-->

5 Aplikasi buat belajar koding di android yang wajib kamu coba

Belajar koding di android memang sudah nggak jaman lagi sekarang, banyak orang sudah mempunyai laptop atau komputer sendiri. Tapi bagi sebagian orang belajar koding menggunakan android adalah salah satu hal yang menyenangkan, android itu simple, bisa kita customisasi dan biayanya juga cukup murah sangat cocok sekali buat kamu yang low butget tapi mempunyai keinginan menjadi programer web.

Belajar itu mengenal, praktek dan mencoba membuat website menggunakan tools yang ada. Saya pertamakali belajar kodng sejak jaman ponse java atau ponsel symbian saat itu saya menggunakan hp java blueberry. Gear yang saya gunakan aplikasi mobyexplorer dan blueFTP.

Sekarang sudah ada android, sehingga proses belajar jadi lebih mudah. Walaupun sudah lama saya memahami koding tapi saya jarang sekali praktek ngoding, terkadang sudah lupa baru dilanjutin lagi hehehe. Makanya selama bertahun-tahun saya hanya paham itu-itu saja.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi yang aku sarankan kalian install pada android kamu. Aplikasinya udah jadul, tapi lumayanlah masih bisa dijalankan di android 7 keatas, serta tidak banyak iklan lagi seperti sebelumnya.
Aplikasi android buat belajar koding


Sengaja saya bagikan versi mod atau versi pronya karena versi ini lumayan stabil dan tidak ada iklan apapun yang mengganggu. Selain itu gratis lagi.

Catatan!: Sebelum kamu mengklik link unduh pastikan mengetahui terlebih dahulu cara mengunduh file di blog kak ryan. Situs ini melindungi URL keluar, setelah kalian mengklik tautan unduhan maka akan tampil halaman destinasi, silakan tunggu selama 28 detik pada halaman tersebut. Scroll halamanya untuk melihat timer coundown, tombol download akan muncul setelah 28 detik.


Aplikasi Palapa WebServer

Walaupun sudah terbilang jadul dan gak update, aplikasi ini masih tetap setia menemani kita dalam menjalankan koding di android. Terbukti, dari sejak tahun 2015- sekarang saya masih menggunakanya. Aplikasi palapa webserver 100% gratis tidak ada biaya tambahan apapun, developernya sendiri mendapatkan keuntungan dari dana donasi dan sedikit iklan banner yang disisipkan dalam aplikasi.
Unduh Palapa

Pada android 7 keatas, terdapat sedikit bugs yang menyebabkan aplikasi ini tidak bisa dijalankan dan menghasilkan notif error. Saya sudah memposting cara mengatasi bugs error palapa web server beberapa hari yang lalu


X-Plore Mods BRMX Versi Terbaru

Aplikasi x-plore termasuk juga aplikasi gratis dan tidak mempunyai banyak iklan, fiturnya lumayan lengkap dengan tampilan mudah. Ada dua tampilan pada aplikasi ini, tampilan kiri dan kanan selain itu setiap tampilan bisa membuka folder yang berbeda. Walapun aplikasi ini 100% gratis tetapi masih ada sejumlah fitur yang tidak bisa kita nikmati sepenuhnya, contohnya ketika memutar musik kamu hanya diperbolehkan mengganti trek lagu melalui notifikasi bar sebanyak 3x saja, selebihnya harus melakukan donasi.
Unduh X-Plore

Saat mentransfer file ke ponsel lainya kamu juga tidak bisa menghapus folder / file di hape lain karena dikunci. Dengan aplikasi mod ini saat kalian saling terhubung menggukan fitur berbagi wifi kamu bisa saling hapus menghapus file, misalkan kamu menghapus file yang ada pada memory card hp temanmu, bisa juga menyalinya langsung ke memory card kita.

Saya juga menggunaka aplikasi x-plore sebagai penyunting teks, buat ngoding, membaca dokumen file html, membaca pdf, memutar video, memutar music, membuat asrip filezip, dan lebih banyak lagi. Hampir semua file yang saya kelolah bisa dibuka dengan aplikasi X-Plore 🙂


QuickEdit Mod Aplikasi Editor Android

Diatas saya menyebutkan kita bisa membuat teks html, menyunting teks, bahkan membacanya menggunakan aplikasi x-plore. Tapi tidak lengkap rasanya kalau tidak ada aplikasi penyunting teks, x-plore mempunyai kekurangan sendiri maka dari itu saya menggunakan aplikasi QuickEdit. Biasanya pada programer pemula akan banyak sekali belajar memperbaiki error, ngoding error kemudian ngoding lagi error lagi. Dan itu normal, kita memperbaiki error dengan melihat nomor baris kode yang mengalami masalah, nah di x-plore tidak bisa menampilkan nomor baris saat kita membuka file teks.
Unduh QuickEdit

Jika menurut kamu fontnya terlalu besar kamu bisa mengkonfigurasinya pada menu setelan, ada juga fitur lighning yang bisa membuat syntaks setiap fungsi pada program kita berwarna. Sehingga kita bisa tahu kalau kita kesalahan dalam menulis koding.

Aplikasi ini sangat cocok bagi programer web pemula seperti saya, apakah kamu tertarik mencobanya? Silakan unduh gratis lewat link yang saya sediakan diatas. 🙂


Linghning Browser Old Version

Beberapa aplikasi browser moderen sudah dilengkapi dengan fitur offline, sehingga ketika kita mengunjungi alamat web tanpa mengaktifkan data maka akan dikira kita sedang offline dan browser akan menampilkan halaman cache yang sudah tersimpan.

Termasuk aplikasi google chrome, maka dari itu aplikasi chrome tidak saya rekomendasikan buat ngoding offline di android. Saya merekomendasikan aplikasi lightning browser versi lama, sebab mungkin versi barunya sudah dilengkapi dengan offline mode dan ditanami banyak iklan.
Unduh Lightning

Aplikasi ini tidak ada bugs, jika ingin menggunakan tampilan desktop kamu tingga mengganti saja useragent pada aplikasi ini. Tidak seperti aplikasi google chrome yang mengonsumsi banyak data untuk kebutuhan singkronisasi dan menampilkan notifikasi berita (NewsFeed).

Saat membuat skrip website video streaming online saya juga menggunakan aplikasi lighning browser. App ini sederhana, ukuranya yang lumayan kecil 1.6MB - 10 MB kalau diinstall sehingga tidak menghabiskan banyak space pada memory kamu.


Kika Keyboards Old Version

Saya tidak merekomendasikan aplikasi versi mod apalagi aplikasi versi baru jika ingin dijalankan secara bersamaan. Hal tersebut tentu saja akan menghabiskan banyak ram kamu, gak cuma ram yang habis tapi aplikasi ditanami dengan banyak iklan yang mengganggu. Saya tidak suka dengan aplikasi yang menghabiskan banyak kuota hanya untuk meloading iklan.

Jadi kika keyboard lama adalah solusinya, kamu juga bisa menggunakan keyboard bawaan hp karena menurut saya bukan bagus atau tidaknya aplikasi tapi, penguasaan kamu terhadap aplikasi tersebut. Semakin paham dengan aplikasinya maka proses mengetik koding bisa menjadi lebih cepat, saya menggunakan kika keyboard versi lama.

Sudah 2 tahun lebih saya pakai dan saat ini saya bisa mengetik lebih dari 30 kata pemenitnya. Tergantung sih, biasanya kalau saya otak saya sedang banyak ide ngetik program jadi lebih cepat, tapi kalau lagi pusing bisa berjam-jam cuma buat mikirin cara kerja algoritma.
Unduh KIka


Dan yang terakhir adalah bonus buat kalian para pembaca setia blog ini, bonus yang saya berikan kali ini adalah skrip phpMyAdmin 2.0 dan Skrip indobox filemanager. Kedua skrip ini sangat dibutuhkan, phpmyadmin buat kalian yang ingin membuat website berbasis database MySQL sedangkan indobox filemanager adalah sebagai gantinya saat kalian tidak menggunakan ponsel sehingga akses file di hosting bisa kalian buka secara langsung melalui folder rahasia. Silakan unduh bahan dibawah ini:

Semangat belajar kodingnya, saya sarankan agar kamu juga belajar bahasa inggris. Karena hampir semua dokumentasi yang membahas masalah koding berada dalam bahasa inggris, salah satunya stackoverflow yang membahas semua masalah terkait koding dan algoritma tertentu (web based forum). Ada juga github yang berbagi source code secara gratis, kemudian wc3schooll mengajarkan cara penggunaan fungsi-fungsi bawaan program dengan bahasa inggris dan beserta demonya.

Belajar koding itu memang dirasa sulit jika kalian malas-malasan, biasanya orang belajar itu sambil prakter. Setelah mengenal cara penggunaan fungsi mereka biasanya melatih diri dengan mengembangkan aplikasi tertentu, sehingga menjadi terbiasa dalam menulis koding. Hal itulah yang membuat orang jadi memahami koding. Saya dulunya juga begitu, sebelum mengenal koding saya membuat blog dan dari menulis blog itulah saya menjadi paham tentang kode HTML (Terbiasa).
Bila ada link yang rusak atau file dihapus silakan berkomentar, saya akan ganti dengan link baru dan kalau ada saya kasih app mod versi baru.