-->

Apa itu MultyTester beserta kegunaanya

Tahukah kamu apa itu MultyTester? Dan kenapa disebut dengan multi?
MultyTester adalah alat ukur yang mempunyai banyak fungsi pengukuran. Contohnya mengukur hambatan, mengukur tegangan, dan arus listrik. Alat ukur ini digunakan dalam bidang elektronika guys, tukang servis elektro, reparasi hp menggunakan alat ini sebagai alat bantu pengecekan dan pengukuranya.

Volt meter, Ohm Meter, Ampere meter.
Dalam sebuah alat ini ada beberapa skala / alat ukura yang bisa kita gunakan:
  • Voltmeter digunakan untuk mengukur tegangan listrik, satuan pengukuranya adalah volt.
  • Ohm Meter digunakan untuk mengukur nilai suatu hambatan, satuanya ohm. Tapi bisa juga digunakan sebagai alat pengecek suatu rangkaian.
  • Ampere meter, digunakan untuk mengukur besaran arus listrik pada suatu rangkaian, nilai satuanya disebut Ampere.

Ada dua jenis multytester yang saat ini sering digunakan dalam bidang elektro yaitu multymeter analog dan gigital, Tapi kali ini kita hanya akan membahas seputar MultyTester Analog. Dibawah ini ada beberapa bagian-bagian pada multytester dan beserta penjelasanya.

Baca Juga :


Kotak Meter


Kotak Meter adalah tempat pembaca skala, didalamnya ada papan plat yang berisi skala penguran dan bisa kita lihat dengan mudah. Skala layar analog ini dilapisi dengan kaca plasttik, walaupub aman tapi tetap saja masih bisa pecah. Hati-hati ya!


Skala Pengukuran


Skala ukur adalah deretan angka yang membentuk mistar dan bisa kita gunakan sebagai patokan pengukuran. Pada MultyTester analog terdapat banyak sekali skala pengukurn yang berbeda beda untuk setiap jenis pengukuranya.

Jarum Penunjuk Meter

Jarum ini berfungsi sebagai penunjuk nilai pengukuran yang kita dapatkan pada papan skala ukur. Jarum panjang membentang dari bawah hingga ke ujung, dan dibagian tengahnya terdapat banyak sekali skala ukuran yang bisa kita baca sesuai dengan jenis pengukuran yang kita lakukan.


Zero Adjusting Screw


Bagian ini berfungsi sebagai kalirasi jarum pengukuran agar berada tepat pada posisi nol saat sebelum melakukan pengukuran bisa diputar kenanan maupun kekiri, dengan adanya ZAC ini, hasil pengukuran yang kita dapatkan akan jauh lebih akurat.


Zero Ohm Adjusting Knob


Ajusting knob ini fungsinya untuk mengkalibrasikan pada pengukuran hambatan (ohm), biasanya pada level skala pengukuran ohm yang berbeda beda, dengan adanya alat ini maka kita bisa menentukan posisi jarum tanpa hambatan pada saat sebelum pengukuran berlangsung.

Lubang kutub + dan lubang kutub

Digunakan untuk menghubungkan kabel tester dengan MultyTesternya, bisa juga kita sebut sebagai soket probe. Ada 3 soket yang terdapat pada multy, soket ohm dan volt biasa ditambah satu soket untuk mengukur tegangan listrik berskala tinggi.

Saklar pemilih

Saklar Pemilih disebut juga sebagai selector, saklat ini digunakan untuk memilih skala ukuran yang ingin kita ukur. Terdapat 3 level skala yang berbeda-beda, yaitu : Ampere Meter, Ohm Meter, Dan Volt Meter. Setiap satu level skala ukur ada level minimum dan maksimum daya pengukuranya.


Demikianlah untuk fungsi dari MultyTester kali ini, semoga bisa digunakan sebagai kateri pembelajaran yang lebih baik.
Setiap skala yang dipilih mempunyak angka skala ukuran yang berbeda beda, misalkan ohm maka kita membaca pengukuranya pada garis Ohm dan angka  2.1k /500  sampai angka 0. Hanya sedikit penjelasan dari saya semoga bermanfaat terimakasih.