-->

Cara mengatasi palapa webserver error di android 7 keatas, Ngobar di Palapa WebServer

Blog Kak Ryan - Palapa webserver adalah satu-satunya aplikasi web server gratis android yang dibuat oleh anfanla. Aplikasi ini sudah banyak memberikan manfaat buat saya, karena saya tidak pernah punya laptop. Namun berkat aplikasi palapa web server saya masih bisa belajar koding, bahkan membuat website secara offline dari android.

Tapi entah kenapa aplikasi ini jarang sekali diperbaruhi, saat postingan ini dibuat saya sudah tidak menemukanya lagi di playstore. Walupun begitu masih ada toko aplikasi lain yang menyimpan cadangan aplikasi ini, saya juga menyimpan cadanganya. Aplikasi yang aku gunakan adalah aplikasi yang sudah aku unduh sejak tahun 2017 lalu.
Palapa Web Server Error


Awal mula saya menggunakan aplikasi palapa webserver semuanya biasa-biasa saja, walaupun masih ada sedikit kekurangan.

Tapi sejak aku beralih ke hp android dari xiaomi yang menggunakan android 7.1 Naugat, saya tidak bisa lagi menggunakan aplikasi palapa webserver. Tapi masih bisa digunakan pada ponsel android dengan versi 5 kebawah.

Saya bingung kalau aplikasi KineMaster, WhatApps banyak sekali yang suka memodifkasinya. Sedangkan aplikasi palapa webserver gak ada yang memodifikasinya, menurutku walaupun melalui pihak ketiga modifikator aplikasi android secara tidak langsung membantu aplikasi tersebut trending.

Contohnya saya, lebih suka menggunakan aplikasi hasil moddifan. Menurut pendapat pribadiku, menggunakan aplikasi mod jauh lebih hemat dibandingkan kita harus membeli paket pro nya. Aplikasi mod jauh lebih bersih dari iklan, berbeda dengan aplikasi gratis yang ditawarkan oleh toko aplikasi Milik Google PlayStore Iklanya malah sampe mengganggu.
Cara membuat website streaming video mobile

Aplikasi fixellab misalnya, disaat kita menyimpan foto secara tiba-tiba iklan mumcul menutupi semua layar. Terkadang saya malah tidak sengaja ter-klik karena ingin buru-buru, dan yang lebih parahnya lagi iklan video yang tidak bisa diskip.

Biasanya iklan pada aplikasi android akan langsung dimuat saat aplikasi tersebut pertamakali dijalankan, oleh karena itulah paket data pemakaianya boros. Setiap aplikasi walaupun kerja aplikasinya offline tetap saja memakan data untuk meloading iklan.

Karena alasan diatas makanya saya lebih suka menggunakan aplikasi mod, tapi jika aplikasinya berhubungan dengan akun google, akun fb, atau akun lainya saya tidak akan gunakan. Saya tidak suka memberikan akses akun ke pihak ketiga, sangat beresiko.

Kembali lagi ke topik Palapa Webserver, mari kita ketahui terlebih dahulu. Darimana pendapatan Alfanla sang developer aplikasi Palapa Webserver? Sebenarnya aplikasi palapa disisipi iklan, hanya saja iklanya tidak seperti aplikasi lainya yang sangat mengganggu, iklan palapa webserver hanya sebatas banner 320x50 saja, itupun hanya tampil jika kita membuka aplikasinya dengan koneksifitas data berjalan. Hanya sebentar, sisanya aplikasi akan berjalan dilatar belakang.

Selain iklan palapa webserver juga menyediakan kontak donasi, saya rasa pasti banyaklah yang berdonasi mengingat aplikasi ini sangat berguna dikalangan developer website. Rattingnya saja di playstore mendapatkan ratting 4.4 sudah lumayan bagus ratting tersebut.

Tapi sangat disayangkan aplikasinya harus tertinggal begitu saja, padahal zaman kita ini dimana internet semakin populer dikalangan anak muda. Banyak orang berlomba-lomba membuat website bisnis, saya juga masih membuatnya hingga sekarang. Terkadang saya iseng membuat sebuag website.
Cara membuat server ujian Online dengan FlyExam

Sebenarnya aplikasi palapa webserver tersebut masih berjalan pada android 7 dan diatasnya, hanya saja ada sedikit bugs yang tidak singkron pada android versi tinggi. Jadi setelah kita men-klik tombol star server pertamakalinya tidak terjadi reaksi apapun pada layar tampilan aplikasi tersebut. Namun aplikasinya sudah berjalan (Server Running). Jika kita tekan sekali lagi maka akan keluar tulisan Error seperti ini:

Web Server Messages:
2020-03-20 15:43:09: (src.network.c.149) can't bind to port: 8080 Address Already in use


Ya Emang error, port 8080 itu sudah digunakan dan aplikasi palapa webservernya sedang berjalan. Tepi hanya saja tombol startnya gak hilang alias gak berubah jadi tombol stoped, kalau kamu start sekali lagi maka akan error seperti diatas karena port 8080 sedang digunakan.

Pernasalahan ini saya ketahui setelah saya iseng-iseng mencoba seolah olah akan mendapat jalan keluar memperbaiki aplikasi palapa webserver yang error.

Saat setelah saya klik start server satu kali, saya meninggalkan aplikasi tersebut berjalan dilatar belakang dan membuka aplikasi lain. Lalu saat saya mengetikan URL di browser chrome tanpa sengaja tangan saya mengklik rekomendasi url yang berasal dari history jelajah yaitu 127.0.0.1:8080 dan terbukalah isi dalam folder pws/www

Hal tersebut membuat saya kebingungan, kok aneh. Apa ini localhostnya kata aku, sambil memikirkan kalau di android sudah dilengkapi dengan aplikasi web server.

Tapi setelah saya menutup semua aplikais yang berjalan dilatar belakang, link yang saya akses itu tidak bisa legi menampilkan root folder dalam www. Dan pada waktu itulah saya menyadari kalau aplikasi palapa webserver tersebut berjalan, padahal saya baru saja menghapus aplikasinya.

Terpaksa deh saya install kembali, dikirim langsung filenya dari memory sdCard Lama saya.

Aplikasi palapa webserver bisa bertahan di memorycard lama saya karena memory saya itu cortupt karna saya banyak meletakan file ber-ektensi .php di memory sdCard. Jadi efeknya ada file yg berkapasitas 1GB pada memory tersebut, beberaoa file ukuranya menjadi 0B. Dan saya tidak bisa menghapus file yang ada didalam sdCard itu.

Jika dihapus paksa masih bisa, tapi saat kita bongkar pasang sdCardnya file yang dihapus kembali lagi.

Dengan berhasilnya memperbaiki aplikasi palapa webserver maka saya mulai ngoding lagi gan sist, website yang terbayang saya buat saat itu adalah web aplikasi video streaming untuk ponsel.

Saat membuatbya aku teriinpirasi dari situs sfile.mobi yang menyediakan tempat berbagi file bagi tamu tanpa harus mendaftar. Selain terinpirasi dari sfile.mobi saya juga terinpirasi dari kompasiana.com yang selalu menyajikan artikel bagus dengan halaman sederhana cepat dimuat dan lebih sedkit iklan (Amp Page).

Akhirnya saya buat webnya dengan koding simple serta tampilan yang sederhana demi mempermudah pengeditan, pembuatan, user ekprience, dan kecepatan loading halaman. Jika kamu tertarik ingin membuatnya silakan baca artikelnya pada link yang saya kasih diatas, sampai disini dulu ya. Semoga kamu memahami apa yang saya jelasksn hari ini.

Oh iya, skrip diatas sekarang ini sudah saya lengkapi dengan web admin 2.0 yang bisa memanage video hasil unggahan para pengunjung. Selain itu terdapat fitur import video dari web lain (Upload from URL). Jika berminat silakan membelinya pada artikel terbaru saya.

Tags: #PalapaWebServer #Can'tBindToPort8080 #PalapaWebServerErrorMessage Cara mengatasi error palapa webserver, Aplikasi palapa webserver bisa jalan di android xiomi, cara menjalankan palapa web server di ponsel xiaomi, Mengatas masalah palapa webserver tidak jalan pada android, cara menjalankan aplikasi palapa webserver.