-->

Biaya operasional Blog Hosting dan Domain

Sebuah blog tidak mungkin sepenuhnya gratis, walaupun ada yang gratisan. Banyak dari mereka yang membuat blog berbayar, blog berbayar dinilai mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan blog gratisan yang dihosting oleh google maupun platform lainya. Tahukah kamu berapa sebenarnya biaya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sebuah blog? Mari kita hitung dibawah ini:
Perhitungan biaya pembuatan blog dan biaya operasional sebuah blog


Perhitungan ini tidak menyertakan plugin dan tema yang digunakan.
Setiap blog pasti mempunyai domain, harga domain dari suatu blog tersebut juga bervariasi. Tergantung dengan jenis dan domainya, dalam kasus ini kita coba ambil contoh saja seandainya harga domainya Rp 160.000,- / tahun.

Kemudian diikuti dengan harga Hosting, hosting ini hanya bagi blogger yang menggunakan platform blog selfhost (atau disebut juga dihosting sendiri). Sehingga mereka harus membayar biaya sewa hosting, cukup mahal biasanya harga untuk paket hosting. Tergantung dari segi fitur dan keunggulan seperti kapasitas penyimpanan, bandwidth bulanan, proteksi, dukungan email dll. Dalam kasus ini saya ambil saja harga standard (bukan hosting murahan), misalnya berlangganan paket hosting per tahun dengan harga Rp 780.000/tahun. (Harga lain mungkin lebih tinggi).

Diatas kita sudah menghintung berapa biaya untuk permodalan utamanya hosting dan domain. Dengan total dana mencapai Rp 940.000, sekarang kita hitung berapakah biaya yang dibutuhkan untuk kuota. Harga bisa bervariasi, ada yang menggunakan internet telkom ada juga yang menggunakan kartu seluler. Saya akan menghitung kartu seluler saja, dengan harga kuota bulanan Rp 99.000 x 1 tahun (12bln) = Rp 1.188.000

Baca juga : Cara mudah membuat blog di blogger, tutorial video

Sehingga untuk keseluruhan pendanaan operasional sebuah blog berdasarkan asumsi kita diatas adalah Rp 2.128.000,-
Harga diatas hanya diambil berdasarkan harga standard, perhitungan harga mungkin berbeda-beda, tergantung kondisi. Apalagi saat pembelian paket hosting yang banyak mengandung promosi, ya ini bagus untuk mendapatkan potongan harga yang lebih terjangkau.

Ini Estimasi biaya blog sugeng.id

Perhitungan secara terperinci mengenai berapa sebenarnya biaya yang dikeluarkan untuk membuat blog selft host. Wordpress beserta plugin SEOnya, belum lagi jika kalian membelu backlink domain dan sebagainya.
Biaya Blog Self Host


Kalau kamu ingin membuat blog selfthost cobalah difikir-fikir dulu, tergantung kebutuhan, blog wp biasanya digunakan bagi orang yang berkebutuhan khusus. Kalau kamu hanya ingin mencari uang saja, sekedar menulis blogger.com sudah cukup kok. Kalau mau pake wp harga operasional dan semua biaya yang bersangkutan bisa saja berkisaran antara 1 juta hingga 1.6 jutaan pertahun kalau ngirit tapi gimana bagi mereka yang menggunakan banyak plugin wah bisa sampe puluhan juta, artinya kamu harus bisa menghasilkan pendapatan yang lebih dari itu.

Projeck WikiHow saja dahulunya dibuat dengan tujuan untuk mencari keuntungan, namun karena kurangnya Pendapatan (Tekor) project tersebut dijadikan project nirlaba alias tidak mengambil keuntungan. Walaupun mereka sekarang ini didanai oleh iklan.

Saya masih memilih platform blogger.com ya karena gratis, gak perlu bayar apapun. Jadi penghasilanya bisa dinikmati sendiri, hanya dikurangi untuk biaya kuota saja selama setahun. Biaya kuota saya setahun itu Rp 900.000, karena saya menggunakan perdana smartfreen. Suatu saat harga bisa saja berubah, ini paket yang saya pilih hanya paket promosi.

Dan pada blog ini juga saya harus bisa menghasilkan 2 jutaan dalam setahun, atau kalau bisa minimal 1 juta dalam 5 bulan terakhir, jika tidak artinya saya belum berpenghasilan dari blog. Bagaimanapun kan saya ngeblog untuk dapatin uang, tapi kalau hasilnya cuma cukup buat nambah-nambah kuota saja hasil yang saya dapatkan nggak ada donk. Saya masih bisa menghemat pengeluaran dengan membeli kuota promo yang lebih murah lagi. Serta menghemat penggunaan, namun sekarang kayaknya agak sulit. Internet sudah menjadi kebutuhan utama, kalau tidak ada internet whatapps saya tidak jalan, kurang dapat update informasi, gak ada hiburan. Hidup serasa membosankan, maklumlah saya kaum rebahan. Kalau diajak jalan-jalan keluar paling gak tahan lama-lama, panas, mana rame kan saya takut ditempat rame.

Baca juga : Cara menjadi seorang youtuber sukses mulai dari nol

Mahalnya biaya pendanaan untuk membangun dan pengoperasian sebuah blog membuat kebanyakan orang hanya menggunakan platform gratisan saja. Dan untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi basanya mereka memiliki banyak blog. Saya pernah ada salah satu artikel trending masuk ke pageone google, berkat artikel tersebut saya mendapatkan traffik rata 1000 dengan pageview tembus 2000x dalam sehari, keuntunganya dari adsense dapat Rp 20.000 per hari selama traffik tersebut masih berlanjut. Namun sayangnya itu hanya bertahan selama seminggu saja, artikelnya makin tenggelam.