-->

Cara mudah membuat blog di blogger, tutorial video

Sahabat blogger terbaik dimanapun kalian berada, kali ini aku mau berbagi nih. Yang Blog kak Ryan akan bagikan kali ini adalah mengenai cara membuat blog sendiri seperti blog mastimon.com yang penomenal paling banyak dikenal sahabat blogger semua.

Kenapa harus seperti mastimon? Ya menurut saya karena blognya sederhana, enak dikunjungi dan dan mobile friendly. Selain itu biaya operasional dan pembuatanya juga sangat murah dibandingkan membuat blog di wordpress apalagi selfhost.

Ketika Melihat dibeberapa grup blogger ada banyak sekali teman-teman yang bertanya bagaimana cara membuat blog di blogger, walaupun sudah banyak yang memposting artikelnya beserta panduamya tetapi tetap saja ada kesulitan yang teman-temab alami khususnya bagi yang baru terjun ke dunia blogging. Oleh karena itu saya hadirkan artikel ini dengan maksud dan tujuan agar teman-teman semua bisa membuat blog sendiri.
Cara Membuat Blog Seperti Mastimon.com


Situs blogger.com berbeda seperti wordpress, dimana pengguna harus memahami dasar-dasar HTML dan javascript agar bisa mengembangkan blog dengan baik. Jujur saja pertamakali saya memulai blog pada 2018 lalu sulit sekali mencari tampilan yang pas dimata, blog ini sudah mengalami berkali-kali penggantian template. Dan sekarang saya sudah dapatkan tampilan template yang sesuai dengan keinginan hehehe...

Baca Juga :


Bagaimana dengan template bawaan?, template bawaan blogger menurut saya tidak enak dipandang, terlalu sederhana dan tata letaknya berantakan shingga saya sering menggantinya. Terkadang pernah mencoba sekali mengedit template sendiri agar sesuai keinginan tapi hasilnya tempate tidak bisa dipasang, terdapat error pada xml.

Setelah berkali-kali mencoba dan mendapatkan ribuan kali kegagalan akhirnya saya bisa mengedit template sendiri bahkan bisa mebuat blog dengan mudah hanya melalui HP yang saya punya. Pada hari ini saya akan berbagi tutorialnya untuk anda, tapi perlu diingat tutorial ini hanya sebatas langkah-langkahnya saja saya tidak mengajarkan cara nya secara lengkap. Silakan disimak, maaf tidak saya sertakan dengan screnn capture karena tutorial sudah saya jadikan video.

Catatan: Jika anda melenceng dari tips yang saya saya tulis ini, anda akan kesulitan memulainya, oleh karena itu simak baik-baik dan pahami tata cara membuatnya baru kemudian praktek mencoba. Untuk topik lanjutan belajar ngeblognya silakan baca artikel seputar blogging dk blognya mastimon.com atau klikmania.net disana ada banyak tutorial yang membahas blog.


Baiklah langsung saja kita masuk ke TKP

Pertama silakan ambil aplikasi yang dibutuhkan dan file tema dan teks dummy nya.


Untuk temanya silakan hubungi saya atau kalian bisa membelinya secara langsung pada pembuatnya. Tema diatas sebenarnya bukan versi originalnya, hanya saja hasil rekayasa saya sendiri dengan meniru gaya tampilan mastimon. Password tema silakan hubungi saya via FB www.facebook.com/ryanjhr350, kalau lewat formulir kontak blog ini mungkin lama saya balasnya.


Langkah Pertama buatlah Logo dan favicon untuk Blog.
1. Buka aplikasi pixellab pilih ukuran kanvas 500x110, lalu tambahkan huruf M besar, font saya menggunakan font geomanist-bold letakan di awal kanvas.


2. Kemudian kunci, lalu tambahkan teks baru masukan nama belakangnya misalkan nyontek kali ini gunakan font Blogger_Sans-Bold lalu presisikan diatas bagian samping huruf M tadi. Jangan lupa kunci teks nya agar tidak bergerak.


3. Buat kembali teks baru kali ini gunakan font huruf sambung atau american serif tulis informasi singkat seputar blog sobat, atur juga backgroundnya agar terlihat transparant. Seperti biasa kalau sudah dipresisikan jangan lupa kunci lapisan tersebut.


4. Selanjutnya amati apakah sudah benar atau belum, pastikan semuanya terlihat rapih. Kalau sudah kita lanjut ke tahapan berikutnya:


5. Pada tahap ini kita akan membuat favicon, tetap pada kanvas yang sama anda tinggal mengganti ukuran kanvasnya menjadi 500x500 jangan lupa presisikan background ke semula.

6. Tambahkan shape lingkaran atur ukuranya 4:5 dengan kanvas, jangan lupa warnanya pilih warna kuning muda dan tambahkan border dengan warna hijau tua.

7. Tambahkan teks M gunakan fon Bloggrr_Sans-Bold lalu ukuran fontnya jadiin 100% presisikan di tengah lingkaran.


8. Kunci semua lapisan kalau udah klik layar bawah dan pilih transparen lalu simpan.


9. Masuk ke faviconmatic ketik di google dan pilih yang paling atas. pada bagian pilihan pilih all size lalu upload logo M yang kita buat.


6. Selenjutnya download dan ekstrak file Faviconya pilih yang ukuran 152x152 aja dan pindahkan ke folder pixellab menggunakan x-plore.


Untuk bagian cara membuat blognya akan saya rangkum dalan video berikut ini mengingat sulit sekali menjelaskan fitur blogger dengan gambar. Dalam video ini saya ulas secara lengkap :)



Artikel ini hanya membahas seputar langkah-langkahnya saja, adapun bahan gratis yang saya berikan yaitu artikel demo (dengan teks dummy) serta artikel navigasi halaman seperti about, contact, disclaimer, dan privacy.

Untuk masalah template saya tidak bisa membagikanya karena template tersebut premium, kalian bisa membelinya di blog mass suggeng. Saya menghargai karya orang lain, dan saya harap semoga artikel kali ini bermanfaat buat teman-teman semua.

Hampir semua tutorial yang saya berikan dilakukan menggunakan hape android, karena saya ndak punya PC. Dan Alhamdulilah semuanya berjalan dengan baik tanpa pcpun bisa, sekarang giliran kamu membuktikanya.