-->

Langkah awal belajar Elektronika Pemula!

Belajar Elektronika

Ryan jauhari - Kamu suka dengan elektronika? Atau kamu punya hobi mengoprek elektronika? Jangan sia-siakan hobi kamu yang kamu miliki, karena itu adalah ilmu yang sangat mahal dan wajib dimiliki oleh setiap orang di era teknologi jaman sekarang. Tapi sayangnya kebanyakan dari mereka terlalu ketinggian dalam berharap, contohnya ketika kamu suka dengan bidang Elektro & IT tiba-tiba kamu ingin menjadi seorang profesor. Oh No, tidak itu terlalu ketinggian cukup dengan satu pencapaian saja.

Belajar elektronika memang tidak mudah, dalam pendidikan formal kamu mempelajari komponen dasar elektro. Ada komponen pasif, aktif, bahan pembuatnya serta cara kerja komponen tersebut. Ilmu elektronika yang paling penting adalah kita setidaknya harus mengetahui bagaimana prinsip kerja dari suatu rangkaian alat elektro sebelum bisa memperbaikinya. Misalnya, kulkas.

Kulkas memiliki Mesin yang dinamakan kompressor, sama seperti kompressor ban pada umumnya. Kompressor ini menyedot cairan freon dan memompanya ke dalam evavorator yang ada dalam kulkas, gas freon bertekanan tinggi memiliki suhu dibawah 0 derajat akan membawa suhu panas yang ada dalam kulkas. Kemudian gas freon akan menjadi cair dan panas, gas panas ini dialirkan ke kondenser pada bagian belakang kulkas, kondenser akan membuang panas ke udara. Kemudian gas cair akan berubah menjadi uap dan difilter kembali masuk kedalam komprsor, gas tersebut akan dipompa secara terus menerus.

Nah ketika anda memahami prinsip kerja dari sebuah kulkas diatas maka ketika ada masalah terjadi maka anda bisa langsung menebak letak permasalahanya dimana. Menebak kerusakan ini bisa mempertimbangkan serta menghemat waktu analisis, misalnya sebuah kulkas tidak dingin. Kita menebak kompressornya mati, bisa kita cek analisis, atau mungkin terjadi kebocoran, bisa kita cek analisis.

Ilmu pengetahuan servis elektro itu bidangnya banyak sekali, kamu tinggal memilih salah satu bidang yang ingin kamu tekuni. Servis elektronik ringan Kulkas, Pompa Air, Mesin Cuci, Kipas angin, Magic Com. Kamu bisa mencoba yang mudah-mudah terlebih dahulu, jangan lupa ketika memperbaiki barang buatlah catatan kecil mengenai langkah-langkah yang kamu ambil agar suatu saat bisa mengingatnya kembali. Apabila kamu benar-benar berminat ingin mendalami ilmu pengetahuan tentang elektro simak tips-tips dibawah ini:


Dalami satu bidang pengetahuan

Seperti yang saya sebutkan diatas pengetahuan tentang elektronika itu banyak bidangnya. Teknisi yang biasa memperbaiki kipas aingin, pompa air, mesin cuci belum tentu bisa memperbaiki hp android. Beda alat beda juga cara menanganinya, bila anda tertarik dengan mesin cuci dalami ilmu nya pelajari bagaimana cara kerjanya. Ketahui lebih banyak suku cadang yang digunakan oleh mesin cuci tersebut. Bila kamu punya banyak minat saya yakin suatu saat akan sia-sia, dokter sajaada banyak jenisnya. Ada dokter spesialis paru, spesialis gigi, spesialis tulang mereka belajar ilmu pengetahuan berdasarkan bidangnya masing-masing.


Jangan takut mencoba

Buang jauh-jauh sifat penakut yang kamu punya, cobalah kembangkan pergaulan sebisa mungkin. Tanyai apabila temanmu punya alat eletro rusak, kamu bisa menawarkan diri memperbaikinya. Kebanyakan orang akan langsung cepat tanggap, saya yakin rata-rata masyarakat indonesia paling takut sama bengkel servis elektro karena harganya yang lumayan mahal.

Bila kamu dapat barang yang rusak, cobalah nelajar memperbaikinya. Belajarnya dari mana? buka hanphone lihat youtube, disana kamu bisa belajar secaara madiri. Carilah video yang mengajarkan kepada kita tentang langkah-langkah pemeriksaan hingga menemukan komponen apa yang rusak. Jangan mencari video yang sudah jadi, pertamakali kita harus belajar dari aawal terlebih dahulu.


Lengkapi Perkakas dirumah

Minimal kamu harus mempunyai obeng, tang, solder, dan gunting. Bila kamu punya uang jajan sisihkan sebagian buat melengkapi peralatan yang kamu butuhkan, cicil alat sambil belajar. Dalam beberapa tahun kedepan kamu bakalan mempunyai lapak bengkel sendiri, dikenal banyak orang lewat promosi dari mulut ke mulut. Klien kamu yang puas dengan jasa layanan kita berikan maka dia akan merekomendasikanya ke orang lain, sehingga kita tidak perlu banyak uang buat mempromosikan bisnis kita suatu saat nanti.

Saya bisa mencicil alat dengan menyisihkan Rp 5000 dalam sehari, uang tersebut saya belikan alat dan bahan buat memperbaiki alat elektronika. Kalau kamu punya hobi ini dimasa muda enak donk bisa jadi cikal bakal pekerjaan di masa tua nanti.


Kembangkan Pergaulan

Orang yang punya skill elektro itu banyak temenya, saran saya jangan jual mahal skill yang kamu miliki. Buatlah orang lain terasa senang denganmu, misalnya ada yang mau minta servis barang kamu perbaiki dan kasih harga murah bahkan gratis. Pengalaman saya beberapa barang tidak perlu mengeluarkan modal banyak saat memperbaikinya.

Contoh kasus, saya memperbaiki magic com yang mati total. Saat diperiksa saya mendapati skring resistor pemngaman nya putus dan tidak ada penggantinya, sementara elemen pemanasnya masih bagus. Ya saya sambung saja secara langsung, tidak akan terjadi masalah. Magic com langsung bisa hidup kembali dengan normal, kamu jujur saja ke orangnya kalau kerusakan barang tersebut hanya pada bagian pengaman panas. Saya yakin orang tersebut kemungkinan akan merekomendasikan bisnis anda ke teman mereka.


Rajinlah belajar

Jangan takut merusak barang, memang pada dasarnya seorang teknisi itu banyak melakukan kesalahan terlebih dahulu sebelum pada akhirnya bisa memperbaiki barang. kembangkan skill anda, semakin banyak alat elektro yang kamu coba perbaiki maka akan semakin banyak ilmu pengetahuan yang kamu dapatkan. Jangan ragu mencoba, bila ada alat elektro yang rusak cobalah belajar memperbaikinya sendiri. Gunakan modal uang pribadi untuk mengganti komponen yang bermasalah, bila tidak sanggup kamu bisa mencarinya denganharga nurah di pengepul barang bekas.

Suku cadang yang didapatkan di pengepul sampah sifatnya original, kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan suku cadang hasil beli. Itulah kenapa konter servis hp kebanyakan mengumpulkan dan mmebeli hp yang sudah rusak, mereka bisa menjadikanya sebagai kanibal. Untungnya jauh lebih besar dibandingkan membeli komponen baru yang rata-rata harganya mahal.


Itulah beberapa tips dari saya jika anda ingin memulai menjadi seorang tuser elektro, bersyukur bila kamu mempunyai minat terhadap elektrinika. Jaman sekarang susah cari pekerjaan, tapi apabilakita mempunyai ilmu pengetahuan sendiri artinya kita bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri. Pesan saya jadilah seorang tuser yang baik, jangan hanya keuntungan semata anda bebas menipu banya orang. Jangan pelit-pelit dengan ilmu, ilmu iti tidak mahal malah akan mendatangkan klien /user bagi kita.

Yang mahal itu pekrjaan dan rahasia bengkel, rahasia bengkel mahal. Kalau orang tahu mereka bisa jadi servis sendiri dan nggak mau servis di bengkel lagi. Rahasia bengkel satu dengan bengkel lainya mungkin berbeda, mereka menggunakan jurus masing-masing untuk mendapatkan keuntungan. Bukan dengan cara menipu, namun dengan teknik negosiasi dan ide bagaimana cara menghemat pengeluaran sendiri.

Post a Comment for "Langkah awal belajar Elektronika Pemula!"