-->

Mengenal fitur dasar Blogger.com


Sebelum kita ngeblog menggunakan platform blogger ada baiknya kita kenali dan kuasai terlebih dahulu fitur apa saja yang ada pada platform blog tersebut. Menurut saya fitur yang dimiliki oleh blogger ini cukup sederhana dan masih terlihat menarik walaupun tidak selengkap wordpress / platform lainya.
Berikut ini saya berikan beberapa daftar singkat mengenai fitur-fitur yang disediakan oleh platform blogger milik google ini, apa saja fiturnya dan kegunaanya. Tidak banyak fitur yang ada pada blogger.com, semuanya dirancang dengan begitu kompleks dan sederhana. Oh iya, blogger juga merupakan blog yang paling banyak menggunakan javascript sehingga gak heran kalau pade loadnya sedikit lambat daripada blog konvensional.

Bagi pemula sebaiknya anda juga mempelajari lebih dalam mengenai kode dasar HTML, css dan javascript. Karena kemungkinan suatu saat kita pasti akan berhadapan dengan koding. Okey baiklah tanpa perlu basa basi lagi nih fitur yang ada di blogger.com :

1. Postingan

Pada menu ini digunakan untuk mengelolah artikel yang akan kita tulis, pada bagian ini terdapat daftar artikel yang sudah anda update baik yang sudah dipublikasikan maupun masih tersimpan pada draft.
Adapun fitur yang tersemat dalam didalam postingan yaitu Manage Postingan seperti hapus,edit, draft. Terdapat juga fitur penyunting teks dimana bisa kamu gunakan untuk mengedit maupun membuat artikel baru dalam mode langsung (compose) ataupun mode HTML.
Postingan Blogger


2. Statistik

Bagian statistik ini menampilkan total postingan, jumlah komentar, total pengunjung hari ini, sumber pengunjung, halaman yang paling sering diakses, dan masih banyak lagi. Pokonya yang ditampilkan disini adalah anaistik dari performa blog mu selama beberapa waktu sebelumnya.
Statistik Blogger


3. Penghasilan

Menu penghasilan ini digunakan untuk menautian blog kamu ke google adsense, bisa juga digunakan untuk mengaktifkan dan nenonaktifkan monetisasi pada blogmu, tetapi itu jika kamu memasang iklan secara otomatis Dan tidak bisa dilakukan jika kamu pasang kode iklan google adsense manual.
Fitur Iklan Blogger

4. Halaman

Fitur ini hampir sama seperti postingan, tetapi fitur ini hanya untuk mengelolah halaman yang kita buat. Digunakan untuk menetapkan halaman seperti about, contact, privacy, bahkan curhatan anda. Apa yang anda posting melalui menu halaman tidak akan tampil pada halaman home blog anda.
Fungsi halaman (pages) sama seperti sebuah file HTML, url yang dihasilkan ketika kita menggunakan fitur halaman untuk membuat tulisan juga berbeda. Anda bisa membuat banyak halaman disini, penyunting teks yang ada disini mendukung kode HTML langsung sehingga anda bisa bereksperimen dengan javascript dan HTML.


5. Tata Letak

Bagian ini fungsinya untuk menyusun desain blog kita. Mulai menambah gatged / witget yang sudah ada pada bawaan template. terdapat 23 pilihan witget yang bisa kamu sematkan untuk setiap lokasi witget disini. Bahkan kamu bisa menambahkan kode HTML secara langsung disini.
Tata Letak


6. Tema

Memungkinkan kamu mengganti tema yang ingin digunakan. Ada banyak tema bawaan blogger yang nggak kalah menarik untuk kamu gunakan, selin itu disini kamu juga bisa mengedit kode pada template, membackup template, memasang template premium dsb. Pada blogger versi baru fitur tema ini sudah mendukung pengeditan kode melalui perangkat mobile (smartphone android), tidak akan lemot jika kamu mengaktifkan draft blogger.

O iya template yang saya gunakan ini namanya Evomagz buatan mas sugeng, template ini jenis premium tapi saya mendapatkanya secara gratis karena sudah banyak yang share hehehe.


7. Setelan

Fitur setelan ini fungsinya anda untuk mengatur konfigurasi blog, seperti menambahkan profile blogger, mengatur deskrispi blog, mengganti feed, membackup dan import semua artikel yang sudah anda publikasikan. Pokoknya beberapa setelan blogger ada disini dan bisa kamu gunakan untuk mengkonfigurasi blogmu.
Pengaturan Blogger


Adapun fitur lainya yaitu monetisasi fitur ini hanya akan tampil jika kamu sudah mengganti bahasa blogger ke bahasa Inggris amerika. Fungsi dari fitur ini adalah untuk menautkan blog kamu ke google adsense agar bisa memperoleh penghasilan.

Di blogger juga lengkap, mulai dari peralatan buat SEO misal deskripsi, judul, robots.txt, ads.txt, rrs feed, pemfomatan bahasa, Multy Admin (kontributor) kamu bisa menambahkan lebih dari satu pengelolah blog, ada admin yang memiliki akses sepenuhnya dan ada juga penulis yang memiliki akses terbatas terhadap blogmu.

Platform blogger menyediakan beragam fitur menarik dan sederhana, tapi blogger cenderung lebih mengarah ke orang yang sudah mahir dengan kode HTML dasar. Kamu bisa saja membuat blog yang sederhana, template sederhana, dan hanya bermodalkan android. Apalagi saat ini sudah banyak ponsel pintar yang beredar dipasaran dengan fitur canggih.

Keunggulan Blogger
Layanan yang sederhana dan 100% gratis tidak banyak fitur sehingga memudahkan pengguna dalam pengoperasianya.
Dukungan penyuntingan teks dengan HTML otomatis (kompose) sehingga mempermudah kita menulis artikel dalam blog khususnya bagi yang kalian belum paham kode HTML dasar.
Bisa memperoleh penghasilan dengan menautkan blog ke google adsense secara langsung tanpa harus membeli domain.

Ngomong-ngomong tentang blogger sudah pasti banyak yang berfikir ke penghasilan. Gak heran jaman sekarang baru ngeblog aja sudah mikirin Adsense hehehe. Hobi nulis emang menyenangkan tapi kalau kalian menulis untuk uang bakalan capek deh, yang ada anda malah jadi malas nulis. Berbeda denga orang yang memiliki hobi menulis sungguhan, mereka pasti akan lebih mementingkan kualitas dan manfaat suatu artikel dibanding penghasilan. Seperti yang kita ketahui kalau artikel blog nya bagus dan bermanfaat hasilnya pun memuaskan, klik link diatas untuk belajar seputar adsense.😀

1 comment for "Mengenal fitur dasar Blogger.com"

  1. Artikel ini saya buat dengan susah payah menggunakan HP android. Siapapun yang menyalin nya tanpa izin bakalan saya take down!

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar sesuai isi topik. Gunakan kalimat yang sopan, dilarang spam link.^_^