-->

Cara menjadi seorang youtuber sukses mulai dari nol



Banyak berpendapat bahwa kita bisa menjadikan youtube sebagai platform pekerjaan utama kita, namun tidak sedikit orang yang memahami prinsip dasar, cara youtube, dan kebijakan privasi youtube. Ini sangat lah penting, karena akan berpengaruh terhadap pencapaian anda.
Menjadikan youtube sebagai sumber pekerjaan utama adalah pilihan yang salah, karena youtube tidak menjamin apakah anda akan berhasil atau tidak. Dan membuat video juga anda butuh modal uang dari mana coba?.

Saya memang tidak merekomendasikan youtube anda anggap sebagai pekerjaan utama, tapi saya lebih merekomendasikan anda menjadikan youtube sebagai usaha sampingan.
Kali ini saya akan sedikit bercerita, bagaimana cara membagi waktu antara bekerja dan membuat video, serta video apa yang cocok untuk anda buat.



Membagi waktu dalam ngeyoutube

Jika anda ingin menjadi youtuber jangan lupakan pekerjaan utama anda, tetapi anda bisa membuat pekerjaan utama anda menjadi saling mendukung dengan kegiatan anda.
Dalam hal ini anda mencoba menggabungkan konten dan pekerjaan anda, misalnya anda bekerja sebagai tukang servis elektro dan kegiatan bekerja tersebut anda rekam dan dijadikan konten youtube ini akan sangat bermanfaat sekali bagi anda dan orang lain yang mencari informasi di internet sana.


Memilih konten yang cocok

Sebagai konten kreator setiap harinya pasti anda akan dibingungkan oleh konten, anda bingung konten apa yang harus anda buat?. Tenang lihat hobi dan pekerjaan anda, dari tersebut anda bisa membuat banyak sekali video yang bisa anda upload ke youtube karena kegiatan ini tidak ada habisnya. Sehingga ide anda membuat video baru akan selalu ada.


Patuhi kebijakan Youtube 

Gagal dalam mematuhi kebijakan youtube anda akan ditolak juga dalam bergabung ke progran partnert youtube / gagal memonetisasi vidoe anda. Apa saja sih kebijakan youtube yang tidak boleh anda lakukan?

  • Anda tidak diperbolehkan menggunakan backsound dari luar youtube, maupu dari sumber lain walaupun music tersebut bebsas royality (bebas hak cipta). Youtube sangat merekomendasikan anda agar menggunakan music yang ada pada library youtube.
  • Dilarang Saling subcribe untuk memperoleh subcriber, biarkan subcriber anda berdatangan sendiri seiring berjalanya waktu. ini tergantung dari video yang anda buat, semakin menarik dan bermanfaar video yang anda buat akan memancing banyak subcriber dan view dalam jangka waktu dekat.
  • Tidak boleh mengupload video yang merugikan, narkoba, miras, rokok, dan hal - hal yang membahayakan lainya. Jadi walaupun anda memposting berita, edukasi ini sangat tidak diperbolehkan.
  • Jangan meletakan link - link aktif yang mengarah ke situs lainya dan dapat mengalihkan perhatian penonton. Boleh saja meletakan link tetapi jangan terlalu berlebihan.
  • Tidak diperbolehkan sangat dilarang re-upload video milik orang lain, kecuali ditambah dengan nilai pendidikan atau komentar dan durasi video nya masih dalam batas wajar.





Anda tidak perlu bersusah payah menacari subcriber, memikirkanya sana sini. Subcriber akan datang sendiri seiring berjalanya waktu. Ngeyoutube itu memang membutuhkan kesabaran, dan kreatifitas yang tinggi.
Jika channel anda masih baru anda bisa melakukan seo dengan risset keyword youtube. Agar dapat memahami hal ini anda bisa membaca artikel cara kerja youtube yang sudah saya publikasikan bulan lalu.


Konsisten upload

Banyak orang menyarankan rutin upload setiap hari, tapi menurut saya ini tidak perlu dilkukan kecuali jika anda bisa memproduksi video dalam waktu satu hari. Menurut saya manfaat atau hiburan dalam video yang kita buat sangatlah penting, karena banyak diluar sana yang mencari informasi seperti ini.
Jika videonya banyaklah basa - basi dan hal hal yang tidak penting maka akan berakibat pada pertumbuhan subcriber anda, semakin lama anda bisa mencapai target 1000 subcriber.


Selagi channel anda dalam tahap perkembangann anda bisa melengkapi logo, gambar header channel, deskripsi channel jelaskan channel membahas tentang apa, aktifkan fitur² yang menurut anda perlu (kecuali bagian monetisasi) anda hanya boleh mengaktifkanya setelah jam tonton anda mencapai 240.000 menit dan 1000 subcriber atau sebut saja syarat bergabung program partnert youtube. Ini dikarenakan untuk menceggah channel anda ditinjau terlalu lama.

Cuplikan cerita yang saya ceritakan diatas bukan copas dari sumbermanapun tetapi adalah hasil pengalaman saya selama mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh bang Den JC melalui kanal youtube nya. Saya buat sesingkat mungkin agar dapat dipahami, karena tutorial yang diberika oleh bang Den JC sangat begitu lengkap dan komplit, anda sebagai pemula pasti tidak akan menyukainya. Dan anda akan menyukainya setelah merasakan manfaatnya sama seperti saya 😅

Post a Comment for "Cara menjadi seorang youtuber sukses mulai dari nol"