-->

Cara meningkatkan pendapatan blog dari Adsense hingga 2x lipat

Cara meningkatkan penghasilan Adsense Blog

Blog kak Ryan - Google adsense sudah tidak asing lagi dimata banyak orang, ngomongin soal adsense sudah pasti donk nanyain penghasilan. Kali ini aku mau berbagi cara ningkatin penghasilan adsense ala aku sendiri, sudah banyak kok yang posting cara menambah total penghasilan adsense di google. Tips yang aku bagiin kali ini mungkin saja berbeda dari kebanyakan orang, main adsense itu susah-susah mudah.

Walaupun kita sudah punya akun adsense blog dan kontenya ataupun channel Youtube yang sudah dimonetisasi. Belum cukup buat bisa gajian tiap bulan dengan Google Adsense, pendapatan itu relatif tergantung impresi dan klik iklan. Impresi ini tentu saja harus didapat di blog yang memiliki traffik tinggi, tak hanya itu traffik yang tinggi juga bisa meningkatkan total klik iklan menjadi lebih banyak. Tapi kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mengoptimalkan pendapatan ketika traffik kita yang biasa-biasa saja.

Anggaplah kita mempunyai view rata-rata 500-700 dalam sehari, nah pendapatan yang kita dapat dari situ pasti hanya beberapa rupiah saja kan? Bahkan saya pernah dapat cuma Rp 57-200,- sehari. Ada beberapa langkah khusus yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penghasilan, caranya:


Mengoptimalkan penempatan iklan

Posisi penempatan iklan yang strategis sangatlah penting, banyak situs web diluaran sana menggunakan lebih banyak iklan untuk mendapatkan klik yang banyak. Tapi cara tersebut sangatlah beresiko, sebagai gantinya, kamu bisa menempatkan iklan ditempat-tempat yang strategis.

Contohnya bagian atas header paling atas, bagian header paling atas adalah bagian yang terlebih dahulu dilihat pengunjung saat membuka situs web kita. Itulah kenapa banyak situs berita yang memasang iklan pada atas halamanya, bahkan mereka membuat iklan full layar di tampilan mobile. Dan meminta visitor menscroll halaman ke bawah untuk membaca artikel, nah penerapan seperti ini bisa mendatangkan klik yang banyak. Juga potensi iklan dilihat pengunjung juga lebih besar.

Selain meletakan iklan pada bagian atas halaman, ada posisi lain yang juga strategis. Dibagian tengah artikel, tengah artikel cocok jadi posisi penempatan iklan karena visitor lebih fokus pada konten-nya (artikel). Iklan yang diletakan ditengah artikel berpeluang besar dilihat oleh pembaca.

Kemudian ada juga tempat strategis lainya, yaitu iklan overlay yang menempel pada layar bahwa dan atas smartphone. Iklan ini tetap menempel pada bagian bar browser walaupun halaman discroll, kemudian pada iklan terdapat tombol close (x) kecil untuk menyembunyikan iklan bila pengunjung tidak suka dengan iklan tersebut. Berdasarkan pengamatan saya iklan jenis ini bisa menghasilkan lebih banyak klik, karena pada rata-rata pengunjung jahil yang ingin menyembunyikan iklan akan salah sendiri malah jadi mengklik iklan. Kamu bisa menggunakan iklan ini dibagian setelan iklan otomatis.


Memblokir Iklan CPC Rendah

Setelah fitur AdBalance dihilangkan kita sudah tidak bisa lagi memfilter iklan ber-CPC rendah agar tidak muncul di situs kita. Sekarang masih ada fitur pemblokir iklan untuk menghilangkan iklan ber-CPC rendah, pada dasarnya kita tidak akan tahu mana saja iklan dengan bayaran paling rendah. Untuk itu saya berikan sedikit gambaran, biasanya iklan dengan cpc rendah ada pada iklan teks biasa. Iklan ini bisa saja berupa iklan produk dewasa, perjudian, uang ilegal dan lain-lain.

Kamu bisa menentukan persepsi kamu berdasarkan perusahaan iklanya, bila perusahaaanya populer berarti cpcnya tidak lumayan sadis. Namun bila kita tidak bisa mengidentifikasi perusahaanya, berati iklan tersebut memiliki bayaran paling rendah. Iklan RajaBacklink misalnya, semua iklan promosi marketing rata-rata menyematkan biaya paling rendah untuk setiap kliknya. Karena mereka jauh mengejar lebih banyak klik (pembeli/traffik) dibandinkan menaikan harga iklan.


Membuat artikel dengan keyword CPC tinggi

Khusus tips yang satu ini bisa saja bertentangan dengan niche blog, jadi tidak perlu dipaksakan. Untuk dapat memunculkan iklan yang cpcnya tinggi buatlah artikel yang sejenis, misalnya saya dulu salah sasaran. Ketika blog ini membahas aplikasi android mendadak jumlah iklan yang tayang jadi iklan app playstore semua. Tapi semenjak saya memposting banyak artikel dengan niche yang berbeda-beda iklan yang munculpun juga bervariasi, di blog ini ada iklan Barang Elektronika, Ada iklan Simcard, Produk kecantikan dan sebagainya.

Iklan tersebut muncul berdasarkan topik yang pernah saya buat diblog ini, kadang ada iklan dengan cpc tinggi. Paling besar biaya per-kliknya Rp 2000-2800,-, itu sudah lumayan cukup. Dalam sehari saya bisa mendapatkan 4-8 klik dengan total pendapatan yang kurang stabil kadang nihil, kadang bisa dapat 10ribu, 18ribu tergantung dengan CPC iklan.


Hindari Meletakan lebih banyak iklan

Hampir semua blog ya nggak terkecuali situs besar biasanya doyan banget menempatkan lebih banyak iklan pada situs mereka. Biasanya ada 4 hingga 8 iklan pada halaman yang lebih sedikit artikel tersebut, saya tahu kok. Semuanya pasti mau ningkatin jumlah impressi kan? Hayoo ngaku wkwkwk, tahukah kamu menempatkan lebih banyak iklan pada halaman web itu bisa menurunkan cpc iklan itu sendiri. Selain itu ada resiko lain yang sangat fatal, yaitu klik tidak disengaja.

Klik tidak disengaja ini sangat berbahaya bila visitor tidak sengaja mengklik iklan lalu dalam beberapa detik menklik tombol kembali. Kegiatan berulang bisa menyebabkan akun ditangguhkan atau iklan dibatasi, ini berdasarkan pengalaman saya selama mengelolah akun blog ini. Tips dari saya agar total impressi tetap tinggi kamu bisa menggunakan iklan responsive dan iklan link, iklan jenis ini jauh lebih sering muncul dibandingkan iklan dengan ukuran tetap.

Tapi terkadang iklan responsive bisa membuat konten terlihat jelek, ini ditandai dengan lebar iklan yang lebih besar. Nah kamu bisa mengakalinya dengan membuat css custom, tidak melanggar peraturan adsense. Kita hanya membuat css untuk mengatur maksimal lebar dan tinggi tata ruang yang boleh diisi oleh iklan, nanti secara otomatis iklan responsive akan menyesuaikan sendiri lebar dan tingginya sesuai dengan ukuran maksimal yang kita berikan.


4 Tips yang saya sebutkan diatas adalah langkah utama (basic) yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pendapatan. Hasilnya akan terlihat jika ada perkembangan setiap harinya, bila pendapatan sudah bisa meningkat dari waktu ke waktu. Jangan lupa untuk meningkatkan jumlah konten, dalam kerjanya jangan mengejar lebih banyak konten. Tapi buatlah satu artikel saja dalam 3 hari sekali namun memiliki lebih banyak manfaat.

Akan percuma saja kalau kita menulis konten asal-asalan kalau nggak ada manfaatnya seperti yang pernah saya ceritakan pada artikel berjudul kenapa mastimon bisa menulis artikel low manfaat. Dibandingkan ke lebih banyak artikel namun lebih sedikit manfaat saya lebih menyukai artikel yang memiliki banyak manfaat.