-->

Penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya

penyebab dan cara mengatasi smartohone panas

Ryan jauhari - Smartphone sudah menjadi alat komunikasi yang paling kita butuhkan sehari-hari, hampir setiap hari kita menggunakan alat komunikasi yang satu ini. Apalagi fungsi smartphone sangat beragam, kita bisa menggunakanya untuk keperluan apa saja. Bisa digunakan sebagai hiburan dengan mendengarkan musik, menonton film, bermain game. Bisa juga digunakan untuk berkomunikasi telepon, videocall, dan masih banyak lagi. Kegiataan finansial saja sudah bisa menggunakan HP berkat hadirnya layanan E-PayMent atau disebut juga uang elektronik.

Saya sendiri menghabiskan waktu 8 jam sehari dengan bermain HP, saya memanfaatkan HP untuk kegiatan produktif. Menulis blog, membuat video Youtube, melakukan promosi bisnis saya yaitu servis elektronika. Selain itu saya juga menggunakan ponsel saya sebagai hiburan, hiburan yang paling saya sukai belajar literasi di facebook. Tak hanya itu saya juga menyukai konten meme comic di fb, konten tersebut bisa membuat saya tertawa senang.

Android memang berbeda dengan komputer, android hanya bisa memproses data dalam jumlah kecil sedangkan komputer bisa memproses data dalam jumlah banyak. Mamun meskipun hanya menangani data dalam jumlah kecil ada kalahnya android yang kita gunakan mengalami panas, panas ini bisa mencapai suhu 70° dimana ponsel kita akan terasa panas seperti seterika listrik.

Panas tersebut disebabkan karena kinerja CPU yang menintkat, sehingga menghabiskan lebih banyak daya baterai. Beberapa energi baterai diubah menjadi energi panas, baterai yang terkuras dengan cepat juge manghasilkan panas. Contohnya ketika kamu menjalankan program berat, bermain game, processor (CPU ) dan GPU akan bekerja lebih keras menghabiskan lehbih banyak daya listrik. Sebagianya akan diubah menjadi panas, hal ini terjadi karema didalam chip tersebut mempunyai resistor tahanan yang bisa menghambat sebagian arus listrik.

Secara umum ponsel hanya bisa bertahan pada rentang suhu 45°, apabila panasnya berlebih biasanya performa CPU akan menurun. Smartphone bisa menjadi macet, hang, LCD bisa cepa rusak. Oleh karena itu kamu harus bisa mencegah ponsel panas lebih tinggi dari batas wajarnya.

Komponen paling rentan rusak bila dikenai suhu tinggi adalah baterai, baterai smattphone terdiri dari bahan li-thium yang tidak tahan terhadap suhu panas. Apabila terkena panas, maka baterai akan mengalami perubahan kimia dan baterai tersebut akan menggelembung hingga akhirnya meledak. Itulah kenapa baterai smartphone dilengkapi dengan sistem perlindungan berumw chop BMS (Baterai Managemen System) di dalamnya.

Jika kamu merasakan smartphone mulai panas segera hentikan pemakaian dan menunda waktu kerja processor. Apabila dibiarkan processor akan tetap bekerja pada frekuensi tertinggi sehingga panas yang dihasilkan akan terus meningkat, suhu smartphone bisa mencapai 60° lebih dan itu bisa merusak sistem yang ada didalamnya. Baterai juga perlahan akan mengembung, panas akan melebar ke semua bagian, beberapa komponen tak tahan panas bisa mengalami kerusakan. Kebetulan ada ide dariku bagaimana cara mencegah smarphone panas berlebih...


1. Hentikan penggunaan HP sementara

Bila ponsel yang sedang kamu gunakan mulai terasa panas, segera hentikan pemakaian setidaknya 5 menit hingga suhu smartphone lebih dingin sekitar 37°. Barulah kamu bisa menggunakanya lagi, saat ingin menggunakanya lagi tutup semua aplikasi yang masih berjalan dilatar belakang.. Jangan lupa simpan terlebih dahulu data bila kamu sedang menulis data, saat dittutup data yang baru saja kamu kerjakan akan hilang secara pemanent.

Jika kamu menghidupkan wifi/data internet matikan akses tersebut. Koneksi internet bisa membuat cpu masih bekerja saat hp sedang di istirahatkan ( Mode Standby ). Tutup semua app yang berjalan pada layar belakang, barulah tutup ponselmu biarkan hingga suhunya meredah.


2. Jangan menjalankan Aplikasi Berat

Jangan paksa HP menjalankan program yang lebih berat, berbeda dengan komputer yang membiarkan penggunanya menggunakan CPU hingga batas maksimal. Pada android apabila aplikasi berat dipaksakan melebihi batas wajar kemampuanya bisa menghasilkan error, bila tidak menyebabkan error bisa membuat ponsel menjadi panas. Meskipun kamu sudah menggunakan CPU yang dual core 4 threat clok speed sekalipun, cpu ini akan panas karena menerima lebih banyak daya dari baterai untuk menyanggupi kinerjanya. Sebagian energi diubah menjadi panas saat melwati resistor dalam CPU.


3. Sisakan sedikit RAM untuk App

Aplikasi android berjalan dengan menyimpan data kerjanya pada sebuah RAM. Ponsel berbasis android sangat boros dalam hal penggunaan RAM, terlebih lagi jika kamu bermain game. Aplikasi latar belakang dan aplikasi sistem juga menggunakan RAM, penggunaan ram yang lebih besar bisa membuat cpu cepat panas. Android yang kepenuhan RAM nya bisa ngelag, layar menjadi berwarna hitam, panas, not responding, bahkan scrashes. Cara menghemat RAM adalah dengan menutup aplikasi latar belakang yang sudah kita buka sebelumnya, serta menghindari penggunaan lebih dari satu app secara bersamaan.


4. Hindari menggunakan App pendingin CPU.

Aplikasi pendingin CPU atau disebut juga dengan CPU Coller bisa sama saja dengan boongan, tanpa diberikan akses penuh app tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Dia hanya akan mengosokan RAM sementara, mencegah app berjalan dilatar bekalang, dan yang lebih parah nya lagi app ini juga membutuhkan RAM agar bisa berjalan di latar belakang. Penggunaan aplikasi pendingin cpu tidak akan membantu kamu untuk mendinginkan smartphone namun akan sangat mengganggu sekali karena aplikasi ini Menghabiskan RAM. Terlebih lagi jika aplikasi mengandung iklan..


5. Hindari Tugas yang lebih berat

Jangan melakukan tugas-tugas berat menggunakan smartphone android mu, memaksa smartphone bekerja lebih keras bisa meningkatkan panas yang dihasilkan oleh cpu. Selain panas dihasilkan oleh cpu baterai juga akan lebih cepat terkuras saya nggak baterai juga akan menghasilkan suhu panas. Berapa contoh kegiatan berat yang tidak boleh kamu lakukan di hp, bermain game dengan resolusi tinggi, mengedit video dengan resolusi tinggi, memaksa ponsel bekerja di luar batas kemampuannya, mencoba menjalankan beberapa aplikasi secara paksa.


Itulah beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mencegah smartphone android mengalami panas berlebihan, panas yang berlebihan bisa mengurangi masa pakai smartphone itu sendiri. Saya menggunakan smartphone xiaomi 5a lebih dari 2 tahun hingga sekarang masih bisa dipakai. Bila kamu mau membutuhkan perangkat yang lebih mampu di dalam menangani pekerjaan merasakan komputer atau hp dengan spesifikasi yang lebih tinggi.


Smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi sangat murah di pasaran saat ini, kamu bisa menemukan harga yang lebih murah lagi di komunitas jual beli barang bekas seperti olx atau facebook. Dan jangan pernah paksakan smartphone untuk bekerja lebih keras melebihi batas wajar nya, bila kamu membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi segeralah ganti smartphone lama mau dengan smartphone baru yang lebih mempuni.

Post a Comment for "Penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya"