-->

Tutorial Flashing Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270 Bootloop

Samsung Galaxy Ace 3 Bootloop

Apa itu bootloop?
Sebelum memperbaiki ponsel ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu apa itu bootloop. Botloop adalah jenis kerusakan Hp android yang paling sering terjadi. Biasanya bootlop pada hp ditandai dengan Restart Ber-ulang kali, Stop Pada Logo Saja, blank hitam, dan sampai sering ngelag.

Kerusakan pada smartphone yang bootlop bisa saja terjadi berulang kali, biasanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti root hp, sering memasang aplikasi bernahaya, memory terlalu penuh ataupun bisa juga disebabkan karena cacat pada pabrikanya. Salah satu diantaranya yang paling terkenal dengan penyakit bootlop ini adalah samsung Galaxy Ace 3.

Penyakit ini gak ada habisnya bahkan bisa lebih fatal jika dibiarkan, maka dari itu Blog Kak Ryan kali ini akan berbagi tutorial cara memperbaiki Hp samsung Ace 3 GT-S7270 yang botloop berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan smartphone ini di tahun 2018.

Ada dua jenis bootloop yang sering melanda hp ini, bootloop ringan dan botloop berat. Kalau bootlop ringat kita masih bisa memperbaikinya dengan menghapus cache (Hapus data) melalui recovery mode. Tapi kalau bootlop berat biasanya harus diflashing, proses flash ini adalah eksperiment terkadang penyakitnya masih kambuh walaupun flashing sudah berhasil.

Nah disini akan saya jelaskan torialnya bertahap berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan hp ini. Ikuti tutorial berikut ini sampai selesai insya Allah anda akan paham dan mampu memperbaikinya.


Step 1 ( Memeriksa Bootlop Ringan)
Caranya cukup mudah :

  1. Matikan Hp anda.
  2. Tekan Tombol Volume Up dan Tombol Power secara bersamaan sampai Hp hidup.

Pada Menu Recovery Mode Gunakan Tombol Volume Sebagai Scroll dan tombol Power Sebagai pilihan.

  1. Pilih Wife Data Recovery
  2. Pilih Ok/Yes


Tunggu Proses penghapusan data sampai selesai.
Selanjutnya pilih wife chache partition
Pilih Ok / yes.
Jika sudah selesai pilih Rebot System Now.

Maka Hanphone kamu akan menyala kembali, perlu diketahui proses booting (hidup) awal akan memakai waktu lama hingga 10 menit, karena system sedang mempersiapkan aplikasi untuk pertamakalinya.

Jika Cara diatas Belum berhasil, Kamu harus menggunakan Pc / Laptop untuk proses flashing (install ulang). Pastikan terlebih dahulu sistem operasi pc yang akan anda gunakan, jika masih menggunakan windows xp cara ini tidak akan berhasil akan ada masalah pada koneksi USB nya nanti walaupun sudah memasang software driver. Harap persiapkan bahan dan alatnya dulu. berikut ini bahan-bahan yang perlu Kamu siapkan.

Ini bahan yang sering saya gunakan dulu, kalau link tidak work artinya akun google pemilik file software dan firmware ini kena limit saya paham karena banyak sekali yang mengunduh file ini, solusinya anda harus mencari file di blog lain. Berikut ini bahan - bahanya:




Silakan download Firmware + usb driver + Odin diatas.
Jika sudah buka File Firmware dengan WinRar lalu copy di folder kosong mana saja asal anda ingat.
Install Software usb driver ke komputer kamu. Filenya exe, langsung install juga Odin v3.7 dengan cara double click.


Untuk odin, silakan ekstrak terlebih dahulu, dan cari file software odinya, lalu ekstrak folder odin nya, lalu jalankan software odin tadi dengan double clik.

Tahap selanjutnya matikan Hp kamu, Buka Mode download pada Hp. Caranya.
Tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan sampai Hp hidup.
Lalu tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi download.
koneksikan Kabel USB dari Hp ke pc, dan pastikan ada notif COM:3 atau COM:1 pada odin, jika belum pindahkan Port kabel USB ke yang lainya.


Buka kembali Odin nya.
Langkah selanjutnya, Masukan Masing Masing File Room Nya seperti gambar Dibawah ini.



pit nya masukan pada kolom pit ya, harap perhatikan gambar baik-baik jangan sampai salah, cek kembali jika ada yang salah perbaiki.
Kalau sudah benar semua selanjutnya Klik Star, dan tunggu Sampai Proses Flashing Selesai, setelah selesai hp anda akan Reboot sendiri. ingat proses menyala pertamakalinya membutuhkan waktu minimal 10 menit.


Terkadang proses flashing gagal karena USB Tidak terhubung dengan baik.
Misakan usb tidak ke detek coba pindahkan port usb nya, jika masih tetap periksa apakah software driver sudah terpasang dengan baik.

Jika flashing tetap gagal, atau usb yang bermasalah silakan ganti. Dan usahakan pemasangan port usb jangan di terminal port usahakan langsung ke cpu atau ke laptopnya karena akan mengganggu koneksi flashing berjalan.


Begitulah Proses memperbaiki Hp yang Bootloop, apabila proses diatas gagal semua berarti nihil, IC Emmc hpnya kena, silakan agan bawa ke konter saja buat ganti Emmc atau Di lem biru.
Tapi jika agan ada alatnya bolehlah buat belajar sendiri dirumah ganti emmc.
Harga emmc murah kok cuma 150 rebu.😂😂
Nih Contoh Emmc Samsung Ace 3 GT-S7270



semua hal atau cerita diatas itu berdasarkan pengalaman pribadi admin, 1 tahun punya HP Samsung Ace 3 dan udah berkali kali flashing, emang sih samsung ace 3 penyakitnya emang gitu. Dikit dikit bootlop dikit dikit bootlop.


sampai disini saya pamit dulu ya gan, semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa di share ya, Ilmu juga termasuk amal lho.
Wasalam.

Post a Comment for "Tutorial Flashing Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270 Bootloop"