-->

Apa itu Flashing HP android dan pengertianya

Flashing Hp android di warnet dengan alat seadanya

Pernahkah anda mendengar istilah flash atau flashing? Pasti pernahkan baik itu dirumah maupun di konter HP. Pada kesempatan kali ini Blog Kak Ryan akan berbagi sedikit informasi tentang flash hp android. Tahun 2018 lalu saya dihadapkan dengan sebuah masalah yaitu hp samsung ace 3 saya hidup dan restart sendiri secara terus menerus, hingga akhirnya saya mengenal yang namanya flashing.

Flashing hape istilah nya sama dengan menginstall ulang, dimana kita mendownload dan memasangkan ulang Stock Room kedalam HP dengan bantuan software. Hp yang di flashing bisanya adalah hp yang mengalami masalah seperti kegagalan sistem yang menyebabkan hp tidak bisa bekerja dengan baik sehingga harus di flash agar sehat kembali.

Nah kalau anda bertanya apa itu stock rom saya berikan gambaranya sedikit. Stock room itu adalah file yang merupakan sekumpulan konfigurasi hp, aplikasi sistem, gambar default hp, icon-icon yang ada pada hp tersebut pokonya bisa disebut sebagai perangkat lunak atau OS.

MANFAAT MELAKUKAN FLASH ULANG

1. Kinerja Ponsel menjadi Normal
Setelah melakukan flash ulang maka yang terjadi adalah kinerja keseluruhan sistem ponsel Anda akan kembali normal. Karena beberapa konfigurasi dan aplikasi sudah kembali ke versi defaultnya dan program-program lama sudah terhapus secara keseluruhan.

2. File sistem menjadi Fresh Cache sistem dan file sistem lainya menjadi segar kembali seperti hp baru yang dinyalakan. Walpaper, pengaturan, ringtone, jaringan dan beberapa konfigurasi hp lainya kembali seperti setelan pabrik.

3. Menambal celah keamanan dan Bug
Selain manfaatnya yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja pada sistem, flashing ulang ponsel juga bermanfaat dalam hal menambal celah keamanan dan memperbaiki adanya bug. Untuk pengguna xiaomi sudah pasti mendapatkan pembaruhan room versi terbaru, sama lagi dengan flashing menginstall ulang hp dengan room versi terbaru akan menutup semua celah bugs dan memperkuat keamanan ponsel.

4. Tersedia banyak ruang penyimpanan 
Pada proses flashing, secara keseluruhan termasuk media penyimpanan di ponsel akan diatur ulang.  Beberapa file yang tidak dibutuhkan oleh hp kemungkinan akan dihapus secara permanent selama proses flashing.

KEKURANGAN FLASHING

1. Ponsel mengalami Mati Total
Kejadian seperti ini sering dialami oleh sahabat flasher termasuk saya hehehe. Biasanya disebabkan oleh beberapa kasus mulai dari kegagalan proses flashing, room tidak cocok dengan HP, adanya file lain yang mungkin masih dibutuhkan saat melakukan flashing.

2. Menghilangkan Garansi
Garansi pabrik hilang ini disebabkan karena id unik yang tertanam pada hp tersebut hilang, selain itu anda juga menghapus perjanjian garansi. Room bawaan pabrik dengan room global yang sering dipakai oleh sobat yang suka flash hp itu berbeda baik dari segi bahasa maupun dalam aplikasi. Terkadang beberapa fitur hilang setelah flashing. Maka, sebaiknya jika Handphone Anda masih dalam keadaan bergaransi bawa saja ke service center yang bersangkutan di daerah saudara untuk melakukan flashing.

CARA MELAKUKAN FLASHING

Ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk Flashinh android bisa dengan bantuan software dan juga bisa menggunakan mode download atau mode recovery. Setiap ponsel mempunyai cara yang berbeda beda dalam hal flashing, dan berikut ini adalah langkah-step apa saja yang kita lakukan untuk memflashing sebuah HP.

1. Flashing menggunakan PC Laptop
Pertama anda harus mempersiapkan file stok roomnya terlebih dahulu. Bisa didownload di situs resminya langsung atau anda bisa mencarinya digoogle. Ukuran file tergantung dengan jenis HPnya ada yang cuma 1GB bahkan ada pula yang sampe 30GB.

Kedua memilih software yang akan digunakan, seperti yang saya sebutkan tadi bedah HP beda juga alatnya. Hp samsung bisanya diflashing menggunakan odin, Hp ber-chipset mediatek bisa menggunakan sofware sp-flashtool. Gak cuma itu saja sofware usb driver juga diperlukan apabila komputer tidak bisa mengenali perangkat HP.


Ketiga adalah melakukan flashing HP sesuai dengan prosedur, terkadang disinilah nyali kalian di asah beberapa HP membutuhkan setelan khusus bahkan berbeda dengan hp lainya walaupun typenya sama.

2. Flashing tanpa PC laptop
Selain flashing menggunakan laptop anda bisa juga menginstall file stok room melalui mode recovery. Pastika hanphone anda sudah ditanami dengan mode recovery, untuk masuk ke mode ini bisanya ada kombinasi tombil yang harus kita tekan. Misalnya pada HP samsung Ace 3 tombol volume bawah dan tombol home ditekan secara bersamaan dalam keadaan HP mati.

Setelah masuk ke mode recovery silakan pilih install from sdcard, setiap hp mempunyai menu yang berbeda beda bahkan dalam bahada cina. Untuk berapa lamanya proses flashing tergantung ukuran room yang anda gunakan.

Biasanya flashing hp dilakukan oleh anak-anak jaman now karena bosan melihat tampilan hpnya sehingga mereka suka gonta-ganti pasangan, eeeetss room maksunya. 😅 jangan ngenceng dulu boy, Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat buat anda yang baru terjun ke dunia servis HP selamat mencoba.

Made By: Kak Ryan

2 comments for "Apa itu Flashing HP android dan pengertianya"

Post a Comment

Komentar sesuai isi topik. Gunakan kalimat yang sopan, dilarang spam link.^_^