-->

Setelah terkena pembatasan iklan google adsense


Ini adalah pengalaman pribadi saya saat Blog Kak Ryan terkena dampak dari pembatasan iklan masal. Memang pembatasan ini terjadi dengan akun-akun baru, mengingat google tengah memperbaruhi teknologi detektornya bisa jadi kemungkinan situs kamu terjaring kedalam situs dengan traffik tidak valid. Tapi alhamdulilah setelah satu bulan (38 hari) terkena pembatasan iklan dari google adsense dengan alasan trafik tidak valid akhirnya sembuh juga. Bayangkan satu bulan saya tidak memperoleh penghasilan satu rupiahpun, walaupun begitu saya tetap semangat menulis artikel membagikan ilmu pengalaman yang pernah saya alami.

Awal mula pembatasan iklan ini, terjadi pada 13 oktober 2019 lalu, pada saat itu saya sedang mendesain ulang template yang saya gunakan. Dan saya tidak melepas js adsense tapi malah menggunakan adblocker agar tidak salah klik iklan dan iklan tidak tayang. Saya menggunakan fitur hidde annoying ads yang ada pada kiwi browser. Walaupun iklan tidak tayang namun statistik tampilan halamanya tetap dihitung pada google adsense. Saya melihat pada tanggal 12 oktober page views blog saya ini (Blog Kak Ryan) meningkat drastis karena saya sering merefresh halaman blog.

Dan hal inilah saya jadikan patokan sekaligus pengalaman berharga agar tidak terulang lagi ke anda yang tengah mengembangkan blog dengan iklan utama google adsense.

Apa saja yang dilakukan pada saat kena pembatasan?
Saya tidak melakukan cara apapun tapi hanya mengikuti instruksi penjelasan yang diberikan oleh google adsense, dalam waktu satu bulan penuh itu saya berusaha menulis artikel yang bermanfaat dan membangun audiens atau trafik organik dari google. Sehingga waktu pembatasan berakhir saya sudah memperoleh traffik harian 80 - 100 san.

Harapan saya satu bulan bisa mencapai target 5000 pengunjung, tapi karena saya terkadang malas menulis artikel dan kurangnya seo offpage impian saya itu belum bisa tercapai. Namun saya tetap bersyukur alhamdulilah saya berhasil menaikan trafik blog ini secara alami. Kamu bisa melihatnya di arsip blog ini pada bulan oktober - september 2019, dalam satu bulan penuh itu ada banyak artikel yang saya publikasikan.

Waktu itu saya tidak mengerti banyak tentang seo, hanya sekedar menulis berdasarkan pengalaman serta apa saja yang saya bayangkan. Jadi setiap harinya saya menemukan pertanyaan dan ide baru yang membutuhkan jawaban, kebetulan saya menguasai ilmu tersebut dan bisa menjawabnya dan saya jadikan sebagai artikel.

Terinpirasi dari statistiknya blog mas hisyam saya beranggapan kalau satu artikel setidaknya bisa dibaca oleh satu orang dalam sehari, berati untuk mendapatkan 5000 pengujung perhari saya harus membuat 5000 artikel. Tapi target itu terlalu banyak menurut saya, hingga akhirnya saya putuskan membuat 100 artikel untuk mengisi kekosongan blog ini.

Dengan impian 100 artikel tersebut bisa mendapatkan pengunjung rata-rata 100 orang perhari, walaupun hanya mencapai batas maksimum 70 visitor sehari 😅

Tapi secara sesungguhnya saya bangga dengan pencaiapain itu, karena punya karya orisinil hasil tulisan sendiri. Artinya saya sudah mempunyai pengalaman dalam berapa bidang tertentu (menguasai materi yang dibagikan).

Berapa lama dibatasi?
Penayangan iklan pada blog ini dibatasi mulai dari tanggal 13 oktober 2019 lalu dan kembali normal lada tanggal 15 November 2019 pada waktu itu memang notif iklan dibatasi masih tampil di pemberitahuan. Tapi sudah bisa terlihat angka statistik penayangan yang sudah normal. Notif ini hilang pada tanggal 21 November 2019, jadi tidak menentu lama atau tidaknya waktu pembatasan tergantung dari sisi pengamatan algoritma robot google dalam memantau kualitas trafik anda, tapi biasanya kebanyakan kasus ini hanya terjadi dalam satu bulan saja.

Saranku buat temen-teman yang saat ini terkena dampak dari pembatasan iklan, sebaiknya tidak mengikuti tahapan yang banyak dilakukan orang. Menurut saya itu ilegal, apalagi menghapus kode iklan dan ads adsense di blog bisa jadi google adsense tidak bisa memonitoring traffik organik dari situs kamu.

Apalagi sampai mencopot situs dari daftar adsense, kalau akun kamu hosted bisa jadi direview ulang saat penambahan kembali dan kemungkinan diterimanya sangat kecil. Walaupun akun kamu non hosted, itu tidak akan membantu hilang cuma sebentar kemudian muncul lagi notifnya. Bersabar saja dan tetap optimis membuat artikel, cari traffik sebanyak-banyaknya supaya pada saat pembatasan berakhir jumlah traffik yang kamu miliki mampu mengganti semua kerugian selama menunggu pembatasan 30 hari.

Sampai disini dulu topik kali ini, semoga artikel kali ini bisa menginpirasi para blogger pemula agar lebih semangat dalam membuat artikel.


Post a Comment for "Setelah terkena pembatasan iklan google adsense"