-->

Cara atasi situs prakerja.go.id jadi blank

Mengatasi Halaman prakerja Blank

Blog kak Ryan - Dalam beberapa kasus browser bisa saja menampilkan halaman blank alias halaman kosong tanpa gambar apapun. Walaupun cukup jarang terjadi, tapi kenyataanya ketika saya mengakses situs prakerja.go.id sering sekali memgalami halaman blank putih.

Dan kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara mengatasinya dari sisi client, kita lihat dari penyebabnya terlebih dahulu. Browser secara default akan mengirimkan permintaan terhadap protokol yang dituju melalui jaringan, kemudian web server akan meresponya dengan memberikan data yang kita minta.

Namun disaat webserver tidak mengirim data apapun, maka bisa jadi halaman web blank. Solusinya adalah merefres (reload) ulang halamam yang blank tersebut, apabila kamu sudah meng-input data dalam formulir kamu harus memilih klik centang kirim ulang data agar data yang kita masukan tidak hilang.

Berhubungan yang error ada pada halaman login prakerja.go.id, saya bisa menyimpulkan pendapat. Bahwa halaman error blank putih disebabkan karena faktor jaringan yang lemot. Kenapa, karena halaman login prakerja ada 2x akses.

Pertama ketika kamu membuka dashboard.prakerja.go.id, web server akan mengirimkan halaman sederhana berisi javascript. Dan javascript tersebut harus meminta request ulang halaman baru melalui latar belakang tetap dengan protokol HTTPs. Apabila jaringan lambat atau terputus sementara, kegiatan javascript ini jadi terhenti. Sehingga halaman menjadi putih tak ada data apapun yang diterima. Berikut ini contoh halaman blank ketika saya mengakses halaman login prakerja.go.id
Cara mengatasi chrome blank



Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan error diatas:
  • Jaringan internet tiba-tiba terputus walaupun ada logo 4G nya
  • Server web tidak memberi respon apapun
  • Permintaan diterima namun kode programnya kosong
  • Server sedang sibuk mengalami gangguan akibat banyak diakses



Cara memeriksa apakah ada konten dibalik Halaman blank?

Jika kamu sudah memeriksa berbagai situasi diatas dan memperbaikinya namun tidak berhasil sekarang coba kita lihat apakah situs tersebut memiliki konten atau tidak. Caranya dengan menambahkan karakter view-source: dibagian depan URL. Contoh view-source:dashboard.prakerja.go.id

Jika kamu melihat beberapa baris kode program artinya halaman tersebut ada, tapi apabila yang kamu lihat halaman kosong dengan angka baris-barisnya bisa disimpulkan penyebabnya adalah error pada server.

Silakan menunggu hingga website bisa kembali diakses dengan normal, hal ini biasanya terajadi ketika sebuah website diakses oleh jutaan orang. Pasti server gak bakalan kuat menampung hingga lebih dari jutaan orang yang mengakses situsnya secara bersamaan.

Beberapa langkah cepat mengatasi halaman mendadak blank ada beberapa langkah cepat yang bisa kamu lakukan.
  • Muat ulanf halaman dengan klik refresh (klik tanda panah melingkar)
  • Hapus cache dan coba login kembali ke halaman yang sama.
  • Biarkan beberapa saat sekitar 5-20 menit, kemudian akses kembali situsnya.



Itulah beberapa tips cara mengatasi halaman blank dari sisi client atau sebagai pengakses, hanya itu yang bisa kita lakukan. Bila kesalahan terjadi pada sisi server artinya bukan kita yang hatus memperbaikinya, tapi si pemilik website lah yang berhak memperbaikinya.

Kita sebagai visitor cukup menunggu saja beberapa waktu hingga server web pulih bisa diakses kembali. Perlu diketahui kalau kesalahan server biasanya ada notifnya, sehingga kecil kemungkinan halaman blank disebabkan oleh kesalahan server.

Yang ada mungkin kesalahan pada aplikasi program yang dijalankan. Yang terpenting kita sudah memahami bagaimana cara memperbaikinya, tidak perlu panik dalam dunia perwebsite-an pasti ada yang namanya kendala teknis.


Tips Browsing terbaik dari kak Ryan

Setiap situs web menggunakan komponen program yang berbeda-beda, ada beberapa sebagian yang support pada browset kita namun ada juga yang tidak support. Tips kali ini aku berikan cara agar kita tetap bisa browsing dengan nyaman tanpa terganggu iklan.

Iklan saat ini sudah menjadi momok menakutkan di dunia internet, hampir semuanya penuh dengan iklan. Kalau iklan tersebut tidak mengganggu ya wajar saja, namu kehadiran iklan di situs web tertentu cukup menggabggu bagi kenyamanan kita. Misalnya iklan melayang, iklan video yang diputar otomatis yang cukup menguras kuota.

Caranya adalah dengan menginstall aplikasi Kiwi Browser, skilas aplikasi ini mirip seperti browser chrome. Hanya saja kiwi mempunyai fitur tambahan, yaitu bisa menjalankan ekstensi addons dan terdapat fitur pemblokir iklan bawaan.

Kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut dan mulailah menjelajah situs tanpa iklan. Lancar digunakan, kiwi browser cocok untuk digunakan browsing seperti membaca berita, majalah, atau situs lainya yang mengandung iklan. Sementara chrome sangat direkomendasikan untuk web login, facebook, twitter, atau situs penting lainya.

Saya setiap hari menggunakan kiwi browser ketika ingin membaca artikel online. Karena hampir semua situs web menggunakan banyak iklan menggunakan dalam situs web mereka. Antara bisnis dan kualitas, bahkan iklan juga pernah muncul di situs pendidikan dan situs pemerintah.