-->

Cara menggunakan tajuk robot khusus di blogger


Blog kak Ryan - Tahukah kamu blogger mempunyai fitur konfigurasi custom terhadap robot peryap. Apa itu robot crawl/peryap? Bot crawling adalah mesin bot yang dimiliki google dan mesin pencari lainya, bot inilah yang akan melakukan perayapan menelusuri halaman - halaman website, jika bot tersebut menemukan link lain pada suatu halaman maka google akan mencatat kemudian meng-indeks nya.

Salah satu yang paling penting dari bot crawler adalah konfigurasinya, bot ini bisa dikendalikan. Sebelum melakukan perayapan bot akan membaca terlebih dahulu konfigurasi file robots.txt yang ada pada sebuah website.

Sehingga kita bisa mengontrol bot ini, seandainya kita menginginkan agar sebuah halaman tidak di crawl atau tidak ingin diindex oleh bot google. Maka kita bisa membuat perintah noindex pada pengaturan robots.


Apa fungsi tajuk robot khusus blogger

Fungsinya untuk membuat pertauran secara terpisah pada setiap halaman yang kita inginkan, bisa dihalaman beranda, halaman pencarian, halaman artikel, atau halaman lainya deh.

Tapi sebelum melakukan konfigurasi lebih lanjut kamu harus memahami terlebih dahulu fungsi nilai yang ada pada tajuk ini. Agar kamu bisa menentukan pilihan yang tepat untuk setiap halaman yang akan kamu atur, mari kita belajar. Berikut ini fungsi dari nilai meta robots jika kita menggunakanya.


noindex
Memberitahukan robot google kalau halaman tersebut tidak boleh diindexs. Jadi bila suatu halaman diberi meta robots dengan nilai ini, maka halaman tersebut tidak akan diindex oleh mesin pencari manapun. Akan mencegah google mengindex halaman.

nofollow
Memberitahukan agar robot crawl / spidder tidak mengikuti setiap link yang ada pada halaman tersebut. Bila mesin perayap menemukan link maka dia akan mengabaikanya. nofollow akan mencegah google melakukan perayapan pada semua url yang terdapat pada halaman.

noarchive Memberitahukan mesin pencari kalau halaman tersebut tidak boleh tersedia arsipnya. Sehingga semua mesin pencari tidak akan meyimpan halaman ke dalam cache mereka. Lebih jelasnya mencegah google menyimpan cadangan halaman.

nosnippet Memberitahukan mesin pencari agar tidak mengindeks cuplikan dari halaman kita, bisa cuplikan deskripsi ataupun cuplikan gambar. Lebih jelasnya mencegah google menampilkan cuplikan pada hasil penelusuran.

noodp Mencegah google atau mesin pencari lainya menggunakan informasi halaman, misal deskripsi atau info lainya.

notranslate Memberitahukan mesin pencari agar tidak menerjemahkan halaman kita. Sehingga bila orang menelusuri dalam bahasa lain, maka tidak akan tersedia tombol "terjemahkan halaman ini" bahkan tidak bisa diterjemahkan secara langsung dengan google translate. Ini juga akan mencegah gooogle menerjemahkan halaman.

noimageindex Memberitahukan bot spider agar tidak mengindeks gambar apapun yang ada pada suatu halaman. Misalnya kita punya gambar pada suatu artikel, jika diberi meta tag robot dengan nilai noindeximage maka tidak ada satupun gambar yang akan diindex oleh mesin pencari.


Cara menggunaka tajuk robot khusus

Silakan masuk saja kemenu setelan, klik preferensi penelusuran kemudian pilih tajuk robot khusus. Jika kamu ingin menentukan pilihan pada halaman default home, pencarian dan halaman arsip.

Sebagai contohnya saya akan membuat setelan untuk halaman home tidak ingin google mengindex gambar, halaman arsip dan penelusuran saya buat agar google tidak mengindeksnya. Maka setelan yang pas akan terlihat seperti ini:
Cara menggunaka tajuk robots blog kak ryan


Baca juga : Membuat lazyloading dengan deferjs

Jika kamu tidak ingin membuat pilihan tapi ingin mengaktifkanya agar bisa digunakan ketika membuat halaman atau artikel baru silakan aktifkan saja tanpa mencentang apapun. Nanti bila kamu membuat halaman / artikel dan tidak ingin artikel tersebut diindex oleh google maka kamu bisa mengaturnya secara manual setiap kali membuat artikel baru.
Menggunakan meta robots secara manual pada halaman posting blogger, blog kak ryan



Penggunaan meta robots ini hanya sebatas memblokir atau menolak mesin perayap, jika kamu ingin mesin perayap mengetahui link sitemap, link ads file bisa menggunakan file robots.txt yang diletakan diluar folder tapi masih berada pada root utama. Sehingga file bisa diakses dengan alamat https://www.domainmu.com/robots.txt.

Penggunaanya sama saja dengan menggunakan meta robots pada dokumen HTML.

Meta robots ini sifatnya opsional tidak diwajibkan untuk digunakan, tapi bagi kamu yang sangat menjaga privasi meta robots bisa digunakan agar mesin pencari dari luar tidak mengindeks keseluruhan konten yang kamu punya. Saya biasanya menggunakan ini pada halaman pribadi, bisa dilihat ada beberapa catatan harian saya sengaja tidak diindeks ke google.

Sekian dulu artikel kali ini saya harap bisa dipahami oleh teman-teman semua.