementsByTagName('script')[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazymgid=!0)},!0);
}
</script>//]]> 



Cara penggunaan :
Cara menggunakanya cukup mudah, saat kamu memasang skrip iklan mgid, pastikan yang kamu pasang hanya kode div elementnya saja. Skrip eksternal kita jalankan menggunakan lazyload, coba lihat contoh pemangan berikut ini untuk melihat versi lengkap penulisanya. Jangan lupa untuk fungsi lazyloadnya diletakan di awal halaman bisa di header, diatas body maupun di dalam tag head. Yang penting kamu menginitializing fungsi terlebih dahulu sebelum menjalankanya. [ Gunakan kode ini untuk memanggil iklan ]
<!-- Composite Start --> 
     <div id="M493082ScriptRootC742952"> 
     </div> 
 <!-- Composite End --> 
<script>
muatSkrip("https://jsc.mgid.com/r/y/ryanjhr350.blogspot.com.742952.js");
</script>


Untuk demonya kalian bisa melihat sendiri pada blog yang sedang kalian baca ini. Saat tidak ada pergerakan scroll tidak ada iklan yang muncul pada halaman, tapi saat kalian melakukan tindakan scrolling maka semua iklan akan muncul gentayangan di layar kaca hehehe.

Iklan sengaja saya tata dengan rapih dan untuk iklan yang jarang dilihat saya gunakan javascript untuk memunculkanya beberapa saat agar dilihat oleh pengguna. Apakah kamu menyadari sudah melihat iklan overlay (melayang mgid tadi?) Pasti kamu klik skip ya, saya tahu kok gak semua orang suka melihat iklan cmiww...

NB:Tolong yang ambil kode disini kalau diposting ulang kasih sumber, hargai pembut kode dengan cara memberikan link sumber ke artikel asli.