-->

Mau ngoding tapi gak punya PC, Nih Tips ngoding di android


Kesukaaan dan kecintaan anda pada koding pasti dumulai sejak kalian punya blog kan, atau langsung ada minat untuk belajar.
Baiklah kali ini aku bahas tahapan - tahapanya sebelum kita memulai belajar koding agar proses belajarnya lebih menyenangkan.
Ini pengalamanku waktu ngoding tanpa copy paste kode orang lain dibuat dari nol, copy paste code orang lain nanti kalau kita sudah mengerti koding dasarnya.

1. Persiapkan device

Device adalah perangkat keras yang nantinya kita gunakan untuk ngoding, dulu aku hanya menggunakan hp blueberry untuk koding html, css, dan javascript dasar. Makin lama makin meningkat dan aku menggunakan Samsung Note  setelah mengenal bahasa pemrograman PHP, sebagai servernya dulu waktu pake blueberry aku pake 000webhost.com, sekarang lebih suka palapa web server.

2. Persiapkan software

Dulu aku belajar html dasar di hp java, notepad nya aku menggunakan MobiExplore tapi kalau di android kalan bisa menggunakan TexEditor 920 atau texeditor lainya tapi aku lebih menyukai X-Plore karena antara text editor dan filemanager jadi satu.
Untuk server aku menggunakan palapa web server, alasanya lebih mudah digunakan dan fiturnya sederhana.


3. Pelajari dasar dasar koding

Disini kalian berusaha menghafal setiap koding dengan cara sering menggunakannya pada saat mengetik lama kelamaan anda akan terbiasa, seperti tag
tag
nama tag id tag dan sebagainya.
Proses menghafal memang sangat sulit, tapi akan lebih mudah jika anda rajin mengetiknya dan kemudian menjalankanya.
Mempraktekan membuat form, membuat baris baru, mebuat garis mewarmai text.


4. Tekadkan niat anda untuk ngoding

Biasanya ada rasa malas yang muncul ketika anda ingin ngoding, untuk mengatasinya anda bisa membuat bayangan masa depan dengan mengembangkan project / aplikasi web dengan koding anda sendiri tanpa menggunakan koding orang lain. Karena copy paste akan menyulitkan anda menguasai koding dasar.
Dulu aku ngoding dengan impian dan tekad mau mengembangin situs web auto like facebook. Ngodingnya dari tahun 2017 lalu dan selesai pada tahun 2018 bulan kedua.


5. Pelajari kesalahan kode  

Setiap koding yang akan anda pelajari mempunyai fungsi masing masing, dan setiap terjadi kesalahan ketik, atau lupa menutup tag bisa membuat halaman error pelajari penyebabnya dan cobalah untuk mencari solusinya.
Hal tersulit adalah mencari titik error pada halaman dengan teks koding yang sangat banyak.


Ya begitulah yang saya lakukan waktu awal mula ngoding, pertama waktu saya punya hp forland di tahun 2012 lalu, sudah lama dalam benak saya ingin buat website.
Dan keyword google saya pun hanyalah "cara membuat website di hp 😅"

Post a Comment for "Mau ngoding tapi gak punya PC, Nih Tips ngoding di android"