-->

Mengenal jenis - jenis komponen elektronika beserta fungsinya



Komoponen elektronika ada banyak sekali jenisnya dan mempunyai fungsi yang berbeda beda. Disini akan saya sebutkan satu- persatu komponen elektronika yang paling sering kita jumpai.

1. Resistor
Resistor disebut juga tahanan adalah komponen yang fungsinya digunakan sebagai penghambat arus listrik.
Resistor mempunyai nilai hambatan yang berbeda - beda, hambatan tergantung bahan pembuatnya, dalam resistor satuanya disebut ohm. Agar dapat membaca nilai hambatan pada resistor kita bisa menggunakan helang warna yang ada dengan cara mengalikan nilai bisa juga menggunakan multutester.

2. Dioda
Semikonduktor satu ini digunakan sebagai penyearah arus listrik, dioda memiliki sifat yang hanya bisa mengalirkan arus listrik oada satu arah. Dan apabila posisinya terbalik maka arus listrik tidak akan mengalir, alias tertahan.
Arus pada dan soesifikasi pada dioda bisa dilihat pada kode nya dengan mencocokan pada datashet.


3. Capacitor / Elco
Adalah komponen penyetabil arus listrik, komponen ini memiliki sifat dapat menyimpan muatan listrik sementara sama seperti baterai. Capacitor ada dua jenis yaitu capacitot DC ( yang mempunyai polaritas min plus) dan capacitor AC (tanpa polaritas).


4. Transistor
Transistor adalah komponen aktif dalam elektronika, transistor memiliki tiga pin / kaki yaitu Basic (B), Collector (C), Emitor (E)
Transistor disebut juga penguat, dan saklar otomatis.
Prinsip kerja transistor yaitu mengalirkan listrik dari kaki C ke kaki E. Ada dua jenis transistot type transistot yaitu PNP dan NPN kedua transistor tersebut berbeda posisi kaki maupun cara pemasanganya.


5. IC (Integrated Circuit).
Sering disebut sirkuit adalah komponen elektronika yang didalamnya sudah ada puluhan bahkan transistor, resistor, capacitot, dioda dll yang dibuat sedemikian kecil hingga siap pakai. Ic memiliki banyak kaki pin, mulai dari yang 3 kaki hingga yang ratusan ribu kaki.

6. LED (Light Emitting Diode).
Disebut juga dioda emisi cahaya, dioda ini adalah komponen yang bisa merubah enekrgi listrik menjadi cahaya.

7. Speaker dan mic
Ya sepertinya sudah banyak yang tau, speaker adalah sebuah alat yang digunakan untuk merubah frekuensi getaran listrik menjadi suara, dan yang satunya mic merupakan kebalikanya yaitu komponen yang mengubah suara menjadi frekuensi listrik.

8. Conduktor
Konduktor funsgsinya untuk menghasilkan frekuensi listrik tertentu, konduktor hanya berupa lilitan kawat tembaga dan inti yang tetbuat dari ferit atau besi.


Nah itulah beberapa komponen elektronika yang paling sering dijumpai dalam peralatan elektronika kita dirumah.
Semoga bermanfaat, terimakasih.

Post a Comment for "Mengenal jenis - jenis komponen elektronika beserta fungsinya"