-->

Raup keuntungan Ratusan ribu dari Ngeblog!

Blog Kak Ryan - Sebenarnya jika kamu memiliki blog maka bukan hanya sekedar adsense yang bisa diandalkan untuk mendapatkan uang. Namun masih banyak lagi metode yang bisa kamu lakukan contohnya affiliate marketing, menjual backlink, promosi konten berbayar (content placement), atau kamu bisa memonetisasinya dengan bergabung pihak ketiga seperti URL shortener, media upload file berbayar dan masih banyak lagi.

Tetapi secara umumnya kebanyakan orang lebih mengenal adsense sebagai platform untuk memonetisasi blog mereka. Ya karena google adsense jauh lebih mudah dibandingkan menjual branding dan jasa seperti diatas, karena kalau kita menjual jasa blog kita haruslah mempunyai kualitas yang baik serta memiliki traffik tinggi tentunya.

Sedangkan google adsense persyaratanya sangat mudah cukup dengan bermodalkan 13 artikel, dan blog yang sudah berumur minimal 1 bulan sudah bisa diajukan ke adsense.

Sejujurnya pendapatan dari blogger itu kecil, apalagi kalau kamu membuat blognya berbahasa indonesia. Maka dari itu gak heran kalau di beberapa blog yang pernah kamu kunjungi memasang iklan cukup banyak ada 3-8 iklan dalam satu halaman. Ini tentunya dengan tujuan untuk menambah penghasilan mereka.

Ini pengalaman saya, untuk mendapatkan penghasilan sebesar 20 ribu perhari saya harus mendapatkan 3000-4000 pengunjung setiap harinya. Banyangkan betapa kecilnya keuntungan yang saya dapatkan, angka itu biasanya berbeda beda terkadang bisa dapat dibawah 20 ribu kadang lebih dari itu semuanya tergantung dengan harga iklan.

Tapi sejak pertama gabung adsense cpc di indonesia memang sangat kecil kisaran antara Rp 400-3000. Bahkan ada yang lebih sadis lagi dari itu.

Nah agar bisa gajian tiap bulan dan mendapatkan penghasilan jutan rupiah dari adsense tentunya saya harus mempunyai banyak blog. Saya juga punya 2 blog lagi satunya masih blogspot dan satunya lagi sudah menggunakan TLD masing-masing sudah terkait ke adsense.

Atau saya harus membuat blog dengat target bule, biasanya iklan luar negri itu harganya mahal. Tapi apalah daya saya belum benar-benar mahir dalam bahasa inggris, jangankan menulis blog merangkai satu kalimat saja butuh waktu lama. Selain itu membuat artikel berbahasa inggris jauh lebih sulit daripada artikel berbahasa indonesia. Artikel bahasa inggris memang menggurkan. Ini adalah capture penghasilan dari teman saya mngelolah blog bule dengan traffik/page view 1000-3000 / hari.
Gaji Adsense blogger harian


Karena saya sudah punya 3 blog saya paham mengapa penghasilan adsense kecil, traffik blog saya tidak menentu kadang cuma dua, kadang sepi sekali. Maklum blog baru dan jarang diurus, jangankan mengurus banyak blog, blog yang saya kerjakan ini kewalahan mikirn topiknya.

Tidak mudah untuk mendapatkan 1000 pengunjung perhari, saya sudah belajar seo. Sudah menanam backlink dimana-mana, artikel ada yang page one google tapi tetap saja pengunjungnya sulit naik. Berbeda dengan kamu ketika bermain game cacing (worm zone) dimana kamu bisa dengan mudah mencapai skor tertinggi.

Jujur saja saya masih nganggur dan belum bekerja sejak saya lulus sekolah pada tahun 2018 lalu. Dan saya baru berhasil mengembangkan dan memonetisasi blog pada tahun 2019 tepatnya dibulan september 2018 dan penghasilanya masih sekitar Rp 89.000 bayangin sob sulitnya mendapatkan penghasilan dari adsense.

Banyak rintangan yang saya lewati, setelah terkena dampak pembatasan iklan dan saya berhasil mendapatkan traffik stabil yaitu kisaran 100-180 sehari tapi ada-ada saja orang yang jahil. Blog saya ini di agc semua artikel dipublikasikan ulang namun dengan mengubah tanggal terbitnya, sehingga jadinya blog saya kena deindex google. Beberapa artikel yang tadinya page one jadinya hilang.

Penyakit kena agc ini berlangsung cukup lama 😭, dari bulan november 2019 hingga bulan februari 2020 traffik saya hilang dan gak pernah muncul di google. Pada periode itu traffik saya perlahan-lahan menurun dan makin hari makin hilang.

Cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan maksimal adalah dengan bekerjasama di satu blog dan membuat tim penulis. Contohnya seperti kompasiana, banyak orang yang menulis dikompasiana anggap sajalah kompasianer sebanyak itu adalah tim. Jadi penghasilanya mungkin lebih dari satu miliar yah tapi yang nulis disana gak digaji 😁.

Semakin banyak penulis pasti akan semakin lengkap dan banyak artikel yang kita publikasikan. Kalau saya sendiri dalam satu hari hanya bisa membuat satu hingga dua artikel saja, satu saja udah bingung mikirinya.

Karena saya harus mencari bahan, lalu ide apa yang harus dibahas. Kalau topiknya tutorial sudah pasti saya harus mencobanya terlebih dahulu kan, sebagai bahan eksperimen. Tapi kalau topiknya hanya basa-basi seperti ini saya bisa menulisnya dalam waktu satu jam saja.

Yang terakhir mikirin artikel yang udah dibuat sebelumnya, apakah sukses atau nggak. Pencapaian yang paling sulit adalah menbuat satu artikel yang bisa dibaca oleh lebih dari 100x. Tapi rata-rata artikel saya dibaca sebanyak 3-20 kali butuh berbulan bulan biar jadi 100x dibaca hehehehe.

Artikel Terkait:
Betapa susahnya ngumpulin Receh dari Google Adsense Blog

Cara menerima pembayaran Adsense Via Rekening Virtual Ovo

Cara mengontrol iklan pada setiap Artikel pada Blogger