-->

Cara mengatasi lupa password akun situs apa saja di Android

Selamat datang di blog kak ryan, sebagai seorang penjelajah internet saya mempunyai banyak akun sosial media bahkan akun bisnis seperti akun mgid, akun google, akun cron job, host dan lain-lain. Saya juga yakin teman-teman semua pasti sama saperti-ku, punya banyak akun sosmed hehehe, dari kebanyakan akun tersebut terkadang kita tidak sengaja melupakanya.

Kalau kita masih punya akses email atau nomor pemulihan hal tersebut biasa saja (bukan masalah besar), akan tetapi bagaimana kalau kita sudah lama tidak memperbaruhi data pemulihan akun. Nomor dan email facebook misalnya, jarang sekali kita memperbaruhinya ketika mempunyai nomor baru.

Bukan cuma itu saja, terkadang saat mengganti password akun kita dengan yang baru. Tanpa sadar kalau kita sudah melupakanya, ya namanya manusia kalau gak diulang-ulang ya pasti lupa hihihi. Sekarang kamu tidak perlu kawatir lagi jika lupa kata sandi saat masuk ke web login.
Cara memperbaiki lupa kata sandi


Tapi setelah kalian mendapatkanya saya rekomendasikan agar kalian mencatatnya biar suatu saat bila kita lupa kita masih punya catatan. Tips saya ini kebetulan saya dapatkan saat saya iseng -iseng mengoprek setelan pengaturan browser chrome. Dan perlu diketahui cara ini hanya berlaku bila kamu tidak pernah atau belum menghapus data browsing sebelumnya, dan mengaktifkan fitur simpan sandi di chrome, kata sandi ini tersimpan di browser chrome.

Sama seperti browser modern sekarang yang memiliki fitur penyinpaman sandi dan username secara otomatis, sehingga ketika kita ingin login ke website tersebut kita tidak perlu lagi memasukanya secara manual. Kebiasaan inilah yang membuat kita menjadi lupa dengan akun kita sendiri, apalagi akun google saya jarang sekali login - logout.


Ikuti langkah berikut cara mengetahuinya:
  • Buka aplikasi browser google chrome yang sering kalian gunakan.
  • Tap setelan atau titik tiga di pojok kiri atas.
  • Setelah itu pilih menu Simpan Sandi
  • Pada menu tersebut kamu akan melihat situs mana saja yang kamu simpan sandinya, pilih salah satu yang ingin kamu lihat.
  • Nah setelah kamu pilih kamu akan melihat, URL situs, username dan sandi yang masih tertutup oleh simbol bintang. Klik saja ikon mata yang ada pada kata sandi. Selanjutnya kamu akan diminta memasukan pola ponselmu sebanyak 2x lalu barulah sandi itu bisa di lihat atau disalin.



Cara lain melihat sandi:
Selain menggunakan browser, jika kamu sudah mengaktifkan mode singkronisasi pada browser chrome. Maka kamu bisa mengunduh semua password dan kata sandi yang pernah kamu simpan di chrome melalui link https://passwords.google.com, kamu bisa mengunduh salinan data kedalam file excel / csv.

Cara diatas baru saya ketahui sekarang, dan sayangnya akun facebook milik teman saya dulu yaitu Putri tidak bisa diambil kembali. Akun tersebut merupakan akun luar negeri, apalagi nomornya menggunakan nomor us/amerika serikat. Pasti akan sangat sulit meminta verifikasi ulang sandi, saat itu saya terlanjur menghapus semua data browsing. Sementara singkronisasi saya matikan karena dinilai menghabiskan banyak kuota.

Browser chrome selalu menyimpan semua data situs termasuk halaman webnya ke dalam cache, sehingga penyimpanan kita bisa penuh. Hal ini dilakukan ketika kita offline sehingga halaman web masih bisa dimuat tanpa harus mereloadnya lagi, dan juga meringatkan pemuatan halaman saat kita mengunjungi web itu kembali.

Saat itu ukuran data aplikasi chrome di ponsel saya sebesar 2.5GB, banyangin sebanyak itu saya kehilangan penyimpanan hanya untuk menyimpan sampah (cache website). Itu hasil data selama 3 bulan lebih saya tidak membersihkan browser chrome. dan setelah dibersihkan saya kehilangan banyak data, lupa kata sandi, lupa situs terbaik yang pernah saya kunjungi dan masih banyak lagi.

Ada alasan sendiri bagi saya untuk tidak menghapus data browsing, salah satunya malas login setiap akun karena saya mempunyai banyak akun. Menghilangkan jejak biasanya history sangat penting untuk mempermudah rekomendasi URL saat kita mengetikanya pada addressbar. Namun sekarang saya sudah sudah punya cara lain untuk mengatasi memory bengkak yaitu dengan menhapus data cache dan history saja, namun tidak menghapus cookie serta kata sandi yang tersimpan. Dengan begitu saya bisa mamangkas 80% penyimpanan.

Dalam sehari saya bisa membuka sebanyak 200x lebih situs web online, gimana unik kan. Ya memang aku suka browsing dan ngeblog, blog menjadi salah satu sebagai pemasukan sampingan buatku. Sampai disini bagaimana apakah kamu sudah paham caranya? Sengaja tidak saya sertakan dengan gambar, karena blog ini tidak direkomendasikan untuk gambar (Terlalu banyak gambar membuat loading halaman ini menjadi lebih berat ).

Video Pilihan: