-->

Cara membuat server aplikasi ujian android CBT/FlyExam

Halo sobat IT jumpa kembali di Blognya kak Ryan, Pada kesempatan kali ini aku mau berbagi tips android nih. Salah satunya tips yang banyak dianggap orang tidak mungkin bisa dilakukan, tapi sebenarnya bisa akalin agar bisa berjalan dengan baik.

Setelah saya memahami prinsip dasar kerja dari aplikasi ujian berbasis komputer ternyata tidak jauh-jauh dari program website (koding). Sehingga saya memodifikasi sekdikit kode dalam script web applikasinya tujuanya agar valid dan sesuai dengan path yang ada di HP.
Ujian Online dengan Android


Sebenarnya ini bukan ujian online, akan tetapi ini adalah ujian offline yang kita lakukan dalam jaringan LAN yang saling terhubung. Prinsip kerjanya juga sederhana, satu smartphone kita jadikan sebagai server nanti hp ini akan digunakan untuk menjalankan aplikasi webnya dan sekaligus sebagai penyimpan data soal.

Selanjutnya kita menggunakan Hotspot sebagai jaringan koneksinya dimana ponsel server menyalakan hotspotnya dan client yang akan ujian kita hubungkan melalui koneksi wifi. Dan barulah mereka bisa mengakses website ujiannya melalui alamat ip universial yaitu 192.168.43.1 dengan port 8080 melalui aplikasi FlyExam Browser.

Baca Juga :
  1. Unduh Database Soal FlyExam


Kode aplikasi ujianya (script website) sudah sedikit saya rubah beberapa konfigurasinya agar sesuai dengan path pengalokasian file pada hp jadi kalau kalian mendownload versi asli kemungkinan web nya tidak akan berjalan dengan baik. Baiklah berikut ini tahapan tahapan harus kamu lakukan:


Unduh Semua Aplikasi Pendukung

  1. Palapa Web Server [Versi old 2017]
  2. Lightning Browser [Versi old 2017]
  3. Aplikasi FlyExam [Versi old 2018]
  4. X-Plore [ Versi Lengkapnya ] 
➡Ambil  Alat


UNDUH JUGA SCRIPT WEB APLIKASI UJIANYA, DAN WAP PHPMyAdmin. Simpan di Folder kosong atau Folder download agar lebih mudah dicari.
  1. PHP Ujin Online CBT ( Size 56 MB ):
  2. Wap PhpMyAdmin (Size 260kb ) :
➡Unduh Serentak

Note: Link diatas sudah saya singkat dengan safelinku, kamu tinggal lewati saja sesuai prosedur.
Apabila diarahkan ke situs lain klik back atau kembali tab sebemumnya, file aslinya hanya ada di google drive. Jika kamu kesulitan mengunduh file di blog ini silakan baca artikelnya disini.



Dan ini adalah informasi akun defaultnya yang sudah saya konfigurasi dari awal:
Nama Pengguna : admin
Kata Sandi : 0987654321
Jika kamu ingin mengganti database mysql file config ada di folder >> functions/config/tce_db_config.php


Baiklah proses selanjutnya kita pasang / install semua aplikasi android yang sudah kamu unduh tadi. Kalau sudah selanjutnya buka dan jalankan aplikasi palapa web server, pertamakali membuka kamu diminta untuk menginstall pagckage. Install saja dengan satukali ketuk, tunggu sampai proses instalasi selesai biasanya satu sampai dua menit.

Berikutnya kita konfigurasi terlebih dahulu server palapanya. Caranya masuk klik menu ikon pojok kiri atas, lalu pilih web server setting, pada bagian bawahnya pilih php seetting, kemudian pada tulisan Display Error tambahkan kode && ~E_NOTICE

Tujuanya untuk menghilangkan notif-notif error yang tidak kita perlukan. Biasanya error variable kosong saja bisa muncul notifnya.

Lanjut boss kita Resset MySQL user, klik kembali, lalu pilih menu database setting, lalu klik Reset MySQL User. Lakukan sebanyak 3 kali agat benar-benar clear.

Tahapan berikutnya jalankan Webserver, klik kembali pada halaman home Klik Start Server. Pastikan semua server telah aktif termasuk server MySQLnya.

Baca juga:


Tahapan Installasi Web Aplikasi Disini kamu kana lebih banyak menggunakan aplikasi X-Plore.
Silakan Ekstrak file arsip FlyExam CBT 3.0.zip yang sudah kamu download tadi ke dalam folder batu di internal hape kamu tepatnya di "pws/www".

Ekstrak juga file arsip PhpMyAdmin ke dalam folder "www/phpmyadmin".
Kamu tidak perlu membuat foldernya, karena folder tersebut sudah otomatis dibuat saat kamu menginstall package dari palapa webserver.

Langkah selanjutnya jalanakan lightning browser, masuk ke setting pilih pengaturan umum. Pada bagian useragent silakan pilih custom dan masukan nama sembarang misal "Kaka Ryan".
Selanjutnya ketikan alamat berikut ini ke browsermu : http://127.0.0.1:9999/phpmyadmin, jika dimintai autentikasi masukan admin sebagai password dan admin sebagai username. Setelah terbuka halaman PhpMyAdminya
Silakan koneksikan database, database dataweb, user root, password kosong, host localhost klik konek. Kalau beluk punya database silakan buat database baru dengan nama "dataweb"

Selanjutnya silakan upload database flyexam.sqnya di PhpMyadmin lokasi databasenya saya simpan di "storage/pws/www/" silakan masuk ke situ ada nama flyexam.sql itu databasenya.

Selesai melewati proses itu kamu sudah berhasil melakukan installasi aplikasi web ujian online di hape kamu sekarang kamu sudah bisa mengakses webnya melalui alamat http://127.0.0.1:8080 dan login menggunakan akun diatas, karena akun diatas adalah akun admin.

Buat hape lain yang juga ingin ikut terhubung mengakses websitenya silakan hubungngan hotspot server dengan hape tersebut kemudian akses alamat ip http://192.168.43.1:8080.

Sebelumnya saya minta maaf karena nggak sempat ambil gambar screenshotnya, dan sebagai gantinya saya contohkan melalui video berikut ini agar kamu semua lebih mengerti.


Catatan : kalau nggak bisa menjalanlan aplikasi palapa webserver pastikan hape kamu androidnya v 5.0 lolipop karena android diatasnya tidak akan bisa menjalankanya karena dicegat oleh sistem. Mau gak mau kamu harus cari android versi lima dan minimumnya android kitkat 4.4.

Demikianlah cara membuat ujian online kali ini, saya ucapkan terimakasih kepada pengembang software anfanla dan juga yang telah membagikan software ini secara gratis. Sekian izin pamit thanks.